What is Report Text? Pengertian dan Contoh

Point kedua adalah bahwa informasi tentang sesuatu itu sebagai hasil dari analisa dan observasi yang sistematis. Itulah kenapa kita juga kadang membaca report text juga dinamakan sebagi informational report.

pengertian report text menurut para ahli
Easy guide to write report , screened from lessonplanspage.com

Point ketiga menunjukkan kepada kita akan clues apa sebenaranya pengertian report text itu dan bagaimana report text dibedakan dengan descriptive text yaitu dengan penjelasan atau informasi “as it is” dan sebagai hasil “observation and analysis”.

Meski begitu kita lanjutakn pada schematic structure dari sebuah teks bahasa Inggris berbentuk report sebelum mengambil semacam kesimpulan

Generic Structure of Report Text Bahasa Inggris

Kayaknya kita hampir bosan ya dengan istilah generic structure. Ketika belajar bahasa Inggris berbasis teks kita pasti menemui 13 genres ditambah penjelasan generic structure dari masim-masin genres tersebut. Apa penjelasan dan pengertian dari generic structure report text itu? Secara sederhana hal ini merujuk kepada bagaimana masing masing jenis teks itu ditulis dan disusun untuk memenuhi keinginan penulis dalam menyampaikan suatu infomasi kepada pembacanya.

Secara lebih sempit lagi generic structure adalah bagaimana paragraf-paragraf itu diatur dan disusun menjadi satu kesatuan teks yang utuh dan mempuanyi makna sepeti yang diinginkan oleh penulis. Ok, kalau begitu apa generic strcture dari report text?. Penjelasan yang umum adalah sebagai berikut:
1. General classification: Stating classification of general aspect of thing; animal, public place, plant, etc which will be discussed in general
2. Description: Describing the thing which will be discussed in detail; part per part , customs or deed for living creature and usage for materials
Apa point yang kita dapatkan dari generic structure diatas? Dan bagaimana dari model susunas paragraf seperti diatas bisa membedakan dengan jenis teks bahasa inggris yang lain, terumatam descriptive text? Tentu point pertama adalah istilah “general classification” yang menunjukkan bahwa sebuah report text itu ditulis untuk memberikan informasi tentang hal hal yang umum, sebuah klasifikasi sesuatu, group, kelompok, species. Sebuah report text bahasa inggris tidak ditulis untuk memberikan informasi tentang sesuatu yang khusus, tententu, specific.