Kumpulan Contoh Conditional Sentence Type 1, 2 dan 3 dalam Bahasa Inggris

English Admin – Ada 3 type kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris. Inilah contoh conditional sentence type 1, 2, dan 3 komplit dengan rumus dan artinya. Ketiga type kalimat pengandaian tersebut memiliki pemakaian yang berbeda. Untuk itu melanjutkan belajar grammar bahasa Inggris kali ini, kita memberikan kumpulan contoh kalimat conditional sentence bahasa Inggris. Sudah tahukan bagaimana cara membuatnya? Conditional sentences adalah kalimat pengandaian. Kita sering berfikir atau mengangan-angankan sesuatu, seandainya, seumpama, andai saja, dll

Bagimana pemakaian ketiga kalimat IF ini? Secara singkat conditional sentence type 1 digunakan untuk mengungkapkan suatu rencana. Conditional sentence type 2 dipakai untuk menyatakan suatu pengandaian akankebaliakan dari kenyataan yang ada saat berbicara. Yang terakhir conditional sentence type 3 digunakan untuk menyatakn suatu penyesalan.

Cara membuat kalimat pengandaian seperti itu juga gampang alias mudah. Kata mudah atau gampang itulah hal pertama yang harus kita tanamkan dalam kepala kita biar proses belajar kita tidak terbebani.

Contoh Conditional Sentence Type I

contoh conditional sentence type 1
Penggunaan kalimat conditional sentence type 1 dalam sebuah frase ilmiah bahasa Inggris

Kalimat pengandaian bahasa Inggris type 1 ini paling sering dipakai untuk menyatakan suatu rencana yang akan dilakukan di waktu yang akan datang. Rumusnya adalah:

If + Simple Present Tense, Simple Present tense / Present Future Tense

Dari rumus conditional sentence type 1 diatas, kita bisa mengidentifikasi contoh-contoh kalimatnya sebagai berikut:
If you heat water, it boils. = Jika Anda merebus air, air itu akan mendidih.
If you put salt and vinegar on chips, they taste nicer. = Jika Anda menempatkan garam dan cuka keripik, rasanya akan lebih enak.
If you need assistance, press here. = Jika Anda memerlukan bantuan, tekan di sini.
If you don’t come on time, you miss such a lot. = Jika Anda tidak datang tepat waktu, Anda kehilangan begitu banyak hal.
If you feel tired, it’s a good idea to go to bed. = Jika Anda merasa lelah, sebaiknya pergi tidur.
If it rains, it’s good for the garden. = Jika turun hujan, akan jadi baik untuk tanaman.
If I eat too many sweets, I put on weight. = Jika saya makan permen terlalu banyak, sama dengan saya akan menambah berat badan.
If I get up too early, I feel tired all day. = Jika say bangun terlalu pagi, saya merasa akan merasa lelah sepanjang hari.
If I have toothache, I go to the dentist’s. = Jika saya mengalami sakit gigi, saya akan pergi ke dokter gigi.