Narrative Text: Cerita Kancil Mencuri Timun dalam Bahasa Inggris

Cerita kancil mencuri timun dalam bahasa inggris ini bisa dianggap sebagai contoh narrative text. Kenapa? Menjawab pertanyaan ini perlu kembali mengingat bagaimana sebuah teks narrative disusun. Pola penyususnan generic structure disepakati ketika memuat ORIENTATION diikuti COMPLICATION dan ditutup dengan sebuah RESOLUTION.

Contoh narrative text dengan cerita kancil mencuri timun dalam bahasa inggris ini melanjutkan seri cerita fable si kancil. Sebelumnya telah disajikan contoh narrative text tentang story of mouse deer and elephant dimana cerita si kancil ini banyak diminati oleh anak dan menjadi cerita yang sangat populer di lingkungan kita. Baiklah langsung saja kita simak cerita kancil mencuri tumun berikut ini!

The Story of Mouse Deer and Farmer

Inilah cerita rakyat si kancil mencuri timun yang cukup terkenal itu. Ada banyak versi dari cerita ini. Kalau kemudian pembaca ada yang mendapai jenis cerita serupa namun tidak sama, itu adalah suatu yang wajar. Cerita rakyat itu berkembang sangat cepat.

cerita kancil mencuri timun dalam bahasa Inggris
Cover sebuah buku tentang cerita kancil mencuri timun. Dalam bahasa Inggrisnya “Mouse deer steals cucumbers”

Once there were a mouse deer and a farmer. The farmer planted cucumber in his farm. In the same time the mouse deer was trying to steal the cucumbers.
One day, when the mouse deer wanted to steal the cucumber, he saw a scarecrow int the farmer’s field. He was frightened in the first time but soon found that the scarecrow could not scare off him. Even he punched the scarecrow with his front leg. Unluckily his front leg got stuck in the scarecrow because the farmer had filled it with strong adhesive glue.
The mouse deer forcefully tried to pull out his leg, but it did not work. The glue was too strong for him to set free. Not long after that, the farmer came. The farmer was satisfied to his work. The mouse deer was finally trapped. Then the farmer put the mouse deer in a cage.
The mouse deer was really in a big trouble as the farmer’s dog came approaching him. The dog said that the mouse deer would be cut and cooked for the following morning. In such dangerous situation, the mouse deer kept calm even relaxed. Of course it made the dog confused and asked the mouse deer why  he was not scared. So the mouse deer answered,” I’ll not be cooked but I’ll be a prince” Hearing the answer, the dog became more confused then the mouse deer continued. “I’m going to marry the farmer’s daughter so I’m going to be a prince. I am sad about you. You have loyalties but they are paid just like this” The mouse deer knew that the dog felt unhappy and continued proudly, “Now, look at me! I’ll become a prince in this house tomorrow”
The dog felt discriminated and asked the mouse deer to switch place. The dog thought that by switching place with the mouse deer in the cage, he would become a prince. The mouse deer agreed. Soon the dog opened the cage and let the mouse deer free.

Terjemahan The Story of Mouse Deer and Farmer
Biar lebih asik dalam belajar bahasa Inggris cerita kancil ini, berikut disajikan terjemahan cerita kancil mencuri timun diatas.

cerita narrative kancil mencuri timun bahasa Inggris
Antara kancil, petani, orang-orangan, dan anjingnya dalam cerita bahasa Inggris mouse deer steals cucumbers

Suatu ketika hidupla seekor kancil dan seorang petani. Petani itu menanam mentimun di ladangnya. Pada saat yang sama kancil tersebut sedang mencoba untuk mencuri mentimun petani tersebut.
Suatu hari, ketika kancil ingin mencuri mentimun, ia melihat da orang-orangan di sawah ladangnya petani. Pada awalnya Iapu merasa takut tapi segera Ia mendapati bahwa orang-orangan sawah itu tidak bisa menakut-nakutinya lagi. Bahkan Ia menendang-nendang orang-orangan sawah itu dengan kaki depannya. Tidak mujurnya kaki depannya tersangkut pada orang orangan itu karena sebelumnya petani itu sudah mengolesi dengan lem perekat yang kuat.
Kancil itupun dengan keras mencoba menarik keluar kakinya, tapi tidak berhasil. Lem pada orang orang itu terlalu kuat baginya untuk dilepaskan. Tidak lama setelah itu, petani itupun datang. Petani merasa puas dengan pekerjaannya. Kancil itu akhirnya terjebak. Kemudian petani menempatkan kancil itu dalam sebuah sangkar.
Kancil itu benar-benar dalam masalah besar karena ada anjing petani yang datang mendekatinya. Anjing itu mengatakan bahwa kancil akan dipotong dan dimasak untuk keesokan harinya. Dalam situasi berbahaya tersebut, kancil tetap tenang bahkan terkesan santai. Tentu saja hal itu membuat anjing itu merasa bingung dan bertanya kepad kancil mengapa Ia tidak merasa takut. Kancil pun menjawab, “aku tidak akan dipotong dimasak tapi aku akan menjadi pangeran” Mendengar jawaban itu, anjing menjadi lebih bingung lagi dan kancil meneruskan. “Aku akan menikahi putri petani itu jadi jadi aku akan menjadi seorang pangeran. Aku merasa ibah dengan kamu. Kamu memiliki kesetiaan tetapi mereka para petani dan keluarganya memperlakukanmu hanya seperti ini” Kancil itu tahu bahwa anjing itu merasa tidak senang maka Iapun meneruskan kebanggaanya, “Sekarang, lihat aku! Aku akan menjadi pangeran di rumah ini besok”
Anjingitu merasa dianaktirikan dan meminta kancil untuk beralih tempat. Anjing itu mengira bahwa dengan beralih tempat dengan kancil di kandang itu, dia akan menjadi seorang pangeran. Kancil pun setuju. Segera saja anjing itu membuka kandang dan memeprsialahkan kancil itu keluar.

Analisa Generic Structure Contoh Narrative text Kancil Mencuri Timun dalam Bahasa Inggris

Kembali menjawab pertanyaan kenapa cerita kancil mencuri timun dalam bahasa inggris diatas bisa dimasukkan sebagai contoh narrative text tidak lain adalah karena kita bisa menukan unsur atau element schematic structure sebagai berikut:
1. Orientation: The mouse deer and farmer in once time
2. Complication: The mouse deer struggles to set free form the escrow. Then how the mouse deer convinces the farmer’s dog to switch place in the cage
3. Resolution: The mouse deer gets free from the cage

Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak tentang jenis teks cerita bahasa Inggris ini bisa membaca 2 artikel berikut

  1. Pengertian narrative text
  2. 16 contoh narrtive text pendek

Itulah cerita kancil mencuri timun dalam bahasa Inggris dan terjemah nya. Tidak lupa dilenkapi dengan pengertian dan analaisa generic structure narrative text supaya proses belajar bahasa Inggris ini lebih komprehensif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *