What is Spoof? Pengertian dan Contoh

English Admin – Sering kita mendengar bahwa pengertian spoof text itu sama dengan cerita lucu. Selanjutnya sering juga kita mendengar bahwa cerita lucu itu sama dengan cerita anekdot. Pertanyaannya adalah what is spoof text? Is spoof text like anecdote text? Inilah inti dari artikel kita kali ini.

Tidak salah memang kalau pengertian spoof text itu disamakan dengan cerita lacu. Namun teks spoof dalam belajar bahasa Inggris tidaklah sama dengan teks anecdote. Keduanya memang termasuk genre dalam wacana berbahasa Inggris namun keduanya berbeda dan mewakili jenis tersendiri. So apakan teks spoof itu.

Definition  of Spoof
Banyak disebutkan bahwa pengertian teks spoof itu merujuk pada cerita lucu, cerita yang membuat kita tersenyum bahkan tertawa terbahak bahak. Tetapi sebenaranya kelucuan dalam cerita spoof hanya imbas dari plot cerita yang tak teduga.

Menurut para ahli, spoof text didefinisikan sebagai cerita yang mempunyai akhir tak terduga. Definisi ini didasarakan pada pengertian yang diberikan dalam buku rujukan jenis teks bahasa Inggris, Text Forms and Features, yang disusun oleh Rachmat Wahidi, teks spoof adalah:
Spoof is a text which tells factual story, happened in the past time with unpredictable and funny ending
Jadi definisi yang benar teks spoof adalah suatu wacana tertulis yang memuat cerita dan berakhir dengan kisah yang tak terduga. Bagian akhir dari cerita ini yang membuat cerita tersebut menjadi lucu. Selanjutnya tujuan komunikatif dari teks spoof adalah untuk menghibur dan berbagi cerita dengan para pembaca.

Generic Structure of Spoof
Setelah memahami pengertian teks spoof, rasanya masih belom komplit kalau tidak dilanjutkan dengan bagaimana penulis cerita menyusun dan mengorganisir unsur-unsur ceritanya dalam keesatuan paragraf yang utuh? Pola susunan paragraf inilah yang kita kenal dengan istiah generic structure suatu jenis teks.

spoof text dan generic structurenya
Perbedaan antara spoof dan narrative serta recount text ditentukan oleh generic structure ini

Adapun struktur teks spoof bahasa Inggris adalah:
1. Orientation: Pengenalan tokoh cerita, tempat kejadian cerita, dan waktu kapan terjadinya cerita. biasanya informasi ini diletakkan di paragraf pertama
2. Events: Rangkaian peristiwa yang dialami oleh para tokoh cerita. Rangkaian cerita ini disusun secara kronlogis berdasarkan urutan waktu atau perannya dalam mendukung keutuhan cerita.
3. Twist: Akhir cerita yang tak terduga. Pengertian twist sendiri sudah disampaikan disini, dimana secara umum ada 3 macam twist yang biasanya dipakai oleh penulis cerita.

Language Feature of Spoof
Yang dimaksud dengan language feature adalah ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam berbagai macam jenis teks bahasa Inggris. Kecenderungan menggunakan ciri-ciri kebahasaan ini tidak bersifat kaku dan harus pasti ada.

Dalam banyak buku-buku pedoman dan handout belajar bahasa Inggris, ciri kebahasaan tek spoof adalah:
1. Menitikberatkan pada orang, binatang, atau benda.
2. Menggunakan action verb atau material process, contohnya kata ate, ran, sleep, sweep, dan lainnya
3. Menggunakan saying verb, contohnya kata talk, say, speak, dan lainnya
4. Menggunakan adverb of time and place
5. Menggunakan simple past tense

Perlu digarisbawahi bahwa language feature sebenarnya hanya besifat kecenderungan. Jadi meski dalam daftar ciri-ciri kebahasaan diatas ada 5 macam tetapi dalam banyak cerita spoof tidak semuanya bisa ditemui.

Contoh Spoof Text Bahasa Inggris dengan Twist Takterduga
Akan sangat komplit kalau belajar jenis teks itu dimulai dengan pengertian dan tujuan komunikafnya, dilanjutkan dengan struktur atau generic structurenya dan dibuktikan dengan berbagai macam contohnya. Untuk memberikan gambaran yang baik pengertian teks spof dan bagaiman teks cerita lucu ini ditulis, berikut disajikan beberapa cotohnya yang sudah dilenkapi dengan anlaisa generic strukturnya

Demikianlah pengertian spoof text dalam belajar bahasa Inggris. Semoga artikel singkat ini bisa menjawab “What is spoof text?” itu. Semoga berguna dan membawah pemahaman yang cukup terhadap teksceri lucu berbahasa Inggris ini. Sekian dan happy learning English Online!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *