Signposting: Pengertian dan Contoh Ungkapan Bahasa Inggris

English Admin – Ungkapan signposting dalam pidato dan presentasi bahasa Inggris. Ketika kita belajar teknik berpidato atau memberikan presentasi dalam bahasa Inggris, sering kita menemui istilah “signposting”. Apa dan bagaimana contoh signposting itu?

Pidato dan memberikan presentasi adalah salah satu topik materi sepaking bahasa Inggris SMA terutama kelas XII. Materi signposting ini termsuk topik speaking English tingkat lanjut karena sebelumnya harus dibekali dengan kempauan berbicar bahasa Inggris yang cukup lancar. Baklan kita mulai saja dari definisinya berikut.

Pengertian dan Definisi Signposting dalam Materi Pidato Bahasa Inggris.

pengertian contoh signposting
Pengertian dan contoh ungkapan singposting materi speaking bahasa Inggris

Kalau kita lihat dalam banyak pidato bahasa Inggris, kata “signposting” mempunyai beberapa arti, namun menurut oxforddictionaries.com, signpost didefinisikan sebagai:
A sign giving information such as the direction and distance to a nearby town, typically found at a road junction.
Dari definisi diatas, secara literal, signpost adalah suatu tanda atau petunjuk yang memberikan informasi mengenahi jarak yang masih perlu ditempuh lagi untuk menuju  kota terdekat.

Dengan demikian, ketika kita berpidato atau memberikan presentasi, ungkapan signposting bermaksud sebagai clue atau petunujuk sejauh mana materi pidato yang akan disampaikan kepada pendengarnya. Untuk lebih memahami apa itu signposting dalam arti dan fungsinya pada pidato dan presentasi berikut adalah definisi dari publicspeakingpower.com:
Signposts are important verbal statements used during a public speech to engage the audience and bring them through the different stages of your presentation.
Jadi pada materi bahasa Inggris kali ini, signposting adalah pernytaan penting secara verbal yang digunakan selama berpidato untuk mendapatkan perhatian para pendengar dan mengajak mereka kembali memperhatikan apa yang mau disampaikan.

Jenis dan Contoh Ungkapan Signposting dalam Pidato Bahasa Inggris

karena berfungsi sebagai pendorong dan daya tarik para audience, signposting ini dibedakan menjadi beberapa macam.

ungkapan frase signposting
Ungkapan frasa dan kalimat yang sering dipakai untuk signposting dalam pidato bahasa Inggris

1. Signposting sebagai penanda menuju poin dan materi berikutnya. Ungkapan yang sering dipakai misalkan:
I am moving on to my next point
I’de now like to move on to point 2 where we will be discussing the important topic

2. Signposting sebagai penanda perubahan topik pembicaraan. Adakalanya ketika berpidata atau memberikan sebuah presentasi, kita perlu merubah dan beranjak menuju topk atau point yang berbeda. Dalam hal ini ungkapan signposting yang bisa dipakai misalnya:
Now let’s turn to something completely different
Now, turning to our plans for the future

3. Signposting sebagai penanda perlunya deskripsi yang lebih detil terhadap point yang sudah disampaikan. Ungkapan signposting bahasa Inggris yang bisa digunakan untuk fungsi ini adalah:
Let me elaborate on that
Expanding on that idea…
I want to talk more in depth about…

4. Signposting sebagi penanda adanya selingan poin yang berbeda. Ada kalanya ketika kita berpidato atau memberikan sebuah presentasi bahasa Inggris kita perlu menyampaikan hal hal lain yang berbeda dan tidak berkaitan langsung dengan topik pembicaraan. Dalam hal ini, ungkapan yang bisa digunakan bisa seperti berikut:
Let me digress…
As a side note…
Going off on a tangent I believe it is important to discuss…

5. Signposting untuk menunjukkan perlunya mengulang kembali (repeating) point yang sudah disampaikan diawal. Karena begitu pentingnya, kadang kita perlu memberikan ulasan kembali point sebelumnya. Untuk mengantarkanya, kita perlu mengucapkan frase-frase sebagai berikut:
Re-capping on the previous point I made about…
Let me repeat that…
This is really important so I am going to say it again…

6. Signposting sebagai penanda perlunya kembali mengulas hal yang sudah diberikan sebelumnya. Jenis signposting nomor 6 ini agak mirip dengan yang nomor 5. Meki sebenarnya begituberbeda dan ungkapanyang bisa disampaikan, misalnya:
Going back to the story where I…
Let’s go back to the time when…
Remember when I said…

7. Signposting sebagi penanda ringkasan terhadap materi dan poin yang sudah diberikan. Dalambanyak berpidato didepan publik (public speaking) ketika akan mengakhir, kita perlu meberikan summari atau ringkasan. Nah pengantarnya kita bisa menggunkan ungkapan sebagai berikut:
Summarising what we just talked about…
To summarise…
In summary this report found

Masih ada beberapa jenis ungkapan signposting yang biasa dipakai dalam berpidato bahasa Inggris namun sebenarnya beberapa jenis yang lain itu bisa dianggap agak mirip dengan jenis summarized  signposting ditas.

Itulah pengertian singposting dan beberapa contoh ungkapan yang sering digunakan. Dalam  berbahasa Inggris, keberhasilan menggunakan signposting ini sangat perlu didukung dengan banyaknya jumlah kosa kata (vocabularies) yang kita kuasai. Semakin banyak vocabulary yang kita miliki, akan semakin memudahkan untuk memberikan sejumlah ungkapan signposting bahasa Inggris yang diperlukan.

Sumber tulisan tentang singposting dalam bahasa Inggris ini adalah:
1. http://publicspeakingpower.com/what-is-a-signpost-in-public-speaking/
2. Developing English Competencies 3 : For Senior High School (SMA/MA) Grade XII of Language Programmes, Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *