2 Contoh Narrative Text Myth Beserta Generic Structure dan Arti

Source: Teks cerita Dewi Sri bahasa Inggris diatas disederhanakan dan ditulisulang dari: http://en.wikipedia.org/wiki/Dewi_Sri

Narrative text myth tentang Dewi Sri diatas bisa diterjemahkan sebagai berikut. Terjemahan cerita rakyat bahasa Inggris ini dimaksudkan untuk lebih memhami isi cerita sehingga kita bisa menganalisa generic structur nya dengan lebih mudah. Kenapa kita pelu mengetahui susunan schematic cerita diatas? Tidak lain adalah agar kita bisa mengidentifikasi genres atau jenis teks cerita tersebut. Berikut adalah terjemahan bahasa Indonesianya.

Mitos Dewi Sri

Rice for Dewi Sri myth narrative
Mitos Dewi Sri berhubungan dengan kesuburan tanaman padi

Suatu waktu , Batara Guru memerintahkan semua dewa dan dewi untuk membantunya dalam rangka membangun sebuah istana baru . Siapapun yang tidak mematuhi perintah ini dianggap malas dan akan kehilangan lengan dan kakinya.
Mendengar perintah Batara Guru tersebut, dewa Naga sangat cemas karena ia tidak memiliki lengan atau kaki . Dia mungkin tidak dapat melakukan pekerjaan itu. Maka dia meminta saran dari Batara Narada yang merupakan adik dari Batara Guru . Sayangnya Batara Narada juga merasa bingung . Dewa Naga pun menjadi sangat sedih .
ketika dewa Naga menangis meratapi nasib buruknya , tiga air mata jatuh ke tanah . Tidak lama setelah itu , air mata itu berubah menjadi tiga telur yang bersinar indah yang tampak seperti permata . Lalu Batara Narada menyarankan dia untuk menawarkan telur-telur itu kepada Batara Guru .
Dengan tiga telur dalam mulutnya, dewa Naga pergi ke istana Batara Guru . Dalam perjalanan, seekor elang bertanya kepadanya. Tentunya Naga Dewa tidak bisa menjawab pertanyaan itu karena dia membawa telur dalam mulutnya . Melihat hal itu, burung itu berpikir bahwa Naga dewa adalah dewa yang sombong. Burung itu lalu menyerangnya .
Karena diserang oleh elang itu, satu telur terjatuh ke bumi . Kemudian Naga dewa bersembunyi di semak-semak tapi burung tetap menunggunya. Burung itu menyerang untuk kedua kalinya dan satu telur lagi terjatuh. Sehingga dewa Naga hanya memiliki satu telur dalam mulutnya . Dia terus bergerak menuju istana Batara Guru .
Akhirnya dewa Naga tiba di istana . Dia menawarkan teluritu ke Batara Guru . Dan ajaibnya telur itu menetas dan menjadi bayi perempuan yang sangat cantik . Dewa Naga memberikan bayi perempuan itu kepada Batara Guru. Bayi itu tumbuh menjadi gadis yang cantik dan kemudian dikenal sebagai Dewi Sri.