Materi Percakapan Bahasa Inggris Part 3

English Admin – Materi speaking cara berbicara bahasa Inggris lebih mudah. Blog belajar bahasa Inggris ini telah memposting materi percakapan, Short conversation bagian 1 untuk kelas X dan bagian 2 untuk kelas XI pada artikel sebelumnya. Sekarang mari kita lihat bahan yang berisi topik ungkapan dan contoh dialog bahasa Inggris bagian 3 yang biasanya diajarkan di sekolah menengah kelas XII.

Inti pelajaran speaking bahasa Inggris adalah mengucapkan beberapa maksud hati dalam bahasa Inggris dengan memakai ungkpan-ungkapan bahasa Inggris yang lazim. Yang kedua adalah memahami contoh dialog atau short conversation antara 2 atau lebih dengan bahasa Inggis dalam konteks situasi tertentu.

1. Making, and Handling Complain in English

Pelajaran percakapan bahasa Inggris untuk membuat complain ini tentu berhubungan dengan topik sebelumnya yaitu expressing satisfied and dissatisfied in English. Kosa kata  yang berhubungan dengan topik ini bisa berupa:

Sorry, complain, complaint, problem, bother, etc

Ada sumber yang bagus untuk mempelajari bagaimana menyatakan komplain ini, bisa di lihat disini

2. Expressing Possibility & Probability in English
Belajar mengungkapkan possibility dan probability ini mengharuskan kita mengetahui pemakaian beberapa modal yang mengandung makna “mungkin”. Modal bahasa Inggris yang mengandung makna kemungkinan ini diantaranya adalah: could, may, might. Contoh pemakaian dalam kalimat bahasa Inggris nya:

That issue could be true
Because I was so thirsty, I could have drunk 2 botles of water
That may be the last product
This might be the most expensive gadget

Untuk pembahasa lebih lengkap pemakaian modal possibility and probability ini bisa dilihat disini dan disini

3.  Giving Order in English
Pelajaran speaking bahasa Inggris dengan topik cara memberi perintah ini hampir sama dengan topik sebelumnya giving instruction in English. Intinya dalam topik ini kita harus mahir betul dengan segala macam yang berhubungan dengan kalimat imperative. Untuk itu kita juga harus mempunya kosa kata yang banyak tentang verb (kata kerja) supaya bisa memberi perintah yang seusai dengan keinginan.
Untuk pembahasa lebih lajut tentang how to give order in bisa dilihat disini

4. Expressing  Promises in English

Mengungkapkan janji dalam bahasa Inggris. Topik ini meluputi 2 hal yaitu asking promises dan offering promises. Ugkapan-ungkapan bahasa Inggri tentang janji ini bisa seperti:

Can you come on time tomorrow?
Promise me that you will help me!
make me a promise. won’t you?
I give you my words
I promise to love you whatever you are
I am a man you can trust, etc

Untuk mengetahui bagaimana tata cara mengungkapkan jaji dalam bahasa inggris dan dilengkapi dengan audio streaming cara pengucapanya bisa dilihat disini

5.  Expression Curiosity in English

Apa itu curiosity? Kosa kata ini diartikan sebagai “keingintahuan”. Topik ini berarti kita mempelajari bagaimana mengungkapkan keingintahuan dalam bahasa Inggris. Ingat gak ada sebuah pepata bahasa Inggris:

curiosity killed the cat

Yang kira kira artinya: Keingintahuan terhadap permasalahan orang lain bisa menyebabkan kita dalam masalah juga. Dalam pelajaran speakining bahasa Inggris, expressing curiosity bisa burpa ungkapan2 seprti dibawah ini:

Curios about
Contoh: I am curious about the the result of the new experiment
Interested to know
Contoh: Police officers are interested to know tho motive behind the action
Wonder why
Contoh: Everyone wonder why he resign from that good job

6.  Expressing Wishes in English

Bagaimana mengungkapkan harapan dalam bahasa Inggirs? adalah topik selajutnya dalam kompetensi speaking di kelas XII. Ada 2 bagian penting dalam mengungkapkan wish, dan ini berhubungan dengan pembagian waktu, yaitu harapan masa sekarang dan harapan masa lampau
Dalam mengungkapkanyapun berbeda untuk grammar dan strukturnya. Cara paling mudah adalah dengan memakai kalimat I wish, contohnya:
Wishes in present time

I wish I had…
I wish I had new phone
I wish I had much time for you
I wish I could buy you flower from Holland

Wishes in past time

I wish I had had..
I wish I had had new laptop
i wish I had sold a lot of products
I wish I had known her phone number

Cukup disini ungkapan harapan dalam bahasa Inggris ini, bagi yang ingin tahu lebih banyak bisa megunjungi situs ini atau lihat kumpulan materi speaking dibawah

Itulah ringkasan semua materi percakapan atau speaking English bagian yang 3 ditujukan untuk belajara bahasa Inggris di SMA terutama kelas XII. Semoga membantu dan makin baik kemampuan berbicara bahasa Inggris kita.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *