Narrative Text with Good Moral Value: Hungry Lion and Foolish Stag

‘Tandukku sangat indah, tapi aku benci kaki mungilku!’ Dia menggerutu, dan berjalan pergi dengan cemberut. Sementara itu, seekor singa lapar telah mengikutinya. Singa itu berkata, “Betapa lezatnya makan siangmu!” Rusa itu berbalik dan melihat singa itu, lalu mulai berlari cepat melintasi dataran. Kaki lincahnya memberinya keuntungan di atas singa dan dia cepat-cepat mencapai hutan.

“Anda tidak akan menangkap saya sekarang!” Seru rusa jantan itu kepada singa yang masih jauh itu. Namun, setelah memasuki hutan, rusa itu segera menemukan bahwa tanduknya telah kusut di dahan pohon apel di atas.
‘Oh tidak!’ Teriak rusa jantan itu, ‘Betapa bodohnya aku! Aku membenci kaki yang akan menyelamatkanku, tapi membual tentang tanduk yang membuatku makan siang singa! Setiap hari singa berada di sekitar menunggu rusa bodoh seperti saya untuk ikut, dan sekarang … Oh sayang! ‘

Pada saat ini singa itu mendekat, berjalan pelan dan tersenyum lebar.
‘Mmm! Aku sudah berharap untuk makan seperti ini sepanjang minggu! Sahabatku rusa jantan dengan tanduk besarnya yang besar ambles ke hutan … et voila! Makan siang saya disajikan dingin! ‘
‘Tidak bisakah kita mencoba untuk bersama?’ Memohon rusa jantan itu, berjuang keras untuk membebaskan tanduknya yang fantastis.

‘Baiklah,’ mulailah singa itu dengan serius, ‘Tidak, kurasa tidak. Anda melihat Anda adalah rusa jantan dan saya adalah singa. “Kemudian dia memakan rusa jantan itu – hanya menyisakan tanduk, yang terus digantung di dinding sarangnya.

Pesan Pelajaran Nilai Moral Yang Didapat Dari Cerita Narrative Fable The Hungry Lion and the Foolish Stag

Seiap teks naratif harus memenuhi 2 tujuan narrative text. Tujuan atau funsi sosial ini adalah menghibur pembaca dengan cerita yang unik menarik bahkan ajaib dan mencengankan. Tujuan kedua adalah memberikan moral lesson, pelajaran moral yang bisa dipetik pembaca dan menjadi renungan dalam menjalani hidup yang lebih baiak.
Pada cerita The Hungry Lion and the Foolish Stag, kandungan nilai moralnya adalah:

The moral: what is most truly valuable is often underrated.
Artinya bahwa sering apa yang paling berharga sebenarnya sering diremehkan.

Itulah contoh cerita narrative beserta moral value yang baik untuk dijadikan pelajaran supaya menhindari kesalahan yang sudah pernah terjadi agar tidak terulang lagi.