Pengertian dan Contoh Memo dalam Bahasa Inggris

Memo adalah pesan ringkas, singkat, jelas, dan mudah untuk dipahami. Inilah 4 contoh memo bahasa Inggris yang benar-benar digunakan di masanya. Memo atau istilah panjangnya adalah memorandum dibagi menjadi 2 macam, yaitu memo resmi dan memo tidak resmi.

Berdasarkan pemakaiannya, memo resmi digunakan sebagai alat komunikasi dari seorang pimpinan kepada bawahannya. Memo pribadi (tidak resmi) dipakai sebagai nota atau surat pernyataan antar teman, saudara, atau orang lain yang memiliki hubungan yang akrab.

Fungsi dari memorandum adalah untk mengkomunikasikan hal hal yang penting seperti perubahan kebijakan, kenaikan harga atau perintah mengikuti suatu rapat, dan perubahan suatu prosedur dalam melakukan suatu hal.

Generic Structure Memo Bahasa Inggris
Setiap jenis teks disusun dengan elemen yang berbeda. Perbedaan elemen dalam penggunaan suatu teks ini dipengaruhi oelh tujuan dari masing masing teks. Begitu juga halnya dengan memorandum, agar mencapai tujuan, memorandum disusun dengan generic structure sebagai mana berikut
1. Addressee (Penerima pesan): Siapa dan dimana penerima pesan itu
2. Contain (Isi pesan): Inti dari pesan itu berkenaan dengan hal yang patut untuk segera diketahui dan dilakukan
3. Sender (pengirim pesan): Siap dan dimana penerima pesan memo tersebut

Contoh Memo Bahasa Inggris Berbagai Keperluan
Setelah memahami pengertian dan generic structure suatu memo dalam bahasa Inggris, berikut diberikan contoh memo yang pernah dipakai untuk keperluan tertentu di masanya. Memorandum ini benar benar digunakan untuk keperluannya, bukan ditulis hanya untuk belajar jenis teks funsional bahasa Inggris.

 

memo 5 flickr
Contoh memo untuk undangan keluarga, @ flickr

Contoh pertama adaah suatu memo untuk undangan keluaraga Chester Bowen untuk ambil bagian dalam suatu acara pada bulan Juni tahun 1994 yang lalu.