Contoh Narrative Text Singkat Tapi Lengkap: Fable Story of Fox and Crow

Mungkin pembaca merasa heran dinyatakan contoh narrative text singkat tapi kok lengkap? Bagimana bisa? Ya Cerita fable bahasa Inggris nya memang sangat singkat tapi diberikan lengkap dengan arti, generic structure, dan juga kandungan nilai moralnya, lengkap bukan pembahasannya?

Cerita fable bisa disebut sebagai teks narrative text karean didalamnya ada unsur complication. Apa tu complication? Dalam pengertian teka narative sebelumnya, complication adalah pertentangan antar pelaku cerita. Bagi yang sedang belajar jenis teks bahasa Inggris terutama cerita naratif, mengidentifikasi adanya complication ini diangap sangat penting.

Biar kita tidak merasa bingung apa isi dari artikel kita ali ini. Baiklah akan kita tulis sistematikanya. Secara keseluruhan, artikel belajar jenis teks bahasa inggris ini meluputi
1. Ceritanarrative text fable yang sangat singkat dalam bahasa Inggris
2. Terjemahan atau arti cerita fable tersebut
3. Analisa generic structure cerita fable itu
4. Muatan nilai moral ( moral value) yang terkandung dalam cerita fable tersebut

Lebih jelanya kita akan berikan satu persatu dibawah ini. Ingat sekali lagi memahami teks beruapa cerita mutlak harus disokong dengan kemampuan tense past, yaitu simple past tense, past continues tense, dan past perfect tense.
A Short Story of A Fox And A Crow

cerita fable si ruba dan burung gagak

Gambar cerita fable si ruba dan burung gagak

A Fox once saw a Crow flied off with a piece of cheese in its beak and settle on a branch of a tree.

“That’s for me, as I am a Fox,” said Master fox, and he walked up to the foot of the tree.“Good day, Mistress Crow,” he cried. “How well you are looking today. How glossy your feathers.How bright your eye. I feel sure your voice must surpass that of other birds, just as your figure does; let me hear but one song from you that I may greet you as the Queen of Birds.”

The Crow lifted up her head and began to caw her best, but the moment she opened her mouth the piece of cheese fell to the ground, only to be snappedup by Master Fox. “That will do,” said he. “That was all I wanted.

In exchange for your cheese I will give you a piece of advice for the future: “Do not trust flatterers.”
Terjemahan Bahasa Indonesia dari Story of Fox and Crow
Seekor rubah sekali waktu melihat seekor lburung gagak terbang dengansepotong keju di paruhnya. Burung gagak itu kemudian hinggap di cabang sebuah pohon.

“Keju itu untukku karena aku adalah sang rubah,” kata Tuan ruba. Ia berjalan mendekati pohon tersebut.”Selamat siang burung gagak,” Ruba itu menyapa. “Betapa cantiknya kamu hari ini. Betapa mengkilanyap bulu kamu. Betapa terangnya mata kamu. Aku yakin suara kamu pasti juga lebih indah dari suara burung lainnya, seperti halnya penampilan kamu hari ini. Izinkan aku mendengar satu lagu saja darimu sehingga aku bisa menyebutmu sebagi ratu dari semua burung yang ada”

Burung gagak itu mengangkat kepalanya dan mulai menunjukkan suara terbaiknya. Saat ia membuka mulutnya, sepotong kejunyapun terjatuh ke tanah, ruba pun segerah meraih keju tersebut. “Berhasil,” katanya. “Itulah yang aku inginkan.

Sebagi imbalan dari keju ini aku akan meberimu nasihat supaya berguna di waktu yang akan datang: “Jangan percaya pada pembual.”

Analisa Generic Structure Cerita Rubah dan Burung Gagak
Tak bisa dipungkiri bahwa cerita burung gagak yang polos dan si rubah yang bisa bemanis lidah memang sangat menarik. Namun hal itu masih belum cukup baik dalam memahami pelajaran teks narrative bahasa Inggris alau tidak diketahui generic structurenya.

Pentingnya menanalaisa generic structure itu sama halanya denganpentingnya mengetahui mana teks narative dan mana yang bukan. Semua contoh teks narartive baik itu fable, legens, fairy tale, folktale, dan cerita lainnya akan tersusun sebagaimana berikut
1. Paragrf orientation: Ini adalah paragraf pengantar. Siapa saja yang terlibat dalam cerita tersebut. Dimana terjadniaya dan kapan waktunya. Dalam cerit diatas jelas sekali di paragraf pertama bisa kita temui informasi participants, place and time setting
2. Complication: Ini adalah core dari teks cerita narative. Tanpa adanya complication ini, cerita tersebut tidak boleh disebut narative text. Complication adalah pertentangan antar para pelaku cerita. Dalam bahasa kesusatraan, complication biasanya bermula dari salah satu sebab, yaitu natural conflict, social conflict, dan pshychological conflict. Dari contoh diatas, sangat jelas baha social conflict antara sirubah dan burung gagak dimunculkan ketika si rubah ingin menguasai keju milik si burung gagak
3. Resolution: Ini adalah cara penulis cerita mengakhiri pertentangan antara para tokoh cerita. Dalam cerita diatas, si burung gagak gagak mempertahankan harta kekayaaanya dan si rubah berhasil mendapatakan kekayaan berupa keju tersebut

Kandungan Pelajaran Nilai Moral dalam Cerita Ruba dan Burung Gagak
Fase terakhir belajar teks narrative adalah moral value yang didapat. Setelah membaca cerita fable singkat diatas apa pelajaran yang bisa keita petik? Inilah tugas utama yang diemban oleh cerita narrative text. Cerita itu harus mampu menyampaikan sebuah pesan moral. Dari membaca cerita diatas, pesan moral yang bisa kita ambila adalah:
1. Jangan mudah percaya terhadap pujian yang berebihan
2. Kewaspadaan itu sangat penting, jangan lengah
3. Hindari sebisa mungkin kalau tanda-tanda ancaman itu sudah muncul
4. Berfikirlah secara logis jangan mudah tertipu
5. Sesama teman harus bertabiat baik namun mengamankan properti yang kita punya adalah lebih utama
6. Tambahkan sendiri ya daftar nilai moral yang terkandung dalam cerita ini

Cukup sudah pelajaran tek narative kita kali ini. Meski begitu kalau dirasa masih kurang, bisa membaca kumpulan certia lainnya dibawah ini!

Demikian contoh narrative text singkat dan pendek namun lengkap mencakup semua unsur pendukung pelajaran teks naratif dalam bahasa Inggris. Ingat sekali lagi membaca dan memahami itu butuh proses yang panjang. Jadi keep learning English.