Pengelompokan 13 Jenis Teks Bahasa Inggris Menjadi 3 Macam

Tujuan dari pengelompokan 13 jenis teks bahasa Inggris ini adalah untuk memehamai dari mana saja asal muasal 13 macam teks bahasa Inggris itu. Pengelompokan ini kemudian merujuk pada 3 kelompok utama jenis teks bahasa Inggris yang musti dipelajari di sekolah menengah baik SMP atau SMA.

Teks atau wanaca tertulis yang dimaksud disini adalah teks yang berbahasa Inggris dan dipakai sebagai materi untuk belajar bahasa Inggris. Metode ini kita kenal dengan istilah learning English through text-based approach. Merujuk pada materi teks yang dipelajari di tingkat sekolah menegah di Indonesia, ada bebrapa jenis teks berjumlah 13 macam temasuk teks anecdote dilamnya.

Ingat anecdote text bukanlah teks semacam lelucon yang secara keseharian sering kita dengar. Teks dengan nama anecodote ini sangat mirip dengan narrative tetapi mempunyai generic structure yang sedikit berbeda. Meski saat ini jenis teks anecdote sudah tidak dipelejari di tingkat sekolah menengah, namun dengan memahaminya akan menjadikan pengetahuna jenis teks bahasa Inggris kita lebih luas.

text types anrrative, descriptive, expositive
Narration, description, dan exposition sebagai asal muasal 13 jenis teks bahasa Inggris

Ke 13 jenis teks bahasa Inggris ini dipelajari meliputi 3 macam yaitu contoh masing-masing teks itu, struktur generic nya , dan ciri-ciri bahasa yang dipakai dalam masing masing teks tersebut. Ke 3 element topik pembahasan dalam masing-masing jenis teks itu diharapkan memberikan pemahaman yang utuh terhadap semua jenis teks yang sedang dipelajari dalam bahasa Inggris di bangku sekolah tingkat menengah.

Untuk membantu mengingat ke 13 jenis teks itu, cara yang termudah adalah mengelompokakna menjadi beberapa menjadi 3 kelompok besar (Main Types), yaitu: narration, description, dan exposition. Berikut tabel ke 3 kelompok utama jenis teks bahasa Inggris.

Teks Utama
Pengertian dan Tujuan
Jenis Teks
Narration Fungsi utama jenis teks dalam kelompok naratif ini adalah bercerita (telling a story). Didalam sebuah cerita hala yang menjadi element utama adalah peristiwa (event). Nah fungsi teks pada kelompok naratif ini adalah merangkai peristiwa dan menyampaikan menjadi sebuah cerita Narrative text,
Recount text,
Spoof Text,
Anecdote text,
News item text
Description Kelompok teks deskripsi mempunyai fungsi untuk menggambarkan suatu objek. Objek bisa berupa benda, tempat, binatang, dan manusia. Kelompok jenis teks deskriprsi berusaha menerangkan, menyampaikan dan menunjukkan visualisasi suatu objek kepada pembacanya (transferring the image of the object to the readers). Descriptive text,
Report text,
Procedure text,
Explanation text
Exposition Kelompok teks eksposisi adalah teks yang bertujuan untuk meyakinkan kepada pembacanya. Meyakinkan tentang apa? Ekposisi berusaha memberikan beberapa argumentasi untuk mendukung suatu gagasan dari si penulis. Tujuan akhir adalah mempengaruhi pembacanya Analytical exposition,
Hortatory exposition,
Discussion text,
Review text

Itulah mapping 13 jenis teks bahasa Inggris yang harus dipelajari di sekolah tingkat menengah. Belajar bahasa Inggris berbasi teks begini memeng tidak begitu menekankan alat grammar dan structure. Akan tetapi hampir semua jenis teks diatas dengan sendirinya membutuhkan pengetahuan yang cukup terhadap beberapa grammar dan structure. Sebagaimana contoh ketika kita berhadapan dengan narrative text berupa cerita baik fable, myth, legend, dan cerita lainnya pasti membutuhkan pengetahuan yang bagus akan simple past tense. Tanpa itu, memahami makna cerita narrative tadi akan menjadi cukup sulit. So jangan pernah bilang grammar itu tidak penting. Happy learning English.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *