Direct Indirect Speech – Merubah Kalimat langsung Menjadi Tidak Langsung

Kursus Inggris – Inilah cara merubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung dalam bahasa Inggris. Perubahan direct speech menjadi indirect speech adalah salah satu pelajaran grammar structure yang cukup sulit namun cukup sering digunakan dalam berbagai macam jenis teks.

Kalimat tidak langsung (indirect speech) sering sekali digunakan dalam contoh narrative text. Lupa? Apa dan bagaimana teks cerita ini?, Baca kembali pengertian narrative text dulu sebelum melanjutkan tata cara merubah kalimat langsung menjadi tidak langsung.

Kenapa pelajaran bahasa Inggris tentang cara merubah direct sentence menjadi indirect sentence itu dianggap sulit? Kalimat langsung atau indirect speech atau juga sering disebut reported speech dalam bahasa Inggris melibatkan 4 macam hal dalam perubahannya dari kalimat langsung (direct speech). Dibwah ini disajikan tata caranya.

Rumusan dan Tatacara Merubah Direct Speech Menjadi Indirect Speech

Diatas telah disinggung bahwa jika ingin merubah kalimat tidak langsung perlu memperhatikan 4 hal penting yaitu:

1. Perubahan Adverb (kata keterangn waktu dan tempat)
Biar lebih gampang, berikut disajikan gambar yang paling tepat untuk menunjukkan cara merubah adverb dalam kalimat langusng menjadi tidak langsung. Perhatikan gambar dibawah ini!

perubahan adverb pada reported speech
Rumusan perubahan kata keterangan waktu dan tempat (adverb) dari kalimat langsung (direct speech) menjadi kalimat tidak langsung (indirect speech

 Jadi jika kita ingin merubah kalimat langsung yang mengandung kata today harus dirubah menjadi kata that day, contoh:
Father said; “we go to surabaya today” = Father said that we went to Surabaya that day.
2. Perubahan Pronoun (kata ganti orang)
Disamping memikirkan perubahan kata keterangan seperti pada nomor 1, kita yang lagi belajar bahasa Inggris juga perlu merubah kata ganti orang (pronoun) yang ada dalam kalimat tersebut. Perubahan pronoun dalam direct speech menjadi indirect speech dijelaskan sperti pada gambar berikut!

parubahan pronoun kata ganti dalam indirect sentence
4 macam aturan diatas bisa dijadikan pedoman ketika inin merubah kalimat langsung menjadi tidak langsung yang mengandung kata ganti (pronoun)

Jadi perlu diingat kalimat langsung itu memakai model penceritaan dari orang yang asli berbicara diceritakan kembali oleh orang lainnya. Karenanya perlu penyesuaian-penyesuaian dalam hal sebutan kata ganti orang (pronoun). Perhatikan contoh berikut!
The policemen said to me; “You must wear your helmet” = The policeman said that I have to wear my helmet
3. Perubahan Tenses
Inilah perubahan yang paling menyita banyak waktu kita ketika inin merubah kalimat dari direct speech menjadi indirect speech. Tenses itu sekita 16 macam. Semuanya perlu disesuaikan ketika digunakan dalam kalimat langsung yang dirubah menjadi kalimat tidak langsung. Perhatikan gambar perubahan tenses berikut

perubahan tenses dari kalmat langsung menjadi kalimat tidak langsung
Rumus cara merubah tenses yang digunakan dalam kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung bahasa Inggris

Inti dari perubahan tenses pada gambar diatas adalah:
a. Jika tenses yang digunakan adalah present maka dalam kalimat tidak langsung (reported speech) harus dirubah menjadi past.
b. Jika tenses yang digunakan pada direct speech sudah past maka harus dirubah menjadi past perfect jika ingin dibuat kalita tidak langsung

4. Perubahan Modal (kata bantu)
Kita tahu bahawa kaliamt bahasa Inggris sering tidak hanya menggunakan main verb sebagai prediketnya. Dalam banyak hal dan situasi, menulis bahasa Inggris (writing English) dan berbicara dalam bahasa Inggris (speaking English) sering menggunakan kata kerja bantu atau modal agar mendukung pemaknahan yang diinginkan oleh writer atau speaker.

Ketika moda itu digunakan dalam kaliamat dan kalimat itu harus dirubah menjadi reported speech, maka kita juga perlu menyesuaikan modalnya juga. Perhatikan gambar dibawah ini!

perubahan modal dalam direct speech menjadi indirect speech
Rumus cara merubah modal dalam kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung

Cukup mudah diingat bahwa secara umum modal hanya perlu dirubah menjadi bentuk lampau alias past, misalnya kata can perlu dirubah menjadi could. Kata ought to tidak perlu dirubah karena sudah diangap lampau.

Itulah 4 hal yang harus sangat diperhatikan perubahannya jika kita belajar kalimat langsung (direct speech) menjadi kalimat tidak langsung (indirect speech) atau (reported speech). Sudah selesai? Belom. Masih ada hal yang harus diperhatikan.

Perubahan Kalimat Langsung Menjadi Tidak Langsung Berdasarkan Jenis Kalimatnya

Disamping perubahan adverb, pronoun, tenses, dan modal masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kita tahu kalimat bahasa Inggris itu ada bebrapa macam, yaitu afirmative, interogative, question, imperative dan prohibition. Ke 5 jenis kalimat dalam bahasa Inggris tersebut juga mempunayi perbedaan saat dirubah menjadi reported speech.

1. Kalimat afirmative adalah kalimat pernyataan, yaitu kalimat yang memberitakan suatu hal. Kalimat ini bersifat psoitif dan negatif. Jika dirubah menjadi reported speech kita perlu menambah kata that, contohnya:
Direct speech: Budi said; “We buy some English books”
Iniderect peech: Budi said that they bough some book

2. Kalimat interogative adalah kalimat tanya yang hanya perlu dijawab dengan yes atau no. Jenis kalita ini jika dirubah menjadi kaliat tidak langsung perlu ditambah kata if atau whether. Kapan harus menggunakn if dan whether?  Penambahan kata if atau whether ini benar benar pilihan sesukanya. Perhatikan contoh berikut!
Direct speech: Tina asked; “Do they do their English homework?
Indirect speech: Tina asked if they did thier their English homework

 3. Kalimat question yang dimaksud adalah semua kalimat yang menggunakan salah satu kata tanya sperti what, who, where, when, why dan how. Cara merubahnya tidak perlu menambahkan kata lainnya cukup mereposisi atau menghilangkan kata bantunya. Perhatikan contah berikut!
Direct speech: The man asked; “What is your name?”
Indirect speech: The man asked what my name was.
Direct speech: The girls asked; ” What can you give to me?”
Indirect speech: The girl asked what I could give to her.

4. Kalimat imperative adalah kalimat perintah Jenis kalimat ini adalah yang paling mudah kalau dirubah menjadi reported speech. Kita hanya perlu menambah kata to, contoh:
Indirect speech: A Policeman instructed; Turn left!
Indirect speech: A policeman instructed to turn left
5. Kalimat prohibition adalah kalimat larangan atau sering disebut negative imperative sentences. Ketika dirubah menjadi kamat langsung, kita hanya perlu menambah kata not to. Perhatikan contoh berikut!
Mother said; ‘Don’t go home too late!
Mther said not to go home too late

Cukup banyak memang yang harus dierhatikan ketika kita ingin merubah kalimat langsung (direct speech) menjadi kalimat tidak langsung (indirect speech). Ruwet? Ya ruwet bin rumit memang meski begitu ada cara tercepat, termudah, gak perlu mikir banyak ketika ingin tahu cara merubah palimat direct menajdi indirect

Cara Termudah dan Tercepat Merubah kalimat Direct Speech Mnejadi Indirect Speech Tanpa Mikir

Jika tidak mau repot memikirkan segalah hal aturan dan tata cara dalam merubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung seperti diatas, maka cara dibawah ini adalah solusinya.

Apa solusiny itu? Gunakan Indirect converter. Kemajuan layanan Internet dan bahasa pemrograman memang sangat membatu memudahkan cara belajar bahasa Inggris dengan udah dan cepat. Perhatikan screen shot berikut!

tool perubah kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung
Tampilan layanan Online bagi yang ingin merubah kaliamt langsung menajdi kalimat tidak langsung dalam bahasa Inggris

Itulah software online  yang disediakanuntuk para pelajar yang sedang belajar grammar bahasa Inggris khususnya kalimat langsug dan tidak langsung. benar benar mudah, gak usah mikit perubahan tenses, adver, pronoun dan segalahnya. Yang perlu dilakukan hanya menuliskan siapa yang berbicara, berbicara kepada siapa, dan apa permbicaraannya. Setelah itu tekan convert, dan jreng.. jadilah kalimat langsung atau reported speech secara otomatis. Benar-benar mudah gampang gak usah mikir dan otomatis plus gratis. Ingin mencoba? Klik DISINI

Itulah urain panjang tentang cara merubah kalimat langsung (direct speech) menjadi tidak langsung (indirect/reported speech) dalam bahasa Inggris. Menggunkan layanan online dalam belajar bahasa Inggris seperti Reported Speech Converter diatas saat ini semakin gampang ditemukan. Kemajuan internet dan software tertentu semakin membantu cara kita supaya cepat dalam belajar bahasa Inggris. Sekian semoga bermanfaat.
Sumber bacaan belajar bahasa Inggris dan Screenshot diambil dari:
http://write-site.athabascau.ca/esl/direct_indirect.php
http://www.studyandexam.com/time-pronoun-change-in-indirect-speech.html

Related search post:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *