What is Analytical Exposition? Pengertian dan Contoh

English Admin – Pengertian analytical exposition. Belajar apapun seyogyannya diawali dengan sebuah pemahaman akan definisi. Begitu juga dengan belajar jenis teks. Ini adalah untuk menjawab pertanyaan “What is analytical exposition?” Apa pengertian teks analytical expositin dalam wacana bahasa Inggris itu? Definisi inilah yang akan menjadi fokus pembahasan artikel kali ini.

Jenis teks analytical exposition masuk kategori karangan argumentative, makanya teks jenis ini berfungsi untuk menunjukkan, memperkuat dan mempertahan pendapat atau opini pribadi penulis berdasarkan dengan bukti bukti yang dipunya. Karena sifatnya opini pribadi, analytical exposition sangat kental dengan subjective sense sehingga cara penulisan, pemilihan kata juga berbeda dengan teks-teks bahasa Inggris yang bersifat objective seperti descriptive, report, dan explanation text.

Untuk bisa membedakan antara bebagai macam teks bahasa Inggris itu, perlu untuk melihata bebrapa contohnya. Jangan kwatir, kumpulan contoh analytical exposition text juga telah disediakan dibawah ini. Namun sebelum melihat contoh-contoh analytical exposition lebih baik kita baca dan pahami dulu definisi dan penjelasan dari pertanyaan What is an analytical exposition? dan jangan lupa untuk melihat kumpulan contoh analytical expositionnya

Definition of Analytical Exposition Text
Menurut para ahli jenis teks, diantaran adalah Rachmat Wahidi dalam bukunya yang berjudul Text Forms and Features: A Resource for Intentional Teaching diberikan penjelasan yang cukup mudah dipahami yaitu:
Analytical exposition is a text that elaborates the writer’s idea about the phenomenon surrounding. Its social function is to persuade the reader that something is the case.
Penjelasan dari buku Rachmat Wahidi itulah yang dijadikan rujukan banyak buku buku teks disekolah yang membahas pengertian dan contoh jenis tek bahasa Inggris.

pengertian dan contoh analytical exposition text
Penjelasan pengetian analytical expostion akan mencakup definisi, goal, generic structure, dana language feature

Dari kutipan diatas kita bisa memahami bahwa yang dimaksud dengan analytical exposition dalam teks bahasa Inggris adalah sebuah wacan tulisan yang menjelasakan pendapat dan gagasan penulis tentang fenomena disekitanya. Tujuan ditulisnya jenis teks analytical exposition adalah untuk mempengaruhi pembaca bahwa apa yang sedang dibaca tersebut adalah suatu kasus yang perlu utnuk dipikirkan.

Generic Structure of Analytical Exposition
Susunan teks bahasa Inggris model ini adalah merujuka ke suatu tatanna bagaimana pendapat atau opini si penulis bisa di terimah oleh pembacanya. Untuk mencapi tujuan itu penulis perlu mengatus dan menysusun tulisannya dalam paragraf yang mengandung hal-hal sebagi berikut:
1. Thesis: Introducing the topic and indicating the writer’s position
Ini adalah perkenalan terhadap topik tulisan yang menunjukkan bagaiamana penulis bersikap tehadap topik yang sedang di bahas. Ada di posisi apa penulis terhadap topik yang sedang dijelaskan itu.
2. Arguments: Explaining the arguments to support the writer’s position
Penjelasan yang mendukung kenapa penulis ada di posisi yang sudah dinyatakan diparagraf awal dengan berbagai macam argumentasi dan bukti yang mendukung posisinya.
3. Reiteration: Restating the writer’s position
Semacam kesimpulan dan pernytaan kembali pendapat penulis terhadap topik yang sedang dibicarakannya.

Adakalanya istilah Generic Structure ini digantikan dengan Schematic Structure. Untuk memudahkan diawal pembahasan ini, keduanya kita aggap merujuk pada hal yang sama, yaitu cara penulisa menysusun paragrafnya menjadi tulisan ututh yang bermakna dan ditemiah oleh pembacanya.

Language Features of Analytical Exposition
Ada berbagaimanacam jenis teks bahasa Inggris yang kita kenala, kalau kita di skolah menengah, kita pasti mengena 13 jenis teks bahasa Inggris. Dari masing-masing jenis itu memiliki ciri-ciri kebahasaan yang berbeda.

Ciri ciri bahasa dalam teksberjenis apapun sebenarnya hanya bersifat “umumnya” tidak harus setiap teks analytical exposition memakai semua element ciri berikut. Adapun language feature dari jenis analytical exposition text adalah:
1. Using relational process Atau linking verb, Contohnya:

Be (is, am, are, was, were), feel, keep, indicate, become, weigh, Refer to, seem, remain, stay, reflect, appear, turn, cost, portray, sound, grow, measure, function, look, go, make, act, aste, run, realize, reveal, smell, come, denote, represent
2. Using internal and causal conjunction, Contohnya:
although, as a result, because, by, consequently, despite, due to, for that, reason, in case, in order, in this way, otherwise, since, so, so as to, so, that, therefore, though, thus, to that end, unless, until, yet
3. Using general and abstract nouns, Contohnya:
car, policy
4. Using technical verbs, Contohnya:
species
5. Using relating verbs, Contohnya:
that is important
6. Using actions and thinking verbs, Contohnya:
I believe
7. Using modal verbs and modal adverbs, Contohnya:
we must preserve
8. Using connectives, Contohnya:
firstly, secondly, thirdly
9. Using evaluative language, Contohnya:
important, valuable
10. Using passive voice and simple present tense, Contohnya:
The policy is designed to an urban society
Sekali lagi meski kalau disajikan ada sekian banyak ciri kebahasaan sepeti diatas, anamun pada kenyataanya tidak semua contoh teks analytical exposition dalam bahasa Inggris itu memang benar menggunakan semua ke 10 language feature nya.

Contoh Analytical Exposition dam Bahasa Inggris
Panjang lebar sudah kita membahasa pengertian apa itu teks analytical exposition. Sebenarnya sampai disni, terjawab sudah pertanyaan “What is analytical exposition?” sepeti dinyatakan diatas. Meski begitu akan lebih baik lagi kalai disini juga disertakan beberapa contoh teks analytical exposition. Ya dan karean keterbatasan waktu dan space berikut link yang menunjukkan bagaiamana contoh teksa analytical exposition itu.

Cukup sudah pembahasan pengetian analytical exposition dalam genre bahasa Inggris ini. Ingat teks ini bersifat subjective jadi akan erat kaintanay dengan beberapa ungkapan yang menunjukkan pendirian hati. Selamat belajar bahasa Inggris Online.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *