What is Spoof? Pengertian dan Contoh

English Admin – Sering kita mendengar bahwa pengertian spoof text itu sama dengan cerita lucu. Selanjutnya sering juga kita mendengar bahwa cerita lucu itu sama dengan cerita anekdot. Pertanyaannya adalah what is spoof text? Is spoof text like anecdote text? Inilah inti dari artikel kita kali ini.

Tidak salah memang kalau pengertian spoof text itu disamakan dengan cerita lacu. Namun teks spoof dalam belajar bahasa Inggris tidaklah sama dengan teks anecdote. Keduanya memang termasuk genre dalam wacana berbahasa Inggris namun keduanya berbeda dan mewakili jenis tersendiri. So apakan teks spoof itu.

Definition  of Spoof
Banyak disebutkan bahwa pengertian teks spoof itu merujuk pada cerita lucu, cerita yang membuat kita tersenyum bahkan tertawa terbahak bahak. Tetapi sebenaranya kelucuan dalam cerita spoof hanya imbas dari plot cerita yang tak teduga.

Menurut para ahli, spoof text didefinisikan sebagai cerita yang mempunyai akhir tak terduga. Definisi ini didasarakan pada pengertian yang diberikan dalam buku rujukan jenis teks bahasa Inggris, Text Forms and Features, yang disusun oleh Rachmat Wahidi, teks spoof adalah:
Spoof is a text which tells factual story, happened in the past time with unpredictable and funny ending

Jadi definisi yang benar teks spoof adalah suatu wacana tertulis yang memuat cerita dan berakhir dengan kisah yang tak terduga. Bagian akhir dari cerita ini yang membuat cerita tersebut menjadi lucu. Selanjutnya tujuan komunikatif dari teks spoof adalah untuk menghibur dan berbagi cerita dengan para pembaca.

Generic Structure of Spoof
Setelah memahami pengertian teks spoof, rasanya masih belom komplit kalau tidak dilanjutkan dengan bagaimana penulis cerita menyusun dan mengorganisir unsur-unsur ceritanya dalam keesatuan paragraf yang utuh? Pola susunan paragraf inilah yang kita kenal dengan istiah generic structure suatu jenis teks.