Pengelompokan 13 Jenis Teks Bahasa Inggris Menjadi 3 Macam

Tujuan dari pengelompokan 13 jenis teks bahasa Inggris ini adalah untuk memehamai dari mana saja asal muasal 13 macam teks bahasa Inggris itu. Pengelompokan ini kemudian merujuk pada 3 kelompok utama jenis teks bahasa Inggris yang musti dipelajari di sekolah menengah baik SMP atau SMA.

Teks atau wanaca tertulis yang dimaksud disini adalah teks yang berbahasa Inggris dan dipakai sebagai materi untuk belajar bahasa Inggris. Metode ini kita kenal dengan istilah learning English through text-based approach. Merujuk pada materi teks yang dipelajari di tingkat sekolah menegah di Indonesia, ada bebrapa jenis teks berjumlah 13 macam temasuk teks anecdote dilamnya.

Ingat anecdote text bukanlah teks semacam lelucon yang secara keseharian sering kita dengar. Teks dengan nama anecodote ini sangat mirip dengan narrative tetapi mempunyai generic structure yang sedikit berbeda. Meski saat ini jenis teks anecdote sudah tidak dipelejari di tingkat sekolah menengah, namun dengan memahaminya akan menjadikan pengetahuna jenis teks bahasa Inggris kita lebih luas.