10 Contoh Procedure Text dengan Kalimat Imperative

Kenapa dalam judul diatas menyebut kalimat imperative? Ya, semua contoh procedure text dalam bahasa Inggris memang ditulis memkai imperative sentences. Jadi tidak ada tawar menawar lagi, agar bisa memahami semua intrsuksi dalam teks prosedural memang harus menguasai pembuatan kalimat perintah.

Masih ingat cara membuat kalimat perintah dalam bahasa Inggris? Gampang saja, jika kita sudah lihai dengan berbagai macam bentuk kalimat affirmative (kalimat berita tau kalimat positif) dalam bahasa Inggris, maka cara merubahnya menjadi kaliamat imperative itu hanya menghilangkan subyek kalimatnya. Perhatikan contoh berikut!
You speak English slowly = Kamu berbicara bahasa Inggris dengan pelan
You write English accurately = Kamu menulis bahasa Inggris dengan akurat
You attend English course online = Kamu mengikuti kursus Inggris secara Online

Ketiga kalimat diatas adalah bentuk affirmative, yaitu memberitakan, tidak menyangga. Agar bisa dimakanai sebagai perinta maka kita hanya perlu membuang subjek dari kalimat berita diatas. Sehingga Imperative sentence akan menjadi:
Speak English slowly! = Berbicaralah bahasa Inggris dengan pelan!
Write English accurately! = Tulislah bahasa Inggris dengan akurat!
Attend English course online! = Ikuti kursus Inggris secara Online!

Pengertian procedure text dalam pembelajaran genres bahasa Inggris adalah jenis teks yang ditujukkan untuk memberikan instruksi tata cara melakukan sesuatu. Karena tujuan utama adalah diketahuainya cara dan pola kerja suatu hal, maka jenis teks prosedural ini sebenaranya masuk satu golongan dengan jenis teks explanation bahasa Inggris. Maka sebaikanya sebelum melihat 10 contoh procedure text pendek berikut, alangkah baiknya ingat kembali 2 artikel berikut!

Nah bisa dimengerti dan siap dengan bacaan yang banyak mengandung kalimat perintah bahasa Inggris. Bagaimana, gampangkan cara mmbuat kalimat perintah (imperative sentences) dalam bahasa Inggris itu? Nah kalau sudah bisa sekarang akan kita berikan 10 contoh procedure text. Sekalai lagi teks prosedural itu sama dengan teks intruksi, teks yang memberikan petunjuk atau aba-aba. Jadi mutlak hukumnya heheh untuk menguasai konsep kalimat imperative.

Inilah 10 Contoh Procedure Text Singkat How To dalam Bahasa Inggris

Sebagian besar tulisan dibawah ini bertema cara melakukan (how to do), cara menggunakan (how to use), cara memasak (how to cook), dan cara memakai (how to wear). Ke empat how to diatas memang menjadi topik hampir semua jenis teks procedure bahasa Inggris. Berikut adalah contoh lengkapnya:

  • Example of Procedure Text – How To Tie a Neck Tie. Contoh procedure text yang pertama ini adalah tata cara memakai dasi yang baik. Ingat sekali lagi bahwa agar bisa memahi instruksi ini dengan cepat, penguasaan terhadapa imperative sentences sangat diperlukan
procedure text wearing tie
Wearing a tie is very elegant. Instruction on how to do that is an example of procedure text

 

Proceduret text how to cook with microwave oven
Microwave oven is one of modern cooking utensil. The instruction of how to cook with it is an example of procedure text

Related search post: