What is Descriptive Text? Pengertian dan Contoh

English Admin – Apa sebenarnya pengertian descriptive text dalam belajar bahasa Inggris itu? Description adalah cara penulis menggambarkan apa yang ingin disampaikan kepada pembacanya. Hampir pada semua jenis tulisan, sebagaian atau beberapa bagian pasti menggunakan model dan gaya penulisan descriptive.

Dalam belajar bahasa Inggris di sekolah menengah di Indonesia, dikenal adalah istilah genres dan descriptive text ini menjadi salah satu dari genre tersebut. Sehingga jika kita menyebut teks descriptive dalam hal ini, maka yang dimaksud adalah satu genres dalam teks bahasa Inggris yang digunakan oleh penulis untuk menggambarkan objek yang sedang dibicarakan.

Definition of Descriptive Text
Supaya tidak simpang siur langsung saja kita lihat beberapa pengertian menurut para ahli tentang apa sebenarnya teks descriptive itu. Yang pertama menurut https://owl.english.purdue.edu yang memberikan definisi sebagai berikut:
The descriptive essay is a genre of essay that asks the student to describe something—object, person, place, experience, emotion, situation, etc.
Jadi teks descriptive adalah satu jenis genre yang mengharuskan para siswa agar bisa menggambarkan suatu objek yang berupa orang, tempat, pengalaman, emosi, situasi dan lainnya. Dari pengertian diatas, fokusnya ada pada penggambaran objek baik kongkrit atau abstrak.

Sementara menurut http://leo.stcloudstate.edu, teks descriptive adalah:
Descriptive writing portrays people, places, things, moments and theories with enough vivid detail to help the reader create a mental picture of what is being written about.
Dari pengertian diatas yang dimaksud dengan tulisan descriptive adalah memberikan penggambaran terhadap orang, tempat, benda, peritiwa, dan suatu teori dengan gambaran yang cukup detil sehingga membantu pembaca menangkap image objek tersebut dalam pikirannya. Definisi diatas menekankan pada kekuatan penulis sehingga pembaca mampu membuat gambarannya sendiri dalam pikirannya.

Yang terakhir adalah definisi teks descriptive menurut http://englishonline.tki.org.nz/English-Online, dimana dikatakan:
Description is used in all forms of writing to create a vivid impression of a person, place, object or event.
Bahwa teks deskripsi itu sebenarnya digunakan dalam semua bentuk penulisan yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan kesan yang kuat  terhadapa orang, tempat, benda, dan peristiwa. Kekuatan descriptive memang ada pada pemilihan detil yang “vivid impression”.

Sementara dalam banyak buka pegangan dan modul bahasas Inggris, teks descriptive dipakai untuk menjelaskan beberapa macam objek biasanya tentang orang, tempat, binatang, dan benda lainnya.

Ciri dan tanda teks decriptive bahasa Inggris
Simple clues to understand descriptive text in English

Generic Structure of Descriptive Text
Setelah membahas pengertian atau definisi dari teks descriptive, sekarang bagaimana “rupa” atau “bentuk” dari jenis teks ini.  Cara penulis membentuk dan menysusun tulisannya ini kita kenal dengan istilah generic structure, dan untuk teks descriptive adalah:
1. Identification: Mengidentifikasi objek apa yang sedang dibahas dalam teks tersebut. Obyek disini harus specifik, misalnya:
a. Teman saya, Tono
b. Kucing di rumah saya
c. Kota Surabaya
d. Candi Borobudur
2. Descriptions: Apa saja yang perlu digambarkan supaya memberikan kesan detil kepada pembacanya? Dalam menulis teks decriptis hal yang perlu diperjelas biasanya adalah:
a. Parts: Bagia dari object
b. Qualities: Kualitas dan nilai dari object tersebut
c. Characteristics: Ciri-ciri dari object yang digambarkan tersebut

Generic structure seperti diatas tentu sangat mirip sekali dengan teks report. Namun kalau diperhatikan dengan seksama, batasan participant yang ada dalam identification bisa membedakannya.

Language Feature of Descriptive Text
Bagian ketiga belajar jenis teks bahasa Inggris itu ciri-ciri kebahasaan yang biasa dipakai oleh para penulis dalam menhasilkan karangannya. Ciri kebahasaan dari teks descriptive itu adalah:
1. Focusing on a specific participant.
2. Using adjective.
3. Using noun phrase.
4. Using linking verb.
5. Using attributive and identifying process.
6. Using epithets and classifiers in nominal group.
7. Using simple present tense.

Contoh Descriptive Text Dalam Bahasa Inggris
Unsur selanjutnya yang menjadi paket komplit pembelajaran jenis teks adalah contohnya. Untuk itu berikut diberikan link contoh dari berbagai macam topik tentang orang, tempat, benda yang bisa dikelompokkan menjadi descriptive text pendek. Untuk itu lanjutkan dengan membaca:

Demikianlah pengertian descriptive text dalam belajar bahasa Inggris berbagai teks. Tulisan yang cukup panjang ini semoga sudah bisa menjawab pertanyaan “What is descriptive text?”, seperti yang tertera dalam judul artikel ini. Jika masih belom memahami apa itu teks descriptive berarti kita masih butuh untuk belajar lebih lanjut. Sekian dan terima kasih. Happy learning English Online.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *