10 Contoh Procedure Text dengan Kalimat Imperative

Kenapa dalam judul diatas menyebut kalimat imperative? Ya, semua contoh procedure text dalam bahasa Inggris memang ditulis memkai imperative sentences. Jadi tidak ada tawar menawar lagi, agar bisa memahami semua intrsuksi dalam teks prosedural memang harus menguasai pembuatan kalimat perintah.

Masih ingat cara membuat kalimat perintah dalam bahasa Inggris? Gampang saja, jika kita sudah lihai dengan berbagai macam bentuk kalimat affirmative (kalimat berita tau kalimat positif) dalam bahasa Inggris, maka cara merubahnya menjadi kaliamat imperative itu hanya menghilangkan subyek kalimatnya. Perhatikan contoh berikut!
You speak English slowly = Kamu berbicara bahasa Inggris dengan pelan
You write English accurately = Kamu menulis bahasa Inggris dengan akurat
You attend English course online = Kamu mengikuti kursus Inggris secara Online

Ketiga kalimat diatas adalah bentuk affirmative, yaitu memberitakan, tidak menyangga. Agar bisa dimakanai sebagai perinta maka kita hanya perlu membuang subjek dari kalimat berita diatas. Sehingga Imperative sentence akan menjadi:
Speak English slowly! = Berbicaralah bahasa Inggris dengan pelan!
Write English accurately! = Tulislah bahasa Inggris dengan akurat!
Attend English course online! = Ikuti kursus Inggris secara Online!

Pengertian procedure text dalam pembelajaran genres bahasa Inggris adalah jenis teks yang ditujukkan untuk memberikan instruksi tata cara melakukan sesuatu. Karena tujuan utama adalah diketahuainya cara dan pola kerja suatu hal, maka jenis teks prosedural ini sebenaranya masuk satu golongan dengan jenis teks explanation bahasa Inggris. Maka sebaikanya sebelum melihat 10 contoh procedure text pendek berikut, alangkah baiknya ingat kembali 2 artikel berikut!

Nah bisa dimengerti dan siap dengan bacaan yang banyak mengandung kalimat perintah bahasa Inggris. Bagaimana, gampangkan cara mmbuat kalimat perintah (imperative sentences) dalam bahasa Inggris itu? Nah kalau sudah bisa sekarang akan kita berikan 10 contoh procedure text. Sekalai lagi teks prosedural itu sama dengan teks intruksi, teks yang memberikan petunjuk atau aba-aba. Jadi mutlak hukumnya heheh untuk menguasai konsep kalimat imperative.

Inilah 10 Contoh Procedure Text Singkat How To dalam Bahasa Inggris

Sebagian besar tulisan dibawah ini bertema cara melakukan (how to do), cara menggunakan (how to use), cara memasak (how to cook), dan cara memakai (how to wear). Ke empat how to diatas memang menjadi topik hampir semua jenis teks procedure bahasa Inggris. Berikut adalah contoh lengkapnya:

  • Example of Procedure Text – How To Tie a Neck Tie. Contoh procedure text yang pertama ini adalah tata cara memakai dasi yang baik. Ingat sekali lagi bahwa agar bisa memahi instruksi ini dengan cepat, penguasaan terhadapa imperative sentences sangat diperlukan
procedure text wearing tie

Wearing a tie is very elegant. Instruction on how to do that is an example of procedure text

 

Proceduret text how to cook with microwave oven

Microwave oven is one of modern cooking utensil. The instruction of how to cook with it is an example of procedure text

 

  • How to Write Paper – Procedure Text Example. Tahu tidak cara menulis essay yang baik. Inilah petunjuk how to contoh procedure tek yang berikutnya. Bagi yang masih sekolah atau malah berkeinginan melanjutakan studi ke jenjang lebih tinggi cara menulis paper yang baik ini akan membantu kita meudahkan mengerjakan tugas-tugas pembuatan makalah.
procedure txt how to write

Writing a good paper is not easy but with good guide , it is not so difficult. the instruction how to write a good paper is the best procedure sample

 

  • Example of Procedure Text: Making Kite. Contoh procedure text yang ini adalah cara membuat layang-layang dalam bahasa Inggris. Ada yang tidak suka bermain layang-layang? Suka atau tidak suka dengan membaca contoh teks how to make diatas, kita akan mendapatakan tambahan pengetahuan.
Simple way to make a kite for procedure or instruction text

Simple way to make a kite for procedure or instruction text

 

example of procedure text how to do

The instruction to install the simcard to a cellphone is the best example of a procedure text in English

 

  • How to Make Ice Cream – Best Example of Procedure Text. Contoh teks procedure yang ini bikin kita nyam-nyam. Ya inilah tata cara membuat es cream yang lezat itu. Itulah enaknya belajar jenis teks funsional seperti procedural text. Kita mendapat 2 manfaat, bahasa Inggris, dan pengetauan teknis.
example of procedure how t make ice cream

Simple intruction on making delicious ice cream in the best example of procedure text in English

 

procedure text how to iron shirt

An ironing SOP as example of procedure text in English

 

  • Example of Procedure Text: How to Make Apple Juice. Jus apel, wah sekalai lagi sebuah contoh cara membuat minuman. Pahami kalimat imperativenya, beli apel dan lakukan sperti dalam petujuk. Tak terasa sudah ada segelas jus apel yaang segar. Kapan lagi bisa belara sambil bikin jus hehe
example of procedure text to make apple juice

Series of steps to make apple juice are explained as example of procedure text

 

  • How to Make Easy Fish Sticks: Example of Procedure Text. Memasak menu yang lezat, ini adalah contoh procedure text cara membuat fish sticks. Ingat urutan langkah dalam teks instruksi itu harus diperhatiakan. Urutan langkah nomor 1 misalanya tidak boleh dirubah menjadi urutan nomor 5, nanti bisa gosong hehe.
example of procedure text about cooking

Famous fish sticks brand – How to make it simply as example of procedure text

 

procedure text about writing business documents

A guide to write business document s correctly as example of procedure text in English

Sudah cukup banyak dan bervariasi 10 contoh procedure text singkat how to do, how to use, how to wear, dan juga how to cook diatas. Semoga bisa menambah pemahaman tentang jenis teks bahasa Inggris dan menambah pengetahuan tentang hal teknis seperti yang ditunjukkan. Selamat belajar.

10 Contoh Procedure Text dengan Kalimat Imperative | englishadmin | 4.5