9 Contoh Analytical Exposition Text Berbentuk Surat Berbagai Topik dan Arti

Sebelumnya kita sudah tunjukkan 27 contoh terbaru analytical exposition lengkap berbagai topik dan artinya. Kali ini kita berikan lagi contok teks analitiks yang bentuk surat. Untuk contoh surat menyurat bahasa Inggris bisa lihat disini.
Kita tahu bahwa teks analitacla exposition dalam bahasa Inggris itu bertujuan untuk menyakinkan (convince) kepada pembacanya. Dengan begitu kita harus memberikan struktur penulisan yang mengacu pada tujuan tersebut
Apa pengertian teks analytical exposition yang sedang dipelajari di bangku sekolah menengah ini? Apa bedanya dengan jenis teks bahasa Inggris lainnya? Apa contoh bentuk teks analitik ini dalam kehidupan sehari hari? Dan tak lupa bagimana struktur penulisan teks yang betujuanan untuk mempengaruhi pembaca ini? Semua pertanyaan tersebut bisa dibaca disini.

analytical exposition
Agar kita semakin memahami dan bisa membuat contoh sendiri teks analytical exposition ini, kita berikan lagi contoh yang berbeda. Biasanya semua cotoh tipe teks bahasa Inggris itu berbentuk essay atau artikel. Kali ini kita tunjukkan contoh analytical exposition dalam bentuk surat.

Analytical Exposition Letter Format 1
Dear Big Meal’s representative
I’m writing to inform you that I had a negative bad experience at your location in Columbus, New Jersey on August 4. My receipt number is 512, and the person who handled my order was Alex.
First of all, I recognize that you, as the reader of this letter, are not responsible for my bad experience, but I am still upset about the situation.
I went to the drive through and ordered seven meals with no pickles. When I received my order, I checked that all of the sandwiches and fries were in the bag paid and drove away. When I got home, I realized my number seven had pickles on it. I’m allergic to pickles, and I didn’t want to waste the sandwich, so I drove back to the drive through to explain the situation and get it fixed.
I feel very disappointed with this interaction, as I usually enjoy my experiences at your restaurant. To fix this situation, I would like a coupon for a free meal of my choice.
I think an apology from Alex is also appropriate. please contact me at 555.555.5555 or email me back at jkorkell@email.com. I would like this situation to be resolved so I can continue to be a loyal Big Meal’s patron.
Best,
Jim Korkell

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 1
Kepada Perwakilan Big Meal
Saya menulis kepada Anda bahwa saya memiliki pengalaman buruk negatif di lokasi Anda di Columbus, New Jersey pada tanggal 4 Agustus. Nomor tanda terima saya adalah 512, dan orang yang menangani pesanan saya adalah Alex.
Pertama-tama, saya mengakui bahwa Anda, sebagai pembaca surat ini, tidak bertanggung jawab atas pengalaman buruk saya, tetapi saya masih kesal dengan situasinya.
Saya pergi ke drive melalui dan odered tujuh kali makan tanpa acar. Ketika saya menerima pesanan saya, saya memeriksa bahwa semua sandwich dan kentang goreng di dalam kantong dibayar dan dibawa pergi. Ketika saya sampai di rumah, saya menyadari nomor tujuh saya memiliki acar di atasnya. Saya alergi terhadap acar, dan saya tidak mau menyia-nyiakan sandwich, jadi saya kembali ke drive untuk menjelaskan situasinya dan memperbaikinya.
Saya merasa sangat kecewa dengan interaksi ini, karena saya biasanya menikmati pengalaman saya di restoran Anda. Untuk memperbaiki situasi ini, saya ingin kupon untuk hidangan fi’ee pilihan saya.
Saya pikir permintaan maaf Alex juga cocok. silakan hubungi saya di 555.555.5555 atau email saya kembali di jkorkell@email.com. Saya ingin situasi ini diselesaikan sehingga saya dapat terus menjadi pelindung setia Big Meal.
Salam,
Jim Korkell

Analytical Exposition Letter Format 2
Dear Editor,
It is outrageous to suggest that St. George and Sutherland Shires need a motorway to connect them to the city. I am a primary school student at St. Finbar’s Primary School at Sans Souci and I believe if the proposed F6 Motorway goes ahead, this will be disastrous for our local community.
To begin with, it is common knowledge that new motorways only solve traffic problems temporarily. Just look at the M5! It is constantly blocked. In the long run, the F6 will encourage more motorists on to our roads causing traffic chaos.
Furthermore the Government has indicated it will cost billions of dollars and approximately 10 years to build the proposed freeway. Surely this money is better spent on improving public transport links and advertising material to encourage motorists to use these services.
Several kilometres of park lands and reserves will be lost if the proposal goes ahead. Residents who will be affected by the new freeway have expressed their opposition to this proposal in the St. George Leader numerous times. Once again, this is a situation where politicians refuse to listen to the people!
In summary, there is no doubt the F6 will be a disastrous move for this beautiful area. Let’s hope the politicians, elected by the people of this electorate, start to listen!
Yours faithfully,
George Penedo

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 2
Editor yang terhormat,
Sungguh memalukan untuk menyatakan bahwa St. George dan Sutherland Shires memerlukan jalan tol untuk menghubungkan mereka ke kota. Saya adalah siswa sekolah dasar di Sekolah Dasar St. Finbar di Sans Souci dan saya percaya jika F6 Motorway yang diusulkan berjalan di depan, ini akan menjadi bencana bagi komunitas lokal kami.
Untuk mulai dengan, itu adalah pengetahuan umum bahwa jalan raya baru hanya memecahkan masalah lalu lintas sementara. Lihat saja M5! Itu terus diblokir. Dalam jangka panjang, F6 akan mendorong lebih banyak pengendara ke jalan-jalan kami yang menyebabkan kekacauan lalu lintas.
Lebih lanjut, Pemerintah telah mengindikasikan akan mengeluarkan biaya miliaran dolar dan sekitar 10 tahun untuk membangun jalan tol yang diusulkan. Tentunya uang ini lebih baik digunakan untuk meningkatkan tautan transportasi umum dan materi iklan untuk mendorong pengendara menggunakan layanan ini.
Beberapa kilometer lahan taman dan cadangan akan hilang jika proposal berjalan. Penduduk yang akan terpengaruh oleh jalan bebas hambatan baru telah menyatakan penentangan mereka terhadap proposal ini di St. George Leader beberapa kali. Sekali lagi, ini adalah situasi di mana politisi menolak untuk mendengarkan orang-orang!
Singkatnya, tidak ada keraguan bahwa F6 akan menjadi bencana bagi daerah yang indah ini. Semoga para politisi, yang dipilih oleh rakyat pemilih ini, mulai mendengarkan!
Salam sejahtera,
George Penedo

Analytical Exposition Letter Format 3
Dear Mayor of Fairfield,
My name is Maria Alessi. I am 10 years old and I attend John the Baptist Primary School, Bonnyrigg.
I am writing to you as I believe noise barriers should be erected along Cowpasture Road, for a number of reasons.
Firstly, I personally think noise barriers should be erected along this road so that drivers will not be distracted by balls going over the fence. Therefore, there will be fewer car crashes along the road.
Secondly, I strongly believe noise barriers should be erected because they will give John the Baptist Primary School greater privacy, and therefore thieves will be less likely to break into the school.
Finally, I believe noise barriers should be erected along Cowpasture Road because it will reduce noise pollution here. Consequently, John the Baptist students will hear their teacher more clearly.
In conclusion, noise barriers should be erected along Cowpasture Road for the reasons listed above.
Yours faithfully,
Maria Alessi

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 3
Yang Terhormat Walikota Fairfield,
Nama saya Maria Alessi. Saya berusia 10 tahun dan saya menghadiri Sekolah Dasar Yohanes Pembaptis, Bonnyrigg.
Saya menulis kepada Anda karena saya percaya bahwa penghalang kebisingan harus didirikan di sepanjang Jalan Cowpasture, untuk sejumlah alasan.
Pertama, saya pribadi berpikir bahwa penghalang kebisingan harus dipasang di sepanjang jalan ini agar pengemudi tidak terganggu oleh bola yang melewati pagar. Oleh karena itu, akan ada lebih sedikit tabrakan mobil di sepanjang jalan.
Kedua, saya sangat percaya bahwa penghalang kebisingan harus didirikan karena itu akan memberikan privasi yang lebih besar kepada John the Baptist Primary School, dan oleh karena itu pencuri akan lebih kecil kemungkinannya untuk masuk ke sekolah.
Akhirnya, saya percaya penghalang kebisingan harus didirikan di sepanjang Jalan Cowpasture karena akan mengurangi polusi suara di sini. Akibatnya, murid-murid Yohanes Pembaptis akan mendengar guru mereka lebih jelas.
Sebagai kesimpulan, hambatan kebisingan harus didirikan di sepanjang Jalan Cowpasture untuk alasan yang tercantum di atas.
Salam sejahtera,
Maria Alessi

Analytical Exposition Letter Format 4
Assistant Principal
St Luke’s School
1 Beaconsfield Street
REVESBY 2212
Dear Sir,
We believe that our school should consider having a healthy food canteen.
Firstly, we believe that we should have healthy food because it is good for us.
Secondly, we think that we should have this because it prevents us from getting colds and the flu.
Thirdly, we hear that some children don’t eat breakfast, so it is important that they have a healthy lunch. Also, healthy foods provide us with energy and help us to learn.
Finally, we know healthy foods have vitamins and minerals that help children grow strong.
Yours faithfully,
Amy Tran and Marcel Obeid

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 4
Asisten Kepala Sekolah
Sekolah St Luke
1 Beaconsfield Street
REVESBY 2212
Yang terhormat,
Kami percaya bahwa sekolah kami harus mempertimbangkan memiliki kantin makanan sehat.
Pertama, kami percaya bahwa kita harus memiliki makanan sehat karena itu baik untuk kita.
Kedua, kita berpikir bahwa kita harus memiliki ini karena mencegah kita terkena flu dan flu.
Ketiga, kami mendengar bahwa beberapa anak tidak sarapan, jadi penting bahwa mereka memiliki makan siang yang sehat. Juga, makanan sehat memberi kita energi dan membantu kita belajar.
Akhirnya, kita tahu makanan sehat mengandung vitamin dan mineral yang membantu anak-anak tumbuh kuat.
Salam sejahtera,
Amy Tran dan Marcel Obeid

Analytical Exposition Letter Format 5
St Therese’s Primary School
2A Yerrick Road
Lakemba NSW 2195
Dear Mr. Conlon,
My name is Charbel Azzi. I am in Year 4 at St. Therese’s Primary School. I am writing to you because I am concerned about the boredom children are experiencing as a result of our current playground equipment. I believe that it can be improved.
I believe without a doubt that St. Therese’s playground should have more playground equipment. New things to play on or with will result in the school becoming more popular, more exciting and a fun place to be at playtime. Consequently, I believe the children at St. Therese’s will become fitter.
Another reason it is essential the school should have more is that children will most definitely become fitter. Purchasing new equipment is necessary as the current things are boring. If the school buys some more, the children will not even realise that they are exercising and will become fitter. Recently, there have been reports that Australian children are overweight. As a result, I think our school has a responsibility to ensure that the children here are fit, active and healthy. New equipment will ensure this.
I strongly believe that our playground should have more equipment because it will also increase our school’s popularity in the local area. The school will have a better reputation and consequently enrolments will multiply.
To conclude, I think our playground should have more things for us to use because the children are obviously bored. As a result, conflict and violence can occur there. Our teachers are constantly interrupted during playground duty to help resolve problems. I am sure that teachers are probably very fed up with this. Therefore, if our school purchases new playground equipment, it will provide entertainment for the children and make our playground a happier and more enjoyable place.
I firmly support the view that St. Therese’s school should purchase new playground equipment. I believe that the more we have the better.
Yours sincerely,
Charbel Azzi

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 5
Sekolah Dasar St Therese
2A Yerrick Road
Lakemba NSW 2195
Dear Mr. Conlon,
Namaku Charbel Azzi. Saya di Tahun 4 di Sekolah Dasar St. Therese. Saya menulis kepada Anda karena saya prihatin dengan kebosanan yang dialami anak-anak sebagai akibat dari peralatan bermain kami saat ini. Saya percaya itu bisa diperbaiki.
Saya percaya tanpa ragu bahwa taman bermain St. Therese harus memiliki lebih banyak peralatan bermain. Hal-hal baru untuk bermain di atau dengan akan menghasilkan sekolah menjadi lebih populer, lebih menarik dan tempat yang menyenangkan untuk bermain. Oleh karena itu, saya yakin anak-anak di St. Therese akan menjadi lebih bugar.
Alasan lain adalah penting bahwa sekolah harus memiliki lebih banyak adalah bahwa anak-anak pasti akan menjadi lebih bugar. Membeli peralatan baru diperlukan karena hal-hal saat ini membosankan. Jika sekolah membeli lagi, anak-anak bahkan tidak akan menyadari bahwa mereka sedang berolahraga dan akan menjadi lebih bugar. Baru-baru ini, ada laporan bahwa anak-anak Australia kelebihan berat badan. Sebagai akibatnya, saya pikir sekolah kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa anak-anak di sini sehat, aktif dan sehat. Peralatan baru akan memastikan ini.
Saya sangat yakin bahwa taman bermain kami harus memiliki lebih banyak peralatan karena itu juga akan meningkatkan popularitas sekolah kami di daerah setempat. Sekolah akan memiliki reputasi yang lebih baik dan akibatnya pendaftaran akan bertambah banyak.
Sebagai kesimpulan, saya pikir taman bermain kami harus memiliki lebih banyak hal untuk kami gunakan karena anak-anak jelas bosan. Akibatnya, konflik dan kekerasan bisa terjadi di sana. Guru kami terus-menerus terganggu saat bermain di taman bermain untuk membantu menyelesaikan masalah. Saya yakin bahwa para guru mungkin sudah muak dengan ini. Oleh karena itu, jika sekolah kami membeli peralatan bermain baru, itu akan memberikan hiburan bagi anak-anak dan membuat taman bermain kami menjadi tempat yang lebih bahagia dan lebih menyenangkan.
Saya dengan tegas mendukung pandangan bahwa sekolah St. Therese harus membeli peralatan bermain baru. Saya percaya bahwa semakin banyak yang kita miliki semakin baik.
Dengan hormat,
Charbel Azzi

Analytical Exposition Letter Format 6
Dear Editor,
I strongly believe that catching animals in their natural habitat and putting them in circuses so that we can be entertained is just barbaric. They are forced to perform circus acts and to live in very cramped and smelly cages. This is just plain abuse.
To begin with, to use animals for our entertainment is just outrageous. I don’t find it fun at all. Whenever I go to a circus, I see sad, unhealthy looking animals sitting in very confined quarters. Consequently, I believe circus animals should be released so that they can be happy and do all the natural things that an animal does.
Furthermore, animals are upset and disturbed by circus crowds and noises. This causes them to become scared and agitated. For some, this may result in a loss of appetite and lack of sleep.
In conclusion, I believe we should certainly not use animals for our entertainment. Therefore, they must be immediately returned to their natural habitat.
Yours faithfully,
Ngau Tran

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 6
Editor yang terhormat,
Saya sangat percaya bahwa menangkap binatang di habitat alami mereka dan menempatkan mereka di sirkus sehingga kita dapat terhibur hanyalah biadab. Mereka dipaksa melakukan aksi sirkus dan tinggal di kandang yang sangat sempit dan bau. Ini hanya pelecehan biasa.
Untuk mulai dengan, untuk menggunakan hewan untuk hiburan kami hanya keterlaluan. Saya tidak merasa senang sama sekali. Setiap kali saya pergi ke sirkus, saya melihat hewan-hewan yang tampak sedih dan tidak sehat duduk di tempat yang sangat terbatas. Oleh karena itu, saya percaya hewan sirkus harus dibebaskan sehingga mereka dapat bahagia dan melakukan semua hal alami yang dilakukan oleh hewan.
Selain itu, hewan marah dan terganggu oleh kerumunan dan suara sirkus. Ini menyebabkan mereka menjadi takut dan gelisah. Untuk beberapa, ini dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan kurang tidur.
Sebagai kesimpulan, saya yakin kita tidak boleh menggunakan hewan untuk hiburan kita. Karena itu, mereka harus segera kembali ke habitat alaminya.
Salam sejahtera,
Ngau Tran

Analytical Exposition Letter Format 7
Dear Mr. McClelland,
My name is Raymond Kim. I am in Year 6 at St. Gabriel’s Primary School, Bexley. I am writing to you because I am concerned about the number of crime-related incidents occurring in our electorate of Barton.
I have recently interviewed and surveyed the students in my class to determine if they have ever been a victim of crime. I was extremely surprised and shocked to find that 87% had experienced crime first hand. What I also wish to point out to you is that my interviews with the students show that an alarming 93% of the crimes committed still remain unsolved today. These criminals are still in our society and have not been punished for the crimes they have committed.
The most common crime that the students have experienced is household robbery, and though fortunately the victims were not physically harmed, the emotional stress is enormous. Many students are still extremely upset at the thought that their homes were invaded, not to mention because of the loss of property and damage that occurred as a result of the robbery.
More money should be spent on solving and preventing crimes. I strongly urge you to argue this issue in Parliament House on behalf of our electorate.
I have enclosed a petition which a large number of concerned residents have signed, to illustrate the importance of crime to the citizens of Barton. I look forward to hearing from you in the near future.
Yours sincerely,
Raymond Kim
Concerned Barton Resident

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 7
Kepada Mr. McClelland,
Namaku Raymond Kim. Saya di Tahun 6 di Sekolah Dasar St. Gabriel, Bexley. Saya menulis kepada Anda karena saya prihatin dengan jumlah insiden terkait kejahatan yang terjadi di pemilih kami di Barton.
Saya baru-baru ini mewawancarai dan mensurvei para siswa di kelas saya untuk menentukan apakah mereka pernah menjadi korban kejahatan. Saya sangat terkejut dan terkejut menemukan bahwa 87% telah mengalami kejahatan langsung. Yang juga ingin saya tunjukkan kepada Anda adalah bahwa wawancara saya dengan para siswa menunjukkan bahwa 93% kejahatan yang mengkhawatirkan yang dilakukan masih belum terpecahkan hari ini. Para penjahat ini masih dalam masyarakat kita dan belum dihukum atas kejahatan yang mereka lakukan.
Kejahatan paling umum yang dialami para pelajar adalah perampokan rumah tangga, dan meskipun untungnya para korban tidak secara fisik dirugikan, tekanan emosional sangat besar. Banyak siswa yang masih sangat kecewa dengan pemikiran bahwa rumah mereka diserang, belum lagi karena kehilangan harta benda dan kerusakan yang terjadi sebagai akibat dari perampokan.
Lebih banyak uang harus dihabiskan untuk memecahkan dan mencegah kejahatan. Saya sangat mendorong Anda untuk berdebat masalah ini di Gedung Parlemen atas nama pemilih kami.
Saya telah melampirkan petisi yang telah ditandatangani oleh sejumlah besar warga yang peduli, untuk mengilustrasikan pentingnya kejahatan bagi warga Barton. Saya berharap dapat mendengar dari Anda dalam waktu dekat.
Dengan hormat,
Raymond Kim
Concerned Barton Resident

Analytical Exposition Letter Format 8
Dear Mrs. Graves,
2AC thinks that our classrooms should be air-conditioned.
Firstly, our class believes that we should have air-conditioning in all of our classrooms so that everyone can stay cool during the hot weather. If children feel hot and bothered, they will not be able to concentrate and do their best work.
Secondly, it is a fact that some children get sick on hot days. When this happens, they go to sick bay or go home and consequently they miss out on school work.
Thirdly, we feel that although air-conditioning can be expensive, families can help cover the cost through fund-raising.
Furthermore, it is our opinion that teachers would feel more refreshed if the classrooms were air-conditioned. When teachers are hot, they can feel stressed, and in the afternoon they sometimes become cranky.
Finally, if the classrooms were air-conditioned, more children would want to come to our school. We hope that you consider our suggestion to have air-conditioning at St. Luke’s, because we feel it is an important issue.
Yours sincerely,
Year 2AC

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 8
Kepada Mrs. Graves,
Siswa 2AC berpikir bahwa ruang kelas kami harus ber-AC.
Pertama, kelas kami percaya bahwa kami harus memiliki AC di semua ruang kelas kami sehingga semua orang dapat tetap tenang selama cuaca panas. Jika anak-anak merasa panas dan terganggu, mereka tidak akan dapat berkonsentrasi dan melakukan pekerjaan terbaik mereka.
Kedua, adalah fakta bahwa beberapa anak sakit pada hari-hari yang panas. Ketika ini terjadi, mereka pergi ke teluk sakit atau pulang dan akibatnya mereka kehilangan pekerjaan sekolah.
Ketiga, kami merasa bahwa meskipun AC dapat mahal, keluarga dapat membantu menutupi biaya melalui penggalangan dana.
Lebih jauh lagi, pendapat kami adalah para guru akan merasa lebih segar jika ruang kelas ber-AC. Ketika guru sedang panas, mereka dapat merasa stres, dan di sore hari mereka kadang-kadang menjadi rewel.
Akhirnya, jika ruang kelas ber-AC, lebih banyak anak ingin datang ke sekolah kami. Kami harap Anda mempertimbangkan saran kami untuk memiliki AC di St. Luke’s, karena kami merasa ini adalah masalah penting.
Dengan hormat,
Siswa Tahun 2AC

Analytical Exposition Letter Format 9
Dear Sir,
My name is Thuptim Lee and I am a Year 6 student. At school, we have been researching the effects of deforestation, and we have become deeply concerned about this issue. The mass clearing of rainforest is outrageous and the loss of animal and plant life is devastating. This matter has also been debated increasingly on television and in newspapers.
It is the point of view of many people including scientists that humans are mainly responsible for deforestation and the environmental damage this has caused. It is a fact that approximately 130 flora and fauna species are lost everyday due to deforestation. If this continues, plant and animal species may be lost forever.
It is the belief of many experts that global warming is caused by deforestation. Among other environmental factors, the devastation of rainforest areas across the world has caused temperatures to rise. As a result, polar ice caps have melted and sea levels have risen, causing flooding. There is no doubt natural disasters such as these have been caused in part to deforestation.
It is vital for us to conserve and protect our rainforests. Please join my school mates and help us in the fight against deforestation.
Yours faithfully
Thuptim Lee

Arti Contoh Analytical Exposition Bentuk Surat 9
Yang terhormat,
Nama saya adalah Thuptim Lee dan saya adalah siswa kelas 6. Di sekolah, kami telah meneliti dampak deforestasi, dan kami menjadi sangat prihatin dengan masalah ini. Pembabatan hutan hujan secara massal adalah keterlaluan dan hilangnya hewan dan tumbuhan hidup sangat memprihatinkan. Hal ini juga semakin diperdebatkan di televisi dan di surat kabar.
Ini adalah sudut pandang banyak orang termasuk para ilmuwan bahwa manusia terutama bertanggung jawab atas deforestasi dan kerusakan lingkungan yang ditimbulkannya. Ini adalah fakta bahwa sekitar 130 spesies flora dan fauna hilang setiap hari karena deforestasi. Jika ini terus berlanjut, spesies tumbuhan dan hewan dapat hilang selamanya.
Ini adalah keyakinan banyak ahli bahwa pemanasan global disebabkan oleh penggundulan hutan. Di antara faktor lingkungan lainnya, kehancuran kawasan hutan hujan di seluruh dunia telah menyebabkan suhu meningkat. Akibatnya, es di kutub mencair dan permukaan laut naik, menyebabkan banjir. Tidak ada keraguan bahwa bencana alam seperti ini sebagian disebabkan oleh deforestasi.
Sangat penting bagi kita untuk melestarikan dan melindungi hutan hujan kita. Bergabunglah dengan teman sekolah saya dan bantulah kami dalam perang melawan deforestasi.
Salam sejahtera
Thuptim Lee

Begitulah 9 contoh analytical exposition text dalam bentuk surat menyurat dalam bahasa Inggris. Selain surat, teks analitik itu bisa berupa pidato, dan iklan. khutbah, sales and business letter, press conference, dan lainnya. Semoga sukses dalam belajar bahasa Inggris.

9 Contoh Analytical Exposition Text Berbentuk Surat Berbagai Topik dan Arti | englishadmin | 4.5