Direct Indirect Speech – Merubah Kalimat langsung Menjadi Tidak Langsung

Kursus Inggris – Inilah cara merubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung dalam bahasa Inggris. Perubahan direct speech menjadi indirect speech adalah salah satu pelajaran grammar structure yang cukup sulit namun cukup sering digunakan dalam berbagai macam jenis teks.

Kalimat tidak langsung (indirect speech) sering sekali digunakan dalam contoh narrative text. Lupa? Apa dan bagaimana teks cerita ini?, Baca kembali pengertian narrative text dulu sebelum melanjutkan tata cara merubah kalimat langsung menjadi tidak langsung.

Kenapa pelajaran bahasa Inggris tentang cara merubah direct sentence menjadi indirect sentence itu dianggap sulit? Kalimat langsung atau indirect speech atau juga sering disebut reported speech dalam bahasa Inggris melibatkan 4 macam hal dalam perubahannya dari kalimat langsung (direct speech). Dibwah ini disajikan tata caranya.

Rumusan dan Tatacara Merubah Direct Speech Menjadi Indirect Speech

Diatas telah disinggung bahwa jika ingin merubah kalimat tidak langsung perlu memperhatikan 4 hal penting yaitu:

1. Perubahan Adverb (kata keterangn waktu dan tempat)
Biar lebih gampang, berikut disajikan gambar yang paling tepat untuk menunjukkan cara merubah adverb dalam kalimat langusng menjadi tidak langsung. Perhatikan gambar dibawah ini!

perubahan adverb pada reported speech
Rumusan perubahan kata keterangan waktu dan tempat (adverb) dari kalimat langsung (direct speech) menjadi kalimat tidak langsung (indirect speech

 Jadi jika kita ingin merubah kalimat langsung yang mengandung kata today harus dirubah menjadi kata that day, contoh:
Father said; “we go to surabaya today” = Father said that we went to Surabaya that day.
2. Perubahan Pronoun (kata ganti orang)
Disamping memikirkan perubahan kata keterangan seperti pada nomor 1, kita yang lagi belajar bahasa Inggris juga perlu merubah kata ganti orang (pronoun) yang ada dalam kalimat tersebut. Perubahan pronoun dalam direct speech menjadi indirect speech dijelaskan sperti pada gambar berikut!

parubahan pronoun kata ganti dalam indirect sentence
4 macam aturan diatas bisa dijadikan pedoman ketika inin merubah kalimat langsung menjadi tidak langsung yang mengandung kata ganti (pronoun)

Jadi perlu diingat kalimat langsung itu memakai model penceritaan dari orang yang asli berbicara diceritakan kembali oleh orang lainnya. Karenanya perlu penyesuaian-penyesuaian dalam hal sebutan kata ganti orang (pronoun). Perhatikan contoh berikut!
The policemen said to me; “You must wear your helmet” = The policeman said that I have to wear my helmet
3. Perubahan Tenses
Inilah perubahan yang paling menyita banyak waktu kita ketika inin merubah kalimat dari direct speech menjadi indirect speech. Tenses itu sekita 16 macam. Semuanya perlu disesuaikan ketika digunakan dalam kalimat langsung yang dirubah menjadi kalimat tidak langsung. Perhatikan gambar perubahan tenses berikut

perubahan tenses dari kalmat langsung menjadi kalimat tidak langsung
Rumus cara merubah tenses yang digunakan dalam kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung bahasa Inggris

Inti dari perubahan tenses pada gambar diatas adalah:
a. Jika tenses yang digunakan adalah present maka dalam kalimat tidak langsung (reported speech) harus dirubah menjadi past.
b. Jika tenses yang digunakan pada direct speech sudah past maka harus dirubah menjadi past perfect jika ingin dibuat kalita tidak langsung