6 Contoh Recount Text Peristiwa Sejarah dan Arti

Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA mulai membebaskan dan mempersenjatai membebaskan tahanan Belanda di Ambarawa dan Magelang, banyak penduduk setempat yang marah. Pasukan Indonesia di bawah komando Letnan Kolonel M. Sarbini mulai mengepung pasukan Sekutu yang ditempatkan di Magelang sebagai pembalasan atas usaha pelucutan senjata mereka.

Pada pagi hari tanggal 23 November 1945, tentara Indonesia mulai menembaki tentara Sekutu yang ditempatkan di Ambarawa. Serangan balik oleh Sekutu memaksa tentara Indonesia mundur ke desa Bedono.

Pada tanggal 11 Desember 1945, Soedirman mengadakan pertemuan dengan berbagai komandan Angkatan Darat Indonesia. Keesokan harinya pada pukul 4.30 pagi, Angkatan Darat Indonesia melancarkan serangan terhadap Sekutu di Ambarawa. Senjata artileri Indonesia menggebrak posisi Sekutu, yang kemudian dikuasai oleh infanteri. Ketika jalan raya Semarang-Ambarawa ditangkap oleh pasukan Indonesia, Soedirman segera memerintahkan pasukannya untuk memotong rute pasokan tentara Sekutu yang tersisa dengan menggunakan manuver penjepit.

Pertempuran berakhir empat hari kemudian pada tanggal 15 Desember 1945, ketika Indonesia berhasil mendapatkan kembali kendali atas Ambarawa dan Sekutu yang kembali ke Semarang.

Begitulah 6 contoh recount text tentang peristiwa bersejarah. Teks recount memang sangat cocok dipakai untuk menulis kejadian sejarah karena jenis teks ini memang ditulis dengan tujuan untuk menceritakan kembali kejadian di masa lampau.