7 Contoh Explanation Text HOW dan WHY Bahasa Ingris beserta Artinya

Masih ingat teks procedure? Sebenarnya itu adalah bentuk essay penjelasan tatapi dalam bentuk kalimat perintah. Sekarang kita belajar  7 contoh explanation text lengkap dengan artinya dalam berbagai topic yang bisa mewakili HOW dan WHY.

Semua contoh explanation text dalam bahasa Inggris tersusun dari beberapa paragraf yang terbagi menjadi 2 tugas penting, yaitu:
1. Paragraf general Statement, yaitu pengenalan suatu peristiwa yang akan kita ceritakan. Atau penjelasan umum tentang peristiwa tersebut.
2. Paragraf sequenced explanation, yaitu penjelasan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Dalam bagian ini penulis dapat menulis lebih dari satu paragrap.
3.Paragraf tambahan yaitu Closing atau Conclusion, ini adalah penutup atau kesimpulan dari rankaian pejelasan diatasny. Paragraf terakhir ini sifatanya optional. Kadang kita temukan, kadang tidak ada dalam jenis teks explanation

Biar tidak bingung kita baca saja beberapa contoh explanation text pendek dalam bahasa Inggris berikut. Ke 7 contoh ini sudah mewakili 2 topik utama yaitu  teks explanation how dan teks explanation why tentang suatu jal yang terjadi.

1. Full Moon
A full moon is the lunar phase that occurs when the Moon is completely illuminated as seen from the Earth. This occurs when the moon is in opposition to the Sun (when it is on the opposite side of the Earth from the Sun; more precisely, when the ecliptic longitudes of the Sun and Moon differ by 180 degrees).[1] This means that the hemisphere of the Moon that is facing the Earth (the near side) is almost fully illuminated by the Sun and appears round (while the far side is almost completely unilluminated).
Lunar eclipses can occur only at full moon, where the Moon’s orbit allows it to pass through the Earth’s shadow. Lunar eclipses do not occur every month because the Moon usually passes above or below the Earth’s shadow (which is mostly restricted to the ecliptic plane). Lunar eclipses can occur only when the full moon occurs near the two nodes of the orbit, either the ascending or descending node. This causes eclipses to only occur about every 6 months, and often 2 weeks before or after a solar eclipse at new moon at the opposite node.
The time interval between similar lunar phases—the synodic month—averages about 29.53 days. Therefore, in those lunar calendars in which each month begins on the new moon, the full moon falls on either the 14th or 15th of the lunar month. Because calendar months have a whole number of days, lunar months may be either 29 or 30 days long.
Source: https://en.wikipedia.org/wiki/Full_moon

Artinya: Bulan Purnama
Purnama adalah fasa lunar yang terjadi ketika bulan benar-benar diterangi seperti yang terlihat dari bumi. Hal ini terjadi ketika bulan berada bertentangan matahari (kalau sudah di seberang bumi dari matahari; lebih tepatnya, Kapan ekliptika garis bujur matahari dan bulan berbeda dengan 180 derajat). [1] ini berarti bahwa belahan bulan yang dihadapi bumi (sisi dekat) hampir sepenuhnya diterangi oleh matahari dan muncul bulat (sementara sisi jauh hampir sepenuhnya unilluminated).
Gerhana bulan dapat terjadi hanya pada bulan penuh, mana bulan ‘s orbit memungkinkan untuk melewati bayangan bumi. Gerhana bulan terjadi setiap bulan karena bulan biasanya melewati di atas atau di bawah bayang-bayang bumi (yang sebagian besar dibatasi untuk pesawat ekliptika). Gerhana bulan dapat terjadi hanya ketika bulan purnama terjadi di dua node orbit, naik atau turun node. Hal ini menyebabkan gerhana hanya terjadi tentang setiap 6 bulan, dan sering 2 minggu sebelum atau sesudah gerhana matahari pada bulan baru di node yang berlawanan.
Interval waktu antara fase lunar serupa-bulan synodic-rata-rata sekitar 29.53 hari. Oleh karena itu, dalam kalender lunar-di mana setiap bulan bermula pada bulan baru, bulan penuh jatuh pada 14 atau 15 bulan lunar. Karena bulan kalender memiliki sejumlah seluruh hari, bulan lunar mungkin baik 29 atau 30 hari panjang.