What is Descriptive Text? Pengertian dan Contoh

Yang terakhir adalah definisi teks descriptive menurut http://englishonline.tki.org.nz/English-Online, dimana dikatakan:
Description is used in all forms of writing to create a vivid impression of a person, place, object or event.

Bahwa teks deskripsi itu sebenarnya digunakan dalam semua bentuk penulisan yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan kesan yang kuat¬† terhadapa orang, tempat, benda, dan peristiwa. Kekuatan descriptive memang ada pada pemilihan detil yang “vivid impression”.

Sementara dalam banyak buka pegangan dan modul bahasas Inggris, teks descriptive dipakai untuk menjelaskan beberapa macam objek biasanya tentang orang, tempat, binatang, dan benda lainnya.

Ciri dan tanda teks decriptive bahasa Inggris
Simple clues to understand descriptive text in English

Generic Structure of Descriptive Text
Setelah membahas pengertian atau definisi dari teks descriptive, sekarang bagaimana “rupa” atau “bentuk” dari jenis teks ini.¬† Cara penulis membentuk dan menysusun tulisannya ini kita kenal dengan istilah generic structure, dan untuk teks descriptive adalah:
1. Identification: Mengidentifikasi objek apa yang sedang dibahas dalam teks tersebut. Obyek disini harus specifik, misalnya:
a. Teman saya, Tono
b. Kucing di rumah saya
c. Kota Surabaya
d. Candi Borobudur
2. Descriptions: Apa saja yang perlu digambarkan supaya memberikan kesan detil kepada pembacanya? Dalam menulis teks decriptis hal yang perlu diperjelas biasanya adalah:
a. Parts: Bagia dari object
b. Qualities: Kualitas dan nilai dari object tersebut
c. Characteristics: Ciri-ciri dari object yang digambarkan tersebut

Generic structure seperti diatas tentu sangat mirip sekali dengan teks report. Namun kalau diperhatikan dengan seksama, batasan participant yang ada dalam identification bisa membedakannya.

Language Feature of Descriptive Text
Bagian ketiga belajar jenis teks bahasa Inggris itu ciri-ciri kebahasaan yang biasa dipakai oleh para penulis dalam menhasilkan karangannya. Ciri kebahasaan dari teks descriptive itu adalah:
1. Focusing on a specific participant.
2. Using adjective.
3. Using noun phrase.
4. Using linking verb.
5. Using attributive and identifying process.
6. Using epithets and classifiers in nominal group.
7. Using simple present tense.