Example of Narrative Text: Story of Thumbelina + Generic Structure & Artinya

Sudah tidak aneh lagi, saat ini, belajar bahasa Inggris tidak melulu harus menghafal kosa kata, memahami rumus tenses, mengetahui cara merubah kalimat pasif dan aktive tetapi sekarang belajar bahasa Inggris lebih banyak diarahkan dalam memahmi berbagai macam teks berbahasa Inggris. Memski begitu kemampuan yang harus didapatkan tetaplah sama yaitu reading, listening, writing, dan speaking.

Ambil contoh ketika belajar teks narrative bahasa Inggris, maka para siswa SMP dan SMA harus mempunyai kemampuan membaca teks narratif, juga harus mampu mendengarkan berbagai macam cerita naratif, tidak lupa juga harus bisa menghasilkan atau menuliskan contoh pendek teks narrative, dan yang terkahir juga harus mampu berbicara atau menyampaikan cerita narratif dalam bahasa Inggris.

Ketika belajar bahasa Inggris melalui pendekatan text (text-based approach), narrative text mempunyai porsi waktu yang baling banyak untuk dipelajari. Hampir setiap semester baik ganjil atau genap, para siswa dan guru harus belajar dan mengulang kembali apa itu narrative text. Maka untuk menambah pemahaman pengertian atau definisi, generic structure, dan juga language feature sebuah teks narrative, berikut disajikan 1 lagi contoh cerita narrative sangat pendek dalam bahasa Inggris.

The Story of Thumbelina Sebagai Contoh Narrative Text

contoh narrative text thumbelina

Contoh narrative text fairy tale – Thumbelina dalam bahasa Inggris, image: wikimedia.org

Once upon time, there was a very poor woman. There was not a boy or a daughter who lived with her. She wished very much to have a child.
One day, the poor woman went to a fairy god mother. The fairy lived near the green meadow in the valley. The poor woman received a barleycorn seed from the fairy. She went home and planted it in a flower pot. Several days latter, the seed grew up into a large beautiful flower.
Surprisingly, the woman saw a little girl inside the flower. The sweet little girl was as long as a thumb.The woman gave her the name of Thumbelina because she was so small.

Ada yang masih belum mengetahui arti dari text narrative diatas? Kalau masih ada yang belum tahu, terjemahan bebas dari contoh teks narrative tersebut bisa sebagai berikut:

Cerita Thumbelina
Suatu ketika, ada seorang wanita yang sangat miskin, Dia sangat menginginkan seorang anak.
Suatu hari, wanita itu pergi ke seorang peri yang hidup dekat padang rumput hijau di suatu lembah dataran rendah. Wanita tersebut kemudian menerima sebutir biji barleycorn dari peri itu. Wainta itu pun pulang membawah biji itu dan menanamnya di sebuah pot bunga. Beberapa hari kemudian, biji itu tumbuh besar menjadi bunga yang indah.
Secara mengejutkan, wanita itu melihat seorang bayi kecil didalam bunga itu. Bayi yang manis itu hanya sebesar ibu jari (Thumb). Lalu wanita itu meberi nam kepada bayi itu Thumbelina karena bayi itu sangat kecil

Setelah membaca cerita narrative Thumbelina dan juga terjemhan nya, akan lebih baik kalau diteruskan dengan generic structure dari text cerita thumbelina tersebut.

Analisa Gneric Structure Teks Narrative Bahasa Inggris
Mengidentifikasi generic tructure adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki ketika belajar bahasa Inggris melalui text genres-based approach. Setiap teks narrative harus mengandung structure:
1. Orientation: Dalam text cerita Thumbelina, orientasinya adalah the poor woman itu sendiri yang hidup disuatu waktu
2. Complication: Pertentangan menjadi hal yang mutlak harus ada dalam setiap text narrative. Dalam, cerita Thumbelina diatas, complikasinya diawali dengan keingan yang tinggi terhadap seorang anak diteruskan dengan perjuanganya sampai pada seorang peri
2. Resolution: Penyelesain harus dilakukan pada setiap text narrative. Penyelesain bisa berupa keberhasilan mengatasi masalah atau kegagalan diakhir permasalahan itu. Dalm cerita narrative Thumbelina diatas, resolusi nya adalah sebuah kesuksesan, happy ending, dimana wanita yang pergi ke Fairy tersebut akhirnya menemukan seorang anak kecil didalm sebuh bunga.

Bagi yang ingin mengetahui sekian lagi kumpulan conth cerita yang masuk kategory teks naratif bisa membaca artikel berikut:

Itulah contoh narrative text tentang cerita Thumbelina. Dilengkapi dengan sedikit penjelasan dan juga analisa generic structure harapannya semua dari kita, para siswa, guru, dan siapa saja yang tertarik belajar cerita bahasa Inggris bisa sedkit terbantu dalam hal contoh pendekt text narrative bahasa Inggris.

Example of Narrative Text: Story of Thumbelina + Generic Structure & Artinya | englishadmin | 4.5