Kumpulan Materi Perckapan Bahasa Inggris Part 2

English Admin – Materi speaking cara berbicara bahasa Ingris lebih cepat. Melanjutkan seri pembahasan kumpulan materi untuk percakapan bahasa Inggris sebelumnya, kali ini kita akan mebahasa topik-topik yang digunakan pada latihan short conversation lainya yang biasanya diajarakan di sekolah-sekolah menegah. Pelajaran dialogue or conversation yang disajikan blog belajar bahsa Inggris ini mengharuskan kita bersifat aktif produktif dengan cara melatih, membaca keras, praktek percakapan, melakukan role play dan metode speaking lainya.

Pada seri yang kedua ini kita akan mengumpulkan pokok bahasan pembelajaran transactional interpersonal conversation yang diberikan di kelas XI SMA atau MA. Rata- rata sesi pembelajaran speaking bahasa Inggris ini menitikberatkan pada expression yang umumnya digunakan danĀ  bermain peran pada short conversation. Lalu apa saja topikatau situasi yang harus dipelajari? Dibawah ini adalah list, materi, pembahasan serta sumber belajar untuk kemampuan berbicara bahasa Inggris.

1. Mengunkapkan persaan terkejut, tidak percaya dan kaget dalam Bhasa Inggris

Pelajaran speaking ini membahasa ungkapan atau expression yang banyak dipakai oleh English native speakers ketika mereka merasa terkejut karena mendapatkan situasi tertentu. Ungkapan-ungkapan bahasa Inggrisnya bisa seperti:

Are you kidding?
I dont’ believe it
How can it be?
Are you sure?
I can’t believe it, etc

Untuk pembahasa lebih lanjut tentang exprssing surprised bisa dilihat disini
Bagi yang ingin tahu list idiom ungkapan terkejutĀ  bisa dibaca disini
Sementara yang lagi cari materi ungkapan tidak percaya, disbelief, bisa dilihat disini

2. Meminta dan memberi saran dalam bahasa Inggris
Topik speaking untuk percakapan pendek yang satu ini cocok sekali untuk melengkapi pengetahuan kita ketika sedang belajar jenis teks yang menunjukkan argumentasi, baik analytical exposition atau hortatory exposition. Ungkapan-ungkapan dalam meminta dan meberi saran bisa seprti dibawah ini

What is your suggestion?
What is the best thing to do in this situation?
What is your recommendation?
Why don’t you go to a doctor?
Try this herbal medicine!
Let’s make a complain letter!, etc

Untuk ungkapan cara meninta dan memberi saran bahasa Inggris, bisa dilihat disini
Sementara untuk contoh percakapan pendek tentang asking and giving advice and suggestion ini bisa dibaca disini

3. Meninta dan memberi barang ijin dan jasa dalam bahasa Inggris

Pelajaran cara meminta ijin dan cara memberi ijin dan responsnya banyak sekali yang muncul dalam soal-soal ujian bahasa Inggris. Maka topik yang satu ini perlu sekali mendapat perhatian bagi yang masih duduk dibangku sekolah menengah. Ungkapan untuk how to ask permission dan how to give permission, asking and giving thing in English bisa beruapa kata dan frase seperti dibawah ini:

Can I use your bike?
May I borrow your dictionary?
Would you mind lending me your money?
Yes, you can use it
No, I don’t mind
Sorry, I am using it now, etc

Untuk pembahasa lebih lengkap bisa dibaca disisni dan disini

4. Mengungkapkan pendapat, setuju dan tidak setuju dalam bahasa Inggris

Topik percakapan tentang meminta dan memberi pendapat ini bisa mendukung kemampuan kita dalam reading comprehension khususnya pada jenis text contoh analytical exposition dan juga contoh hortatory exposition. Kenapa berhubungan dengan exposition? Kerana topik percakapan pendek yang satu ini fokusnya pada showing arguments Kosa kata, frase untuk asking and giving opinion bisa seperti contoh dibawah ini:

What is your opinion?
Do you have any idea?
What do you think about this newest phone?
In my opinion, this is….
According to experts,…..
Based on the recent research, this phone…….

Untuk lebih lengkapanya bisa dibaca disisni, disini dan contoh dialog lagi disini

5. Menyatakan perasaan puas dan tidak puas dalam bahasa Inggris

Kosa kata, phrase, expression of satisfactory dan dissatiscatory ini erat kaitannya dengan functional text khususnya complain letter. How to say satisfied dan how to express dissatisfied juga berkaitan dengan pelajaran teks analaytical hortatory exposition. Ungkapan ungkapanya bisa seperti dibawah ini:

I don’t like the hotel service
The service is bad
The film plot is not interesting
The exhibition is not well organized
I will not come to this mall any more
Why did you type this document with so many mistakes in spelling?, etc

Untuk pembahasan ungkapan bahasa Inggris yang sering dipakai, contoh percakapan pendek, dan latihan soal expressing satisfied and dissatisfied bisa dilihat dibawah ini

Tentu masih banyak lagi topik percakapan bahasa Inggris yang yang diajarka di banku sekolah menengah, khususnya di kelas XI. Materi yang lain akan kita lanjutkan pada artike yang akan datang. Semoga membatu dan semakin suka berlatih speaking English.

Kumpulan Materi Perckapan Bahasa Inggris Part 2 | englishadmin | 4.5