Kumpulan Percakapan Bahasa Inggris Part 1

English Admin – Materi speaking cara berbicara bahasa Inggris lebih lancar. Ungkapan yang dalam bahasa Inggrisnya expression dan percakapan pendek atau short conversation adalah materi kemampuan speaking English yang merujuk pada transactional and interpersoanl communication dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah-sekolah menengah. Jadi bagi yang masih duduk dibangku sekolah SMA, MA atau bahkan SMK dan SMP pasti tidak asing lagi dengan materi pelajaran ini

Untuk melengkapi pembelajaran bahasa Inggris yang sekarang ini lebih condong pada pendekatan teks, pengetahuan terhadap ungkapan atau percakapan dengan topik tertentu mutlak diperlukan. Sebagai contoh, ketika kita mempelajari contoh recount text tentu akan lebih lengkap kalau kita juga mengetahui vocabulary, phrase, dan expression tentang introducing self dan introducing others.  Begitu juga ketika sedang membaca contoh analytical exposition tentu kita akan lebih memahami dengan mudah ketika kita juga belajar tentang  cara berbicara bahasa Inggris dengan topik; expressing satisfactory, asking and giving opinionasking and giving advice. Tidak ketinggalan saat mempelajari contoh explanation text akan lebih mantap kalau kita juga mengetahaui how to express certainty and uncertainty.

Dalam kesempatan kali ini blog untuk belajar bahasa Inggris  akan menyajikan topik, bahan dan sumber belajar untuk materi short conversation in English dan English expression untuk trasactional and interpersoanl interaction. Berikut adalah topik-topik speaking dalam pembelajaran bahasa Inggris:

1. Bekenalan dalam bahasa Inggris
Materi introduction ini meluputi 2 katagori yaitu introductiion your self dan itnroduction others. Ungkapan-ungkapan yang sering dipakai adalah:

Hi, my name is…
Let me introduce my self, I am…
Hi, this is Tomi. He is..
Do you know my cousin? he is….

Untuk pembahasan tentang ungkapan perkenalan dalam bahasa Inggris ini bisa dilihat disini sedangkan untuk contoh short conversation tentang perkenalan bisa dibaca disini

2. Ucapan salam dalam bahasa Inggris

Materi speaking bahasa Inggris ini meliputi ucapan salam ketika beretemu (Greeting) dan salam ketika berpisah (farewell). Kosa kata dan ungkapanya dalam materi ini meliputi praktek berbicara bahasa Inggris ini yang paling gampang. betapa tidak, kita hanya belajar mempraktekkan, bermain peran seputar:

Good morning
Good afternoon
Good evening
Good night
Good bye
See you, dll

Untuk lebih lengkapnya, ungkapan-ungkapan bahasa inggris tentang greeting and farewell bisa dilihat disini

3. Ajakan, tawaran atau undangan dalam bahasa Inggris

Topik invitation ini mulai butuh perhatian karena ungkapan dan kosa kata nya sudah bervariasi. Praktek berbicara bahasa Inggris dengan topic undangan ini meliputi:

How to make invitation
How to accept invitation
How to refuse invitation
How to responding invitation

Pembahasan lebih lengkap bagaimana membuat, menerima, dan menolak suatu ajakan dan undangan dalam bahasa Inggris bisa dibaca disini

4. Janji atau kesepakatan untuk bertemu dalam bahasa Inggris

Istilah bahasa Inggrisnya adalah appointment.  Ungkapan dan percakapan tentang janji atau kesepakatan ini sering sekali dikeluarkan dalam ujian-ujian bahasa Inggris. Materi ini biasanya meliputi:

Making appointment
Accepting and confirming appointment
Canceling appointment
Responding to appointment

Untuk pembahasanya lebih banyak tentang cara membuat, menerima , dan membatalkan suatu janji dalam percakapan bahasa Inggris bisa dilihat disini atu bagi yang ingin belajr lebih banyak lagi tentang English appointment ini bisa ditelulusuri disini

5. Ungkapan perasaan bahagia dan tidak bahagia dalam bahasa Inggris
How to express pleased and displeased in English merupakan topic dalam pelajaran berbicara bahasa Inggris yang meliputi ungkapan perasaan senang, tidak senang, sedih, ketika sedang badmood, dll
pembahasa lebih lanjut Exprsing pleased and dispeased ini bisa dilihat disini

6. Ungkapan simpati bahasa inggris
Pelajaran spekaing bahasa Inggris juga tidak lupa memasukan topik perhatian dan simpati. Ini adalah ungkapan bahasa Inggris yang digunakan ketika kita merasa bersimpati terhadap kabar tidak baik yang menimpa sesorang.
Kumpulan expression of sympathy dan contoh short conversationya bisa dilihat disini

7. Memberi instruksi dalam bahasa Inggris

Memberi aba aba dan instruksi temasuk pelajaran dasar berbicara bahasa Inggris.  Mempelajari cara memberi intruksi dan aba-aba ini kita harus mengetahui cara membuat kalimat imperatives bahasa Inggris. Kenapa pengetahui pada imperative sentence ini penting? Karena aba-aba dan instruksi itu sebenaranya adalah bentuk dari sebuah perintah. nah membuat perintah, harus memakai jenis kalimat imperative.
Pembahasa unkapan dan contoh percakapan dalam memberi intruksi ini bisa dilihat disini atau lihat artikel berikut

Masih banyak topik-topik berlatih berbicara bahasa Inggris yang lain. Pada posting selajutnya akan diteruskan. Meski begitu action berlatih berbicara itu lebih ada efeknya dari pada sekedar mengumpulkan materi yang banyk tanpa dibaca keras (reading a loud) atau dipraktekkan (role play). Mendapat kemampuan berbicara bahasa Inggris itu membutuhkan kemauan yang aktif bahkan kadang juga agresif. Sehingga dengan begitu kita sangat terbiasa berbicara dengan bahasa Inngris.

Kumpulan Percakapan Bahasa Inggris Part 1 | englishadmin | 4.5