What is Analytical Exposition? Pengertian dan Contoh

English Admin – Pengertian analytical exposition. Belajar apapun seyogyannya diawali dengan sebuah pemahaman akan definisi. Begitu juga dengan belajar jenis teks. Ini adalah untuk menjawab pertanyaan “What is analytical exposition?” Apa pengertian teks analytical expositin dalam wacana bahasa Inggris itu? Definisi inilah yang akan menjadi fokus pembahasan artikel kali ini.

Jenis teks analytical exposition masuk kategori karangan argumentative, makanya teks jenis ini berfungsi untuk menunjukkan, memperkuat dan mempertahan pendapat atau opini pribadi penulis berdasarkan dengan bukti bukti yang dipunya. Karena sifatnya opini pribadi, analytical exposition sangat kental dengan subjective sense sehingga cara penulisan, pemilihan kata juga berbeda dengan teks-teks bahasa Inggris yang bersifat objective seperti descriptive, report, dan explanation text.

Untuk bisa membedakan antara bebagai macam teks bahasa Inggris itu, perlu untuk melihata bebrapa contohnya. Jangan kwatir, kumpulan contoh analytical exposition text juga telah disediakan dibawah ini. Namun sebelum melihat contoh-contoh analytical exposition lebih baik kita baca dan pahami dulu definisi dan penjelasan dari pertanyaan What is an analytical exposition? dan jangan lupa untuk melihat kumpulan contoh analytical expositionnya

Definition of Analytical Exposition Text
Menurut para ahli jenis teks, diantaran adalah Rachmat Wahidi dalam bukunya yang berjudul Text Forms and Features: A Resource for Intentional Teaching diberikan penjelasan yang cukup mudah dipahami yaitu:
Analytical exposition is a text that elaborates the writer’s idea about the phenomenon surrounding. Its social function is to persuade the reader that something is the case.

Penjelasan dari buku Rachmat Wahidi itulah yang dijadikan rujukan banyak buku buku teks disekolah yang membahas pengertian dan contoh jenis tek bahasa Inggris.