Contoh Discussion Text – Pros and Cons of Computers for Students

Mencari contoh discussion text dalam bahasa Inggris itu mudah. Tips terbaik adalah menemukan argument yang mendukung issue yang sedang dibicaran dan juga alasan yang menentang terhadap adanya issue yang sedang didiskusikan. Secara sederhana, teks discussion dalam bahasa Inggris itu sebuah teks yang berisi pro dan contra.

Teks berjudul “Pros and Cons of Computers for Students” kita kali ini adalah untuk belajar lagi teks ber-genre discussion text yaitu teks pros and cons dalam bahasa Inggris. Masih ingat apa itu teks discussion? Bagaimana teks berjenis argumentative ini berbeda dengan analytical exposition dan hortatory? Sekali lagi cara termudah membedakan jenis teks adalah dengan melihat generic structure nya.

Apa itu generic structure? Dan bagaimana struktur ini membedakan antara jenis teks yang satu dengan yang lain? Bagaiamana stuktur ini membedakan contoh discussion text dengan contoh teksĀ  genre yang lain? Secara sederhana, generic structure adalah cara penulis menyusun paragraf per paragraf menjadi satu kesatuan yang utuh terhadap penyampaian pemaknahan tulisannya.

Perbedaan penulis menyusun generic structure sangat dipengarui oleh tujuan atau fungsi dari teks tersebut. Misal teks berjenis narrative yang bertujuan untuk menghibur dan mengajarkan tentang nilai, tentu berbeda cara penuyusunan teks tersebut dengan tulisan berjenis discussion yang bertujuan membuka wawasan pembaca terhadap sebuah issue atau phenomena.

Untuk membedakan teks discussion dengan jenis lainnya, kita perlu mengetahui kesepakatan umum tentang generic structure seperti pada artikel sebelumnya what is discussion text?. Namun untuk me-review lagi, text jenis ini selalu akan tersusun dari paragraf-paragraf sebagai berikut:

  • Paragraf pertama akan terdiri dari: Penyampaian masalah ( presenting issue)
  • Paragraf selanjutnya berisi: Menujukkan alasan yang mendukung (showing arguments for)
  • Paragraf selanjutnya memberikan keseimbangan dengan: Menyampaikan alansan yang menolak (giving arguments againts)
  • Paragraf penutup berupa: Pemberian saran dari penulis (recommendation)

Jadi kalau sebuah essay nampak disusun seperti pengaturan diatas, dengan mudah bisa kita katakan itu adalah sebuah contoh discussion text. Untuk lebih jelasnya, lihat essay sederhana berikut!