Terbaru 5 Contoh Report Text tentang Perayaan Hari Besar

English Admin – Inilah 5 contoh report text tentang perayaan hari-hari besar  ( holidays celebration) yang biasa dirayakan orang di Indonesia dan juga diseluruh dunia. Ulasan pendek tentang hari-hari besar (holidays) dijadikan sebagai contoh teks report  ini memang terasa unik alias tidak biasa.

Seperti disebutkan dalam artikel pengertian teks report bahasa Inggris, umumnya topik jenis teks ini adalah hewan, tanaman, bunga, profesi, dan fenomena alam yang kerap terjadi dibelahan bumi manapun. Karena sifatanya yang umum dan biasa terjadi itulah, maka tulisan laporan seperti ini bisa dimasukkan sebagai report text bahasa Inggris.

Untuk memeprkaya wawasan kita tentang tulisan yang mempunyai sifat ilmiah ini, kita tambahkan lagi kumpulan contoh report text tentang hari-hari besar ini sebagai pelengkap 7 contoh report text sebelumnya yang sudah banyak diberikan didalam blog ini.

Untuk memepercepat pemahaman, dalam contoh ini juga disertakan terjemahan dari teks bahasa Inggris nya. Namun jika dirasa translation nya dirasa kurang baik, para pembaca bisa membantu memberikan perbaikan biar tidak terkesan kaku seperti Online translation tool yang banyak kita jumpai di Internet. Inilah 5 contoh report text bahasa Inggris tentang hari hari besar (holidays) lengkap dengan artinya.

1. Chinese New Year in Indonesia – Report Text
A big number of Chinese immigrants in Indonesia brought tradition of Chinese New Year’s celebration to the country. When the government made Chinese New Year as national holiday at 2002, the celebration spread out throughout the country. Although every ethnic Chinese community has distinctive tradition, there are some commons in the celebrating Imlek, the Chinese lunar New Year.

The first common thing is the Imlek shopping hysteria. Almost every department stores and shops are offering things related to Imlek such as Chinese traditional clothing’s in red and gold colors, Imlek paraphernalia, and Imlek decorations. Specific foods related to Imlek such as tangerine and Chinese cake are found everywhere.

On the New Year eve, Indonesian Chinese families are gathered and made offering for Gods and family ancestors. On the day of New Year, many Indonesian Chinese people go to klenteng (Chinese temple) to pray and made offering. They also visit families and friends while bringing gifts. One very popular tradition is giving ang poa (enveloped filled with money) from married person to children and unmarried person.

Another popular tradition is Barongsai performance that commonly called to private homes or private parties. Barongsai performance is not merely enjoyed by Indonesian Chinese people but also enjoyed by everybody around, including Indonesian native.

Terjemahan Teks Bahasa Inggris: Chinese New Year in Indonesia (Hari Imlek di Indonesia)Sebagian besar para imigran Cina di Indonesia membawa tradisi perayaan tahun baru Cina ke negara ini. Ketika pemerintah menetapkan tahun baru Cina sebagai hari libur nasional di tahun 2002, perayaan hari besar imlek menjadi tersebar di seluruh negeri. Meskipun setiap etnis Tionghoa sendiri memiliki tradisi berbeda, tetapi dalam dalam merayakan hari imlek ini, semua memiliki kesamaan.

Persamaan pertama dalam merayakan hari imlek adalah antusiasme berbelanja. Hampir setiap department store dan toko-toko yang menawarkan hal-hal yang berkaitan dengan Imlek seperti Cina tradisional pakaian dalam warna merah dan emas, pernak-pernik Imlek dan dekorasi Imlek. Makanan tertentu yang terkait dengan Imlek seperti jeruk keprok dan kue Cina yang ditemukan di mana-mana.

Pada malam tahun baru, keluarga Cina Indonesia berkumpul dan membuat persembahan untuk dan masa leluhur keluarga. Pada hari tahun baru, banyak orang Cina Indonesia pergi ke klenteng (Kuil Cina) untuk berdoa dan membuat persembahan. Mereka juga mengunjungi keluarga dan teman-teman sambil membawa hadiah. Salah satu tradisi yang sangat populer adalah memberikan ang poa (ditutupi diisi dengan uang) dari orang yang sudah menikah untuk anak-anak dan orang yang belum menikah.

Tradisi populer lain adalah Barongsai kinerja yang biasa disebut rumah pribadi atau pesta pribadi. Barongsai kinerja tidak hanya dinikmati oleh orang-orang Cina Indonesia tetapi juga dinikmati oleh semua orang di sekitar, termasuk asli Indonesia.

2. New Year Eve in Indonesia – Report Text
Celebration of important day is interesting story to be written. Commonly, the story will tell about unique activities that occur during the celebration.

contoh report text tentang perayaan hari besar

The story could be in the form of news of celebration occurred on specific place at specific date of specific year or the story could be about common activities that most people do during the celebration every year. The example of the story is in the following.
Celebrating New Year Eve in Indonesia
New Year Eve is commonly celebrated by fireworks. In Indonesia, fireworks are also the important part of the celebration. However, people of Indonesia has unique tradition every New Year Eve. People commonly gathered to have barbeque party at someone house or at public area such as park.

The most common food for the barbeque is sweet corn. Therefore, every 31 December, we could find many people selling sweet corn at the market and on the streets. On that date, the price of the corn could be twice more expensive than the price of ordinary days.

People grill corns and other foods while waiting the countdown. They chat, share funny story, and laugh together. At the first second of the New Year, fireworks were started and paper-trumpets sounded all around. People will say “Selamat Tahun Baru” to each other.

Terjemahan Celebrating New Year Eve in Indonesia (Malam tahun baru di Indonesia)Malam tahun baru umumnya dirayakan oleh kembang api. Di Indonesia, kembang api juga bagian penting dari perayaan. Namun, orang-orang Indonesia memiliki tradisi yang unik setiap tahun baru Hawa. Orang sering berkumpul untuk pesta barbeque pada seseorang rumah atau di area publik seperti seperti taman.

Makanan yang paling umum untuk barbeque adalah jagung manis. Oleh karena itu, setiap Desember 31, kita bisa menemukan banyak orang menjual jagung manis di pasar dan di jalanan. Pada tanggal, harga gandum bisa menjadi dua kali lebih mahal daripada harga hari-hari biasa.

Orang panggangan jagung dan makanan lainnya sambil menunggu hitung mundur. Mereka chatting, berbagi cerita lucu, dan tertawa bersama. Pada detik pertama tahun baru, kembang api dimulai dan kertas-sangkakala terdengar di sekitar. Orang akan mengatakan “Selamat Tahun Baru” satu sama lain.

3. May Day in Indonesia – Report Text
Just like in any other countries, May Day or International Worker’s Day in Indonesia is associated as commemoration of the labor movement. 1 may was chosen because based on history the American Federation of Organized Trades and Labor Unions asked an 8-hour workday in 1884, which had to be effected as of 1 May 1886. It brought a general strike and riot in the 1886.

1 May is celebrated in most countries in the world, including Indonesia. In the country, thousands of labors will down to the street. They mobilized as many as they can labors from various companies and manufacturers. There are many labor organizations in Indonesia, and all of them will down to the street to celebrate the May Day.

However, the celebration is often used for demanding new salary rate. Many experts said that Indonesian labors are still too cheap because other countries in Asia have decided to raise the salary rate. Because of the celebration, most main streets in the country will be full of labors. The demonstration often resulting chaos, especially if the idea of labor did not obey by the government. The Indonesian government has decided to make the May Day as public holiday, where all companies, institutions and schools do not use the day for doing activities.

Terjemahan May Day in Indonesia (Hari Buru di Indonesia)
Sama seperti di negara lain, May Day atau hari internasional pekerja di Indonesia adalah dikaitkan sebagai peringatan gerakan buruh. 1 Mei dipilih karena berdasarkan sejarah Amerika Federasi dari terorganisir perdagangan dan buruh bertanya 8-jam hari kerja pada tahun 1884, yang harus dilakukan pada 1 Mei 1886. Itu membawa pemogokan umum dan kerusuhan pada tahun 1886.

1 Mei dirayakan di sebagian besar negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di negeri ini, ribuan buruh akan turun ke jalan. Mereka dikerahkan sebanyak yang mereka bisa buruh dari berbagai perusahaan dan produsen. Ada banyak organisasi buruh di Indonesia, dan mereka semua akan turun ke jalan untuk merayakan hari Mei.

Namun, perayaan ini sering digunakan untuk menuntut tingkat gaji baru. Banyak ahli mengatakan bahwa Indonesia buruh masih terlalu murah karena negara-negara lain di Asia telah memutuskan untuk meningkatkan tingkat gaji. Karena perayaan, jalan-jalan utama yang paling dalam negeri akan penuh dengan buruh. Demonstrasi sering kekacauan yang dihasilkan, terutama jika gagasan tenaga kerja tidak menaati oleh pemerintah. Pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk menjadikan hari Mei sebagai hari libur umum, di mana semua perusahaan, institusi dan sekolah tidak menggunakan hari untuk melakukan kegiatan.

4. Islamic New Year – Report Text
Islamic New Year or also known as Hijri New Year is the day that marks the start of a new Islamic calendar. The first day of the Islamic calendar is observed on the first day of Muharram. The first Islamic year starts in 622 AD when the Prophet Muhammad emigrated from Mecca to Medina. Moslem calls the event as Hijra.

Though some organizations are determining the new month by local sightings of the moon, most countries and Islamic institutions are following the astronomical calculations. There are many ways used by countries and institutions to calculate the Islamic calendar, which results different result. However, it does not a serious matter because Moslem understands that the view of moon in different country can be different.

In Indonesia, where most populations are Moslem, the Islamic New Year is celebrated in a festive. Many Moslems held rituals, such as walking around the palace in Jogjakarta. However, each province has different way, based on the culture it has. As a country where most people are Moslem, the Islamic New Year is appointed as holiday. However, since Indonesian Moslems are modern people, there is lack of consciousness among them. Many Moslem in Indonesia prefer using the Roman calendar as basis.

Terjemahan Islamic New Year (Hari Ibu di Indonesia)
Tahun baru Islam atau juga dikenal sebagai tahun baru Hijriyah adalah hari yang menandai awal Kalender Islam baru. Hari pertama dari kalender Islam diamati pada hari pertama bulan Muharram. Islam tahun pertama dimulai pada tahun 622 ketika Nabi Muhammad beremigrasi dari Mekkah ke Madinah. Muslim panggilan acara sebagai Hijra.

Meskipun beberapa organisasi yang menentukan bulan baru dengan penampakan lokal bulan, sebagian besar negara dan lembaga-lembaga Islam mengikuti perhitungan astronomi. Ada banyak cara yang digunakan oleh negara dan lembaga untuk menghitung kalendar Islam, yang akan menghasilkan hasil yang berbeda. Namun, itu bukan masalah serius karena Muslim memahami bahwa pemandangan bulan di negara yang berbeda dapat berbeda.

Di Indonesia, dimana kebanyakan populasi Muslim, tahun baru Islam dirayakan di meriah. Banyak Muslim diadakan ritual, seperti berjalan mengitari Kraton Jogjakarta. Namun, setiap provinsi memiliki cara yang berbeda, berdasarkan budaya memiliki. Sebagai sebuah negara di mana kebanyakan orang Muslim, tahun baru Islam, ditetapkan sebagai hari libur. Namun, karena Indonesia Muslim orang modern, ada kurangnya kesadaran di antara mereka. Banyak Muslim di Indonesia lebih suka menggunakan kalendar Romawi sebagai dasar.

5. Indonesian Mother’s Day – Report Text
In Indonesia, Mother’s Day is celebrated on 22 December. By Indonesia First President, Sukarno, was the figure who chose the date. He made it official holiday with Presidential Decree no.316 in 1953. 22 December sought to improve the condition of women in the country and to celebrate the women’s spirit. However, the meaning of Mother’s Day has changed to day because the day is commonly used for expressing love to mothers.Just like in any other countries, Mother’s Day in Indonesia also celebrated with gifts and surprise parties dedicated to mothers.

Mother’s Day celebration in Indonesia is celebrated on the same date when the first Indonesia Women Congress was held. The congress took place in Yogyakarta from 22 to 25 December 1928. There were 30 feminist organizations attended to the congress at that time. In the country, most feminist organizations inspired by the heroines of the 19th century, such as Martha Christina Tiahahu, Raden Adjeng Kartini, Cut Meutia, Dewi Sartika, Rasuna Said, Nyai Ahmad Dahlan and many more. The congress itself was intended to improve women’s rights, especially in marriage and education.

Though the meaning of Mother’s Day has significantly changed but the spirit to celebrate is still high. Most today’s people see the day as the best moment for them to show their love to mothers.

Terjemahan Indonesian Mother’s Day (Hari Ibu di Indonesia)
Di Indonesia, hari ibu dirayakan pada 22 Desember. Presiden pertama Indonesia, Sukarno, adalah sosok yang memilih tanggal. Dia membuatnya resmi liburan dengan Keppres no.316 tahun 1953. 22 Desember berusaha untuk memperbaiki kondisi wanita di negara dan untuk merayakan perempuan Roh. Namun, makna hari ibu telah berubah ke hari karena hari biasanya digunakan untuk menyatakan kasih kepada ibu. Seperti di negara lain, hari ibu di Indonesia juga dirayakan dengan hadiah dan pihak kejutan didedikasikan untuk ibu.

Perayaan hari ibu di Indonesia dirayakan pada tanggal yang sama ketika Kongres wanita Indonesia pertama diadakan. Kongres mengambil tempat di Yogyakarta dari 22 untuk 25 Desember 1928. Ada 30 organisasi wanita menghadiri kepada Kongres pada waktu itu. Di negeri ini, kebanyakan organisasi wanita terinspirasi oleh pahlawan dari abad ke-19, Martha Christina Tiahahu sebut, memotong Mutia, Dewi Sartika, Rasuna Said, Nyai Ahmad Dahlan dan banyak lagi. Kongres itu sendiri ini dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan, terutama dalam perkawinan dan pendidikan.

Meskipun arti hari ibu telah berubah secara signifikan hingga tapi semangat untuk merayakan masih tinggi. Hari ini kebanyakan orang melihat hari sebagai saat terbaik untuk mereka untuk menunjukkan cinta mereka kepada ibu.

Begitulah 5 contoh report text tentang perayaa hari-hari besar di Indonesia. Teks report itu sangat mirip dengan descriptive text. Itulah kenapa banyak buku handout bahasa Inggris sering tertukan dalam memebrikan contoh-contoh antar teks report dan teks descriptive. Untungnya jaman yang sudah maju ini, banyak sekali sumber belajar bahasa Inggris yang bisa diakses dengan mudah sehingga ketika mendapatkan materi yang menimbulkan tanda tanya, bisa langsung dicari pembandingnya. Happy learning English Online.

Terbaru 5 Contoh Report Text tentang Perayaan Hari Besar | englishadmin | 4.5