Pengertian Narrative Text Bahasa Inggris – Panduan Komplit

Mari kita lihat labih lanjut. Arti kata “narrative” diatas bisa diperlebar sebagai berikut:
1. Narrative text hakikatnya adalah penggambaran dari peristiwa yang terjadi. Aplikasinya penggambaran ini adalah tentang apa (what), oleh siapa (who) dimana terjadi (where), dan kapan peristiwa itu terjadi (when)
2. Narrative text bertujuan untuk bercerita (telling a story). Kenapa kita harus bercerita? Kalau kita ditanya begitu , jawaban kita mungkin bermacam-macam. Akan tetapi jawaban itu pasti mengenahi 3 hal berikut:
a. Membuat orang lain tahu tentang peristiwa dalam cerita tersebut
b. Menghibur orang lain (entertain readers)
c. Menyampaikan gagasan, nilai, dan muatan moral tertentu.

Dari pemahaman arti kata “narrative” diatas, kita bisa mulai masuk kedalam, mendiskusikan Narrative Text dalam kerangka Genres atau Text Types yang menjadi materi utama pelajaran bahasa Inggris berbasis teks (learning English through text-based approach)

Pengertian, Tujuan, Social Function Narrative Text

Narrative text menyajikan peristiwa (events) dan pelaku cerita (participants / characters) yang disusun dengan pola setting tempat dan waktu ( time and place order). Namun demikian, narrative text dibedakan dengan recount text. Dimana kalau recount hanya memaparkan peristiwa per peristiwa (event per event) yang dialami oleh pelaku cerita akan tetapi narrative text memasukkan sebuah permasalahan (complication) dalam peristiwa yang dialami oleh para pelaku tersebut.

difference between narrative and recount text
The existence of complication differs narrative from recount

Tujuan utama narrative text adalah menyampaikan cerita untuk menghibur pembacanya. Disamping itu, narrative text juga bertujuan untuk mengajarkan nilai-nilai moral tertentu. Ini dimaksudkan untuk merubah prilaku pembacanya

Jenis dan Macam-Macam Teks Narrative dalam Bahasa Inggris

Karena narrative text ini mempunyai inti cerita. Maka dikenal ada beberpa jenis narrative. Cerita dalam narrative bisa hanya imajinasi penulis, atau kejadian nyata yang ditangkap oleh penulis. Pun cerita narrativ bisa berupa gabungan keduanya. Dalam berbagai sumber, narrative text bisa ditemui dalam bentuk-bentuk fairy stories (cerita yang besifat fantastik, penuh dengan keajaiban), mysteries, science fiction, romances, horror stories, adventure stories, fables (cerita tentang binatang yang digambarkan berprilaku seperti manusia), myths atau legends (legenda dan mitos), historical narratives ( cerita sejarah), ballads (balada, kisah yang mengharubirukan pembaca, umumnya cerita cinta yang tak sampai), dan juga personal experience (pengalam pribadi yang ditulis)

Struktur Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Setiap teks bahasa Inggris mempunyai generic structure berbeda. Pada teks-teks berbentuk narrative umunya ditemui susunan organisasi penulisan sebagai berikut:
1. Orientation: Apa sebenaranya orientasi (orientation) itu. Dalam kegiatan sehari hari kita pasti sering mendengar, membicarakn, bahkan melakuan kgiataan yang dilafalkan dengan kata “orientasi”. Misalnya ada Masa Orientasi siswa Baru” Apa hal yang paling mendasar dari kegiatan orientasi tersebut? Tidak lain adalah “pengenalan” tentang sekolah baru, guru baru, wawasan dan cara belajar baru. Begitu juga dengan halnya dengan Orientasi pada narrative text. Paragraf yang menjadi Orientasi mempunyai tugas menyampaikan kepada pembaca akan hal hal pertama yang perlu diketahui oleh pembaca. Informasi dalam Oientasi ini meliputi What is the story about(ini tentang cerita apa), Who is the participant? ( siapa pelaku dalam cerita itu), Where is the place setting? (dimana cerita itu terjadi), dan When is the time setting (kapan cerita itu terjadi).
2. Complication atau Problem: Paragraf inilah yang menjadi inti dari narrative text. Tanpa adanya complikasi atau permasalahan, Text itu hanyalah paparan peristiwa satu diikuti peristiwa yang lain. Komplikasi atau masalah atau konflik dalam Literary Stydy biasanya dibedakan menjadi 3 macam
a. Natural conflict: Permasalahan yang timbul karena pelaku cerita berhadapan dengan kekuatan alam
b. Social conflict: Permasalahan yang timbul karena para pelaku itu saling berhadapan. Mereka betemu dalam ruang dan waktu yang sama tetapi mempunyai kepentingan (interest) yang berbeda.
c. Psychological conflict: Permasalahan yang timbul ketika pelaku cerita itu berhadapan dengan diri nya sendiri. Pertentangan antara nilai baik dan buruk, antara sifat rakus dang tenggan rasa, dll
3. Resolution: Kebanyakn dalam narrative klasik, permasalahan tidak boleh menggantung. Harus ada penyelesaian nya. Komplikasi bisa ditutup dengan paragrap yang menyenangkan (happy ending) kadang tidak jarang konflik itu berakhir tragis (sad ending)

Ciri Kebahasaan Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Language feature dalam setiap jenis teks bahasa Inggris sifatnya adalah hanya “umumnya, biasanya, lumrahnya). Jadi ciri-ciri linguistik dalam teks narrative ini juga bersifat “commonly” tidak mesti setiap teks narrative mempunyai semua ciri lnguistik seperti dibawah ini.
1. Narrative text ditulis dengan first dan third person point of view (sudut pandang orang pertma dan orang ketiga) “I / We” dan “He / She / It”. Saya tidak atau belum pernah menemui teks narrative yang dominan ditulis dengan second person view (orang kedua) “You”
2. Ditulis dengan Action Verb. Apa pengertian Action Verb itu? Sederhaanaya Action Verb adalah kata kerja yang merujuk pada kegiatan Aksi atau Bergerak. Misalnya ada 2 kalimat seperti dibawah ini:
The old woman laughed
The old woman cackled
Maka narrative text akan cenderung memakai kalimat yang kedua “The old woman cackled” Arti kalimat itu dicari sendiri ya he..he..
3. Narrative text umunya ditulis dalam kombinasi bentuk Past Tenses. Bisa hanya Simple Past Tense, Past Continuous/Progressive Tense, Past Perfect Tense, atau meskipun jarang Past Future Tense
4. Memasukkan pattern Direct Speech dan Indirect Speech. Kenapa ada ciri kalimat langsung dan kalimat tidak langsung? Dalam narrative Text, bebarapa peristiwa biasanya, walaupun tidak harus, disajikan dalam bentuk percakapan atau dialog bahasa Inggris. Itulah kenapa Direct-Indirect Speech sangat penting perannya dalam setiap penulisan teks narrative.
5. Narrative text memakai bahasa Imagery. Apa saja Imagery itu?
a. Personification: Memberikan penggambaran benda tidak hidup seperti character atau prilaku manusia.
b. Metaphor: Memberikan gambaran perbandingan tersirat dengan obyek yang lain
c. Smile: Memberikan gambaran perbandingan langsung tersurat