5 Contoh Recount Text Singkat Bahasa Inggris dan Arti Komplit Berbagai Topik

Recount text adalah jenis teks yang menceritakan tentang kejadian, peristiwa, atau situasi tertentu di waktu lampau. Inilah  5 contoh recount text sangat singkat dan tentu saja komplit. Komplit itu mewakili semua jenis teks recount dalam bahasa Inggris terdiri dari semua topiknya tentan pengalaman, liburan, biografi dan juga peristiwa sejarah. Pertanyaan yang sering meuncul adalah bagaimana cara mengetahui suatu bacaan itu sebuah teks recount atau bukan.

Cara menjawabnya pun sangat bervariasi, namun yang paling gampang adalah dengan melihat pola susunan dan pengaturan paragraf dari wal sampai akhir. JIka memenuhi unsurnya dalam generic structure, maka bisa dinyatakan seagai recount. Kalau tidak ada, mungkin itu jenis teks naratif atau spoof.

Ke 5 conth teks recount bahasa Inggris disertai artinya berikut adalah:
1. Contoh recount text tentang pengalaman pribadi (personal experience)
2. Contoh recount text tentang pengalaman buruk (bad experience)
3. Contoh recount text tentang liburan terindah (nicest holiday)
4. Contoh recount text tentang biografi pendek (short biography)
5. Contoh recount text tentang peristiwa sejarah (historical event)

Tidak usah berpanjang lebar, langsung saja kita lihat 5 contoh recount text singkat-singkat berikut. Kalau masih ada yang bingung membaca dengan bahasa Inggris, bisa mecoba artinya.

1. Personal Experience
My Friday Night
During my third year of college I became acutely aware of the Womens Rights Issue.
I made an attempt to re-examine many of the cultural norms that I had previously accepted as just being “the natural order of things.”  One of the paths I took to expand my awareness of the female psyche involved women’s literature.
That is why I spent one weekend of my life in bed–crying, laughing, feeling sometimes confused, and often, incredibly angry and distraught.
On that rainy Friday night I had decided to read “The Women’s Room.”
Source: http://www2.humboldt.edu/english/sample-personal-experience-essays

Contoh pertama adalah tentang pengalaman pribadi, berikut adalah terjemahannya

Jumat Malam
Setelah kuliah selama 3 tahun, saya mulai tertarik dengan isu-isu hak asasi wanita.
Saya mencoba memikirkan kembali banyak norma-norma budaya yang sebelumnya sudah diterima sebagai “tatanan alamiah” Salah satu hal  yang saya ambil untuk memperluas kesadaran tentang hal ikwal masalah jiwa perempuan adalah sastra.
Itulah mengapa saya menghabiskan satu minggu untuk  tidur, menangis, tertawa, merasa bingung, dan juga sangat marah dan putus asa.
Pada Jumat itu saat hujan mengguyur saya memutuskan untuk membaca  buku “The Women’s Room”
.

2.  Bad Experience
Bad Shopping Experience
I had a bad experience when I did shopping because of the shop assistant’s fault. However, the security officer of the shop really embarrassed me of stealing a pair of blue jeans.
That was on Sunday afternoon. I went to a fashion shop with my friends. I chose a pair of blue jeans to buy and paid for them at the cashier. Unfortunately, the shop assistant was careless. She forgot to take the censor clip on the blue jeans. So, when I left the shop, the detector beeped. The security officer shouted at me, “Hey, you…! Stop!!”  Then, he took me to the manager’s room.
After examining, the security officer and the manager realized that it was not my fault. They said they were very sorry about what had happened. Finally, the manager asked me to take one piece of clothing for free.

Bacaan diatas adalah tentang pengalaman buruk ketika belanja  baju, berikut arti dari teks Inggrisnya:

struktur teks recount bahasa inggris
Gambar struktur teks recount belajar bahasa Inggris

Pengalaman berbelanja yang buruk
Ketika belanja, aku punya pengalaman buruk yang disebabkan oleh kesalahan penjaga tokonya. Meski begitu, petugas keamanan toko benar-benar memalukan aku dengan menuduh telah mencuri sepasang celana jins.
Saat itu adalah hari Minggu sore. Aku pergi ke sebuah toko fashion dengan teman-teman. Aku memilih sepasang celana jins warna biru dan membayarnya di kasir. Sayangnya, penjaga toko itu ceroboh. Dia lupa untuk mengambil sensorcelana jins itu. Tentu saja, ketika aku mau meninggalkan toko, detektor berbunyi. Petugas keamanan berteriak padaku, “Hei, kamu…! Berhenti!!” Kemudian, dia membawa aku ke ruang manajer toko.
Setelah memeriksa, petugas keamanan dan manajer menyadari bahwa itu bukan salahku. Mereka menyatakan sangat menyesal tentang apa yang terjadi. Akhirnya, manajer itu memberi aku sepotong baju gratis.
.

3. Nicest Holiday
Fantastic School Holiday
On my fantastic school holidays I had  alot of things to do.
First I went to my friend’s house for a sleep over because my mum and dad went out. I also went to the cinema with my brother to see despicable me 2. It was a very funny movie.
The next morning I went to my grandparent’s house with my dad and my brother. My mother did not join us because she had to to do with her job activities.
On the second Monday I went to the cinemas again  to see Monsters University. It was really funny movie. My favourite character was mike wazelski. I went to see that movie with my mum and my brother.
When it came to Wednesday, Angelina came for a play and we had a picnic at the park but after a while Angie had to go home earlier.
Adpted from: http://blps40.global2.vic.edu.au/2013/07/17/school-holiday-recount/

Diatas adalah bacaan teks bahasa Inggris tentang liburan sekolah yang luar biasa. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang topik liburan untuk contoh recount text bisa baca DISINI dan DISINI. Sementara yang masih belum paham dengan arti bacaan bahasa Inggris ditas, disampaikan pula terjemahannya sebagai berikut:

Liburan sekolah yang fantastik
Saat  liburan sekolah yang lalu, ada banyak hal luar biasa yang telah aku lakukan.
Pertama karena ibu dan ayakh pergi, aku pergi tidur ke rumah teman i. Aku juga pergi kebioskop dengan kakakku  untuk melihat film “despicable me 2”.  Itu adalah film yang sangat lucu.
Keesokan paginya aku pergi ke rumah kakek-nenek bersama ayah dan kakak.  Ibu tidak ikut karena ibu harus mengerjakan bebrapa hal berkaitan dengan pekerjaannyanya.
Pada hari Senin berikutnya, aku pergi ke bioskop untuk melihat film “Monster University”. Itu benar-benar film yang lucu. Pemeran favoritku adalah Mike Wazelski. Aku pergi kesana dengan ibu dan adikku.
Ketika tiba hari Rabu, Angelina datang untuk bermain dan kami pun pergi piknik  ke taman tapi beberapa saat kemudian Angie harus pulang lebih awal.
.

4. Short Biography
Soekarno, The Greatest Leader of Indonesia
Indonesian world leader Sukarno was born on June 6, 1901, in Surabaja, Java, Dutch East Indies. Like many Javanese people, he went by one name.
In 1927, he became the leader of the Indonesian Independence Movement Party and fought for the country’s independence from the Netherlands.
In 1945, Sukarno became the first president of the new Republic of Indonesia, a position he held for almost 21 years. Sukarno died on June 21, 1970.
Sukarno is best known as the first president of the Republic of Indonesia.
Source: http://www.biography.com/people/sukarno-41079#synopsis

Disamping pengalaman pribadi baik berupa acara liburan, pengalam buruk sendiri, atau pengalam yang luar biasa, teks recount untuk belajar bahasa Inggris juga bisa dengan topik biografi seseorang. Berikut adalah arti dari bacaan diatas. 

Soekarno, pemimpin terbesar Indonesia
Pemimpin Indonesia kelas dunia Sukarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901, di Surabaja, Jawa, Hindia Belanda. Seperti banyak orang Jawa lainnya, i menggunakan nama dengan 1 kata.
Pada tahun 1927, ia menjadi ketua Partai gerakan kemerdekaan Indonesia dan berjuang untuk kemerdekaan negara dari Belanda.
Pada tahun 1945, Sukarno menjadi Presiden pertama Republik Indonesia yang baru, posisi yang dipegangnya selama hampir 21 tahun. Sukarno meninggal pada 21 Juni 1970.
Sukarno dikenal sebagai Presiden pertama Republik Indonesia.
.

5. Historical Event
The Battle on Nopember 10, 1945
The Battle of Surabaya was fought between pro-independence Indonesian soldiers and militia against British and British Indian troops as a part of the Indonesian National Revolution.
On 27 October 1945, a British plane from Jakarta dropped leaflets over Surabaya urging all Indonesian troops and militia to surrender their weapons. The leaders of the Indonesian troops and militia were angered, seeing it as a breaking of the agreement reached with Mallaby earlier.
Brigadier A. W. S. Mallaby, the British brigade commander in Surabaya, was travelling about Surabaya to spread the news about the new agreement to his troops. Shortly after that, Mallaby was shot and killed. That made Lieutenant General Sir Philip Christison was angered .
At dawn on 10 November, British troops began a methodical advance through the city under the cover of naval and air bombardment. Fighting was heavy, with British troops clearing buildings room by room.
The battle was the heaviest single battle of the revolution and became a national symbol of Indonesian resistance. Considered a heroic effort by Indonesians, the battle helped galvanise Indonesian and international support for Indonesian independence.
It was a day now commemorated in Indonesia as Heroes’ Day.
Source: https://en.wikipedia.org/wiki/Battle_of_Surabaya

Selanjutnya, untuk melengkapi bacaan teks recount dalam bahasa Iggris seperti diatas, topik berikutnya adalah sebuah fakta kejadian sejarah. Berikut ini adalah arti dari bacaan bahasa Inggris diatas:

Pertempuran 10 Nopember 1945
Pertempuran Surabaya adalah bagian dari Revolusi Nasional Indonesia antara  pasukan pro-kemerdekaan Indonesia dan pasukan Inggris.
Pada 27 Oktober 1945, pesawat entara Inggris dari Jakarta menurunkan selebaran di  Surabaya  yang berisi pernyataan yang mendesak semua tentara Indonesia dan milisi menyerah. Para pemimpin tentara Indonesia dan milisi menjadi sangat marah karena itu melanggar kesepakatan dicapai dengan Jendral Mallaby sebelumnya.
Brigadir Mallaby S. A. W., Komandan brigade Inggris di Surabaya, sedang berkeliling Surabaya untuk menyebarkan berita tentang perjanjian baru kepada pasukannya. Tak lama setelah itu, Mallaby ditembak dan terbunuh. Hal ini membuat Letnan Jenderal Sir Philip Christison sangat marah.
Pada dini hari, 10 November, pasukan Inggris mulai membmbardir kota dengan serangan angkatan laut dan udara. Pertempuranpun sangat berat. serdadu Inggris itu mnyisir tiap bangunan dan ruangan.
Pertempuran itu menjadi terberat saat revolusi dan menjadi simbol perlawanan Nasional Indonesia. Dianggap sangat heroic, pertempuran melahirkan konferensi Dukungan Indonesia dan internasional untuk kemerdekaan Indonesia.
Itu adalah hari yang kini diperingati sebagai hari pahlawan.

Komplit semua contoh recount text berupa pengalaman pribadi, atau juga pengalaman buruk suatu peristiwa, kadang juga berupa suatu liburan yang sangat menyenankan. Disamping itu, teks recount juga bisa berupa catatan singkat perjalan hidup toko-toko penting seperti presiden, ilmuan, dan pemimpin besar lainnya.

Semua teks jenis recount kalau diorganisir secara mendetail akan terdiri dari beberapa segmen paragaf. Tiap paragraf mewakili teman yang masing masin berbeda antar jeis teks yang satu dengan lainnya. Pengorganisiran ini kita sebut dengan generic structure. Berikut adalah detilnya:
1. Paragraf Orinetation yaitu suatu paragraf yang bertugas memberikan informasi awal tentang siapa, dimana dan kapan
2. Beberapa paragraf berupa Seies of Event yang berisi catatan peristiwa dari awal sampai akhir yang dialami oleh para pelaku cerita atau peristiwa itu
3. Paragraf penutup ata sering disebut Reorientation yang berisi statemen penutup kadang bisa berupa pesan, kesan, atau hanya sebuah kesimpulan. Paragraf terakhir ini sering juga dihilangkan karena sifatnya memang optional.

Cara mengidentifikasi mana contoh recount text dan mana yang bukan pun akhirnya terlihat sangat mudah. Tinggal menerapakan generic structure tersebut pada bacaan yang sedang dianalisa. Jika unsur-unsur tersebut ditemukan pada bacaan itu, maka bisa dipastikan, itu adalah teks recount. Jika tidak ada, berarti kita harus mencari dan memahami contoh dan bacaan bahasa Inggris lainnya. Butuh lebih banyak lagi berbagai contoh jenis text bahasa Inggris, bisa baca Get English Now. Terimah kasih.