3 Contoh Surat Untuk Teman Sangat Pendek Dalam Bahasa Inggris

Sebelumnya sudah disajikan beberapa gambar sebagai contoh surat informal kepada sahabat dalam bahasa inggris. Sekarang ada lagi 3 contoh surat tidak resmi kepada teman ditulis dalam bahasa Inggris sangat singkat alias pendek. Menulis sendiri sebuah surat kadang cukup membingungkan. bagi yang ining mengetahui tata cara penulisan surat resmi atau surat bisnis, baca disini

Dari awal memang perlu digarisbawahi bahwa contoh surat menyurat dalam bahasa inggris sebenarnya hampir sama denagan surat menyurat berbahasa Indonesia. Hanya saja struktur dan frase kalimatnya yang tentu berbeda. Kesamaannya ada pada tujuan. Surat berbahasa apapun akan mempunyai tujuan yang hampir sama.
Ini bukanlah contoh surat pembaca dalam bahasa inggris dan tentu berbeda dengan contoh surat pendek bahasa indonesia dalam hal frase dan strukturnya. Hampir semua contoh surat perkenalan dalam bahasa inggris mempunyai kesamaan materi isi, mulai identitas diri, informasi keluarga, hobby dan kegemaran.

Isi dari artikel kali ini adalah sepeutar struktur dan contoh surat tidak resmi atau personal letter dengan pembahasan utama:

1. Contoh surat pendek 1
2. Contoh surat pendek 2
3. Contoh surat pendek 3
4. Tambahan contoh Personal Letter yang baik
5. Penpal surat untuk sahabat pena dalam bahasa inggris dan terjemahannya

Tentu saja dengan membaca artikel ini akan sangat membantu, harapannya dalam menulis dan mengarang sebuah surta tidak remi sendiri.

Contoh Surat Pendek 1
Dear Marcela,
I’m so exited about your visit. There are at lot of different fun things to do here.We can go watch a movie, bowling our go snowmobiling. We can also visit my friends in Salt Lake.
These are the directions Is north to ctt8, then you will be on I-80 east take exit 9. Go straight on 2.300 east, until 3300 south you well see a 7 eleven on your right turn left go to the fourth light, my house is on the right.
See you in four weeks.
Love,
Marcia
Arti Surat 1
Dear Marcela,

Aku merasa sangat senagan akan rencana kunjunganmu kesisni. Ada banyak hal yag menyenangkan yang bisa dilakukan di sini. Kita bisa pergi menonton film, bowling atau snowmobiling. Kami juga dapat mengunjungi teman-teman di kota Salt Lake.

Berikut adalah petunjuk menuju Utara ke ctt8, kemudian kamua akan ke I-80 Timur setelah itu keluaralah di pintu  9. Jalan lurus menuju 2.300 Timur, sampai 3300 sebelah Selatan kamu akan senang melihat 7 eleven di kanan belok kiri menuju lampu lalu lintas ke empat, rumahku adalah di sebelah kanan.
Selamat bertemu dalam  empat minggu kedepan.
Cinta
Marcia

Contoh Surat Pendek 2
Favorite Tere,
How are you? I am very glad, because I know that you is coming, I have many plans to enjoy together that I am sure we will never forget. Here the snow is like the beach in Mexico,a place where you can run,climb and sky. First I want to go to eat in Argentina Restaurant, later we can go to Salt Lake to visit the Temple Square, and in the weekend we can go to the mountain and camp there,don’t worry for the cold. I going to get a sleeping’s bag couple this week,but please don’t forget to bring your lantern, Okay?
Now, I going to explain how get home. In front of the airport there is a post office, so went you are in front of it ,you can go down toward right,for five blocks,you will be in Bulldog Avenue. Turn right at the first street after the Smith’s. Then make a left turn onto Temple. My house is almost ten steps from it. My house’ number is 14. You can park your car in my garage,because I crash my car last week,so my car is at the mechanic.
Please advise if you get some trouble. See you later.
Sincerely,
Janette

Tere yang baik,

Bagaimana keadaanmu? Saya sangat senang, karena saya tahu bahwa Anda akan datang, aku punya banyak rencana untuk bisa kita nikmati bersama sehingga saya yakin kita tidak akan pernah lupa. Di sini salju adalah seperti pantai di Meksiko, tempat dimana Anda dapat menjalankan, memanjat dan langit. Pertama saya ingin pergi makan di Argentina Restoran, kemudian kami bisa pergi ke Salt Lake untuk mengunjungi Temple Square, dan di akhir pekan kami bisa pergi ke gunung dan perkemahan tidak, jangan khawatir untuk dingin. Saya akan mendapatkan kantong tidur di beberapa minggu ini, tapi jangan lupa untuk membawa lentera Anda, oke?

Sekarang, saya akan menjelaskan bagaimana mendapatkan rumah. Di depan Bandara terdapat sebuah kantor pos, jadi pergi Anda di depannya, Anda bisa turun ke arah kanan, untuk lima blok, Anda akan di Bulldog Avenue. Belok kanan di pertama jalan setelah Smith. Kemudian membuat berbelok ke kiri ke Candi. Rumah saya adalah hampir sepuluh langkah dari itu. Rumah saya ‘ nomor adalah 14. Anda dapat memarkir mobil Anda di garasi saya, karena aku kecelakaan mobil saya minggu lalu, sehingga mobil saya di montir.
Silakan menyarankan jika Anda mendapatkan beberapa masalah. Sampai bertemu lagi.
Dengan Hormat
Janette

Contoh Surat Pendek 3
Dear Ching,
How are you today? Is everything ok? I didn’t know you address or phone number, how I could find you. Now that I have your address, I can write a letter to you. I’m very well here, the weather is snowing, and it’s also very cold. Next week, my friends and I will go skinning. Do you want go to ski with us? But I need you to tell me your answer, and then I can prepare some things. We decided to gather my house. I’ll give you my house’s map, and then you can find my home.
My apartment is on University Ave, You can ride bus I15 to Provo, and then you can see a big signboard for Denny’s. In next block is University Ave, you can see there is an apartment camper, that’s the Glenwood, that’s my house, my apartment number is 148, you can find me very easy, if you have any questions, you can call me, my phone number is 370-2123.
Finally, I hope you have a good day, I hope you are very well in your work, study, or anything, if you have any problem, I already gave you my phone number, so you can tell me your answer. Good Luck!
Love,
Andrea

Kepada Ching,
Bagaimana keadaanmu hari ini? Adalah segalanya ok? Aku tidak tahu kau alamat atau telepon nomor, bagaimana aku bisa menemukan Anda. Sekarang bahwa saya punya alamat Anda, saya dapat menulis surat kepada Anda. Saya sangat baik di sini, cuaca turun salju, dan hal ini juga sangat dingin. Minggu depan, teman saya dan saya akan pergi menguliti. Apakah Anda ingin pergi Ski dengan kami? Tetapi saya perlu Anda untuk memberitahu saya jawaban Anda, dan kemudian saya bisa mempersiapkan beberapa hal. Kami memutuskan untuk mengumpulkan rumah saya. Aku akan memberi Anda peta rumah saya, dan kemudian Anda dapat menemukan rumah saya.
Apartemen saya adalah di Universitas Ave, Anda dapat naik bus I15 untuk Provo, dan kemudian Anda dapat melihat papan besar Denny’s. Di next blok adalah Universitas Ave, Anda dapat melihat ada apartemen camper, yang Glenwood, yang adalah rumah saya, saya nomor apartemen 148, Anda dapat menemukan saya sangat mudah, jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat menghubungi saya, nomor telepon saya adalah 370-2123.
Akhirnya, saya berharap Anda memiliki hari yang baik, saya berharap Anda yang sangat baik dalam pekerjaan Anda, belajar, atau apa pun, jika Anda memiliki masalah, saya sudah memberi Anda nomor telepon saya, sehingga Anda dapat memberitahu saya jawaban Anda. Semoga sukses!
Dengan Cinta,
Andrea

Adapun cara menulis balasan surat bahasa inggris tentang liburan misallnya tentu berkaitan dengan bagaiaman pengertian dan struktu surat pribadi. Sedikit sama dengan tata cara dan contoh pendapat pribadi dalam bahasa inggris hanya saja dituis dalam bentuk surat. Surat personal ini bisa berupa contoh personal letter untuk guru dan contoh personal letter untuk idola, mungkin juga contoh personal letter untuk pacar atau dekemas sedikit berbeda sebagai contoh postcard singkat. Kesemuanya adalah berbagai macam keperluan dari personal letter.

Berbeda dengan contoh surat planning yang bisa berupa official letter pun bisa berupa personal letter atau contoh surat pribadi yang pendek. Ini berkaitan dengan contoh surat resmi dalam bahasa inggris dengan kehususan sebagai contoh surat sahabat pena full atau dalam bahasa Indonesia dikenala dengan istilah contoh surat untuk sahabat pena.

Frase “hi my companion how are you there” bisa menjadi kata pembuka dalam sura pribadi kepada teman bebrbahasa Inggris. Ada banyak isi pesan bahasa inggris untuk sahabat ini meki begitu, kita tetap harus merujuk pada struktur personal letter yang biasanya berbeda dengan bussiness letter. Pelajaran tentang struktur surat pribadi dalam bahasa inggris Inggris ini menajdi satu tema pembelajaran bahasa Inggris berbasisi teks dan tentunya berbeda dengan surat bahasa inggris resmi. Mengingat surat resmi  bukanlah sebuah surat pribadi tentang liburan ke yogyakarta atau ke tempat wisata lainnya dan jufa bukan contoh surat untuk teman sekelas.

Setelah membuat atau membaca berbagai contoh surat pribadi, tentu untuk memberikan pemahaman yang ebih utuh juga harus diberikan berbagai contoh soal personal letter ini. Informasi yang ditanyakan dalam surat pribadi biasanya meliputi who is the sender, who is the recipient, dan wahy are the letter about. Disamping soal word meaning juga word reference, tentu implied information akan menjadi tema penulisan soal yang umum ditemukan.

Begitulah contoh surat pribadi kepada sahabat dalam bahasa Inggris. Semoga bisa bermanafaat dan memberikan motovasi dan perkiraan cara menulis sendiri surat pribadi baahasa Inggris yang bagus.
Source: http://www.elc.byu.edu/classes/buck/w_garden/students/students_letters.html

Tambahan Contoh Personal Letter dalam Bahasa Inggris

Sebagaimana kita ketahui personal letter adalah surat tidak resmi. Jenis surat pribadi ini bisa berupa surat untuk sahabat, surat untuk saudara, surat untuk orang tua, dan masih bayak lagi jenis surat untuk berbagi kabar, keakraban, dan keramahan sosial.

Kita sering harus berkirim surat dalam kehidupa kita sehari hari. Ketika kitada tidak berada dalam satu tempat dengan orang yang ingin kita beri tahu keadaan kita, surat adalah salah satu media untuk menyamapaikan hal tersebut. Dari dulu saling kirim sura menyurat sudah menjadi semacam budaya banyak bangsa. Kita mengenal corespondesi yang mana istilah ini adalah suatu istilah untuk surat menyurat yang cukup terkenal pada masanya.

Sering berjalannya waktu dan perkembangan jaman budaya surat menurut mulai berganti media. Meskiberganti dan bergeser, inti dari surat  menyurat tetaplah sama, yaitu memberitahukan suatu keadaan dari penulis surat kepada penerima surat. Saat ini kita saling berbagi pengetahuan keadaan dengan media yang lebih efisien.Kita bisa saling berkirim surat dengan e-Mail. Ini adalah bentuk surat digital yang kirim biasanya memakai jaringan internet. Deangan cara ini, surat yang kita kirim lebih cepat sampai den isi surat kita iku akan lebih kaya bacaan. Dengan surat elektronik yang kita kirimkan kepada orang tua, teman, saudara, adik, dan banyak lagi orang yang memungkinkan kita kirimi surat pribafi dengan memperkaya isi seperti tulisan, gambar, dan bahkan surat pribadi digital ini bisa berupa video.

Memanfaatkan budaya surat menyurat secara pribadi ini tentu sangat bagus dalam mendukung kemajuan dan kemudahan dalam belajar bahasa Inggris. Kita tinggal merubah kebiasaan menulis surat pribadi itu dengan menggunakan bahasa Inggris. Alhasil kita sebenaranya sudah belajar cara merankai kata perkata menjadi kalimat bahasa Inggris. Dari kalimat perkalimat kemudian kita susun menjadi sebuah alinea atau paragraf. Dari paragraf inilah kemudian terciptalah sebuah contoh personal letter dalam bahasa Inggris. Secaradisadari, kita sudah belajar banyak hal unsur-unsur bahasa Inggris, misalnya vocabularies, grammar and structure, dan tentu saja generic structure of personal letter.

Struktur dan contoh personal letter yang baik itu bagaiaman? Untuk memudahkan seperti apa tata cara menulis personal letter bahasa Inggris yang baik itu. Kita bisa melihat unsur dan letak pembentukanya suatu surat pribadi dibawah ini

generic structure dan contoh personal letter

Dari gambar diatas, jelas sekali bahawa tidak hanya formal/business letter yang harus mencantumkan struktur yang baik. Personal letter pun harus memenuhi unsur-unsur yang disaratkan ketika menulis sebuah surat pribadi.  Berikut adalah contoh personal letter yang baik dalam bahasa Inggris

contoh personal letter yang baik

Begitulah tata cara membuat dan menulis surat pribadi atau surat tidak resmi dalam bahasa Inggris. Tentu saja kan banyak lagi contoh personal letter yang berbeda baik dalam style dan pilihan kata yang dugunakan. Akan tetapi selalu ada patokan umum yang disepaki bersama. Nah surat-surat pribadi diatas adalah beberapa contoh personal letter yang baik dalam bahasa Inggris. Happy learning!

Penpal surat untuk sahabat pena dalam bahasa inggris dan terjemahannya

Contoh surat untuk sahabat pena atau biasa disebut dengan pen friend atau penpal sering dipakai untuk latihan menulis surat pribadi dalam bahasa Inggris. Surat sahabat penan ini menjadi salah satu contoh personal letter. Kita tahu bahwa surat pribadi ini bisa berupa contoh personal letter untuk guru, contoh personal letter untuk pacar,
contoh surat fan mail dalam bahasa inggris, contoh surat pribadi untuk teman sekelas, ataupun surat cinta jarak jauh bahasa inggris. Hampir semua contoh surat bahasa inggris mempunyai struktur penulisan dan tidak luput juga struktur surat pribadi dalam bahasa inggris juga harus diperhatikan karena sangat berbeda dengan stuktur contoh surat bahasa inggris formal, surat keterangan lulus bahasa inggris, dan contoh surat bahasa inggris perusahaan yang bersifat resmi dan sangat formal karena untuk kepentingan bisnis.

Pengertian sahabat pena adalah persahabatan yang dilakukan dengan korespondesi atau surat menyurat. Contoh surat untuk sahabat pena yang paling fenomenal adalah surat surat RA Kartini yang dikirimkan ke teman sahabat penanya. Berikut adalah beberapa pen pal letter example yang bisa dipelajari untuk meningkatkan kemampuan menulis dan membaca bahasa Inggris. Namun sebelum contoh kita berikan alangkahkah lebih baik kalau kita mengingat lagi structure of personal letter. Sebagaia mana banyak surat, bangunan penulisan sebuah surat harus kita ketahui. Berikut adalah frase-frase yang biasa dulis untuk surat sahabat pena.
Salutation: Salam Pembuka

  • Dear penfriend(Salam sahabat pena)
  • Dear Tono(Salam Tono)

Starting the first Letter: Mengawali Surat

  • Hi! How are you? I’m fine.(Hai! Apa kabar? Saya baik-baik saja.)
  • I am happy to be your pen friend.(Saya senang menjadi sahabat pena Anda.)
  • I will introduce myself to you.(Saya akan memperkenalkan diri kepada Anda.)
  • I will tell you about my family.(Saya akan bercerita tentang keluarga saya.)

Starting the second Letter: Ungkapan Kabar dan Terima Kasih

  • Hi! How are you? I’m fine.(Hai! Apa kabar? Saya baik-baik saja.)
  • I enjoyed reading your letter very much.(Saya sangat menikmati membaca surat Anda.)
  • Thank you for your e-mail.(Terima kasih atas email Anda.)
  • Thank you for your letter it was great.(Terima kasih atas surat Anda, itu hebat.)
  • Thank you for writing back.(Terima kasih telah menulis kembali.)
  • Thanks a lot for writing back to me.(Terima kasih banyak telah menulis kembali kepada saya.)
  • Thanks for the last letter(Terima kasih untuk surat terakhir)
  • Hello! Thank you for your letter. It was great!(Halo! Terima kasih atas surat Anda. Itu luar biasa!)

Starting the second letter with an apology: Ungkapan Maaf dalam Surat

  • I am sorry I did not reply earlier.(Maaf saya tidak membalas sebelumnya.)
  • I am sorry that it has been a long time since I last wrote.(Saya menyesal sudah lama sejak saya terakhir menulis.)
  • I have been busy at school.(Saya sibuk di sekolah.)
  • I had exams at school.(Saya menjalani ujian di sekolah.)
  • I have been ill.(Saya sakit.)

Saying Goodbye: Menakhiri Surat

  • Bye for now and write back soon!(Selamat tinggal sekarang dan segera tulis kembali!)
  • I hope to hear from you soon.(Saya berharap untuk mendengar dari Anda segera.)
  • Write back soon!(Segera tulis kembali!)
  • I hope you will write soon.(Saya harap Anda akan segera menulis.)
  • I look forward to hearing from you!(Saya berharap mendengar kabar dari kamu!)
  • Please don’t forget to answer my letter.(Tolong jangan lupa untuk menjawab surat saya.)
  • Well I’d better be going.(Yah aku lebih baik pergi.)

Closing: Kata Penutup

  • From your penpal(Dari penpal Anda)
  • From your new friend(Dari teman barumu)
  • Yours sincerely(Dengan hormat)
  • Your pen friend(Teman penamu)
  • From your Friend(Dari temanmu)

Nah setelah emngetahui ungkapan ungkapan yang sering digunakan dalam penulisan surat untuk sahabat pena, sekarang kita lihat beberapa contoh surat penpal.

Contoh surat untuk sahabat pena 1

Dear Madison,
I am so grateful that I finally found someone I can write to on a regular basis! Thank you for agreeing to be my pen pal, I appreciate it very much. I know that we both already have an idea about each other, but I’d like to tell you a bit more about myself.
I really enjoy reading books and try to read at least 2 a week. Sometimes it is hard to keep up with this schedule, especially while going to university and working at the coffee shop, but I try my best. I also really like movies and will sometimes watch a movie from a book after I have read the book just to see if they’re different and to see which I like more. Usually the book is better.
Please write and tell me more about yourself, I’d love to hear.
Talk with you soon!
Jasmine

Sumber: https://www.ieltspodcast.com/letter-to-a-friend/
Arti
Salam Madison,
Saya sangat bersyukur bahwa saya akhirnya menemukan seseorang yang dapat saya kirimi surat secara teratur! Terima kasih telah menyetujui untuk menjadi sahabat pena saya, saya sangat menghargainya. Saya tahu bahwa kami berdua sudah memiliki gagasan tentang satu sama lain, tetapi saya ingin memberi tahu Anda sedikit lebih banyak tentang diri saya.
Saya sangat menikmati membaca buku dan mencoba membaca setidaknya 2 minggu. Kadang-kadang sulit untuk mengikuti jadwal ini, terutama saat pergi ke universitas dan bekerja di kedai kopi, tetapi saya mencoba yang terbaik. Saya juga sangat suka film dan kadang-kadang akan menonton film dari sebuah buku setelah saya membaca buku hanya untuk melihat apakah mereka berbeda dan untuk melihat mana yang saya sukai. Biasanya bukunya lebih baik.
Tolong tulis dan ceritakan lebih banyak tentang diri Anda, saya ingin sekali mendengarnya.
Semoga segera bisa berbicara dengan Anda!
Jasmin

Contoh surat untuk sahabat pena 2

Dear Dino,
My name is Anton, and I’m 22 years old and have just graduated from college. I found your name on www.penpalworld.com and learned from your profile that you are a graphic artist in India. I have a new job as an intern in a graphic design company and will learn how to create advertisements for print and online media for our clients. I thought being in contact with you would broaden my horizons and inspire my artistic abilities.
I love color and most of my portfolio is filled with brightly colored examples of design using basic shapes and sans serif font. I have enclosed a small example of what I do. It’s one of my favorite samples from my work in college and would appreciate your opinion.
What type of design do you love? Do you include traditional Indian design in your work? I would enjoy discussing design with you and learning new things. Hopefully, my work and ideas can inspire you too.
Let me know what you think and, if possible, send me a sample of your work. Maybe together our creations will be much better than they would have been alone.
Hope to hear from you soon.
Anton

Sumber: https://requestletters.com/home/writing-your-first-letter-to-a-pen-pal-with-sample

Arti
Dear Dino,
Nama saya Anton, dan saya berusia 22 tahun dan baru saja lulus kuliah. Saya menemukan nama Anda di www.penpalworld.com dan mengetahui dari profil Anda bahwa Anda adalah seorang seniman grafis di India. Saya memiliki pekerjaan baru sebagai pekerja magang di perusahaan desain grafis dan akan belajar cara membuat iklan untuk media cetak dan online untuk klien kami. Saya pikir berhubungan dengan Anda akan memperluas wawasan saya dan menginspirasi kemampuan artistik saya.
Saya suka warna dan sebagian besar portofolio saya dipenuhi dengan contoh desain berwarna cerah menggunakan bentuk dasar dan font sans serif. Saya telah melampirkan contoh kecil dari apa yang saya lakukan. Ini adalah salah satu sampel favorit saya dari pekerjaan saya di perguruan tinggi dan akan menghargai pendapat Anda.
Jenis desain apa yang Anda sukai? Apakah Anda memasukkan desain tradisional India dalam pekerjaan Anda? Saya akan senang mendiskusikan desain dengan Anda dan mempelajari hal-hal baru. Semoga karya dan ide saya dapat menginspirasi Anda juga.
Beri tahu saya apa yang Anda pikirkan dan, jika mungkin, kirimkan saya contoh karya Anda. Mungkin bersama-sama kreasi kita akan jauh lebih baik daripada jika mereka sendirian.
Berharap untuk mendengar dari Anda segera.
Anton

Contoh surat untuk sahabat pena 3

Hello, Alia! Let me introduce myself. My name is Hannah.
I know your name from my friend, Caroline. She told me that you sent her an email telling her that you would like to have more pen pals from the US. I’d really like to be your E-pal. You sound really cool!
I guess I’d better tell you something about myself first. I’m 16 years old and I attend Thomas Edison High School here in Minneapolis, Minnesota, USA. I have two brothers and two half sisters and I’m the middle child. My father died a few years ago so my mother runs the house and the family business. My father was a barista.
I have lots of hobbies. I like music – mostly classical music and folk music – but I don’t play an instrument. I like sports, especially tennis and basketball. At school I’m in the basketball team and I spend most of my extra-curricular time playing basket ball. i’m into animals very much. My sister and I have three dogs, a rabbit and an iguana. They need lots of attention as you can imagine. At school, I have many friends who were not fully fluent in English. Their family moved here from Asia. I enjoy talking to them about our different cultures. My favorite subjects at school are art and geography. I think I’d like to become a park ranger when I graduate, perhaps work for the National Parks Service.
I haven’t got much interest in fashion, although we have ‘Mall of America,’ the biggest mall in Minnesota. We can reach the mall very easily. A commuter train runs every 15 minutes, buses also come from different directions. We can also drive to the mall. It’s much faster than going there by train or by bus.
I don’t like reading but I love drawing and painting. How about you? Please drop me a line, Alia! Can’t wait to hear from you!
Hannah

Arti
Halo, Alia! Biarkan saya memperkenalkan diri. Nama saya adalah Hannah.
Saya tahu nama Anda dari teman saya, Caroline. Dia mengatakan kepada saya bahwa Anda mengiriminya email yang mengatakan kepadanya bahwa Anda ingin memiliki lebih banyak sahabat pena dari AS. Saya benar-benar ingin menjadi E-pal Anda. Kamu terdengar sangat keren!
Saya kira saya lebih baik memberi tahu Anda tentang diri saya terlebih dahulu. Saya berumur 16 tahun dan saya bersekolah di Thomas Edison High School di sini di Minneapolis, Minnesota, AS. Saya memiliki dua saudara lelaki dan dua saudara perempuan tiri dan saya adalah anak tengah. Ayah saya meninggal beberapa tahun yang lalu sehingga ibu saya menjalankan bisnis rumah dan keluarga. Ayah saya adalah seorang barista.
Saya punya banyak hobi. Saya suka musik – kebanyakan musik klasik dan musik rakyat – tapi saya tidak memainkan alat musik. Saya suka olahraga, terutama tenis dan bola basket. Di sekolah saya di tim bola basket dan saya menghabiskan sebagian besar waktu ekstra kurikuler saya bermain bola basket. Saya menjadi binatang. Adikku dan aku punya tiga anjing, seekor kelinci dan seekor iguana. Mereka membutuhkan banyak perhatian seperti yang dapat Anda bayangkan. Di sekolah, saya punya banyak teman yang tidak lancar berbahasa Inggris. Keluarga mereka pindah ke sini dari Asia. Saya senang berbicara dengan mereka tentang budaya kami yang berbeda. Mata pelajaran favorit saya di sekolah adalah seni dan geografi. Saya pikir saya ingin menjadi penjaga taman ketika saya lulus, mungkin bekerja untuk Layanan Taman Nasional.
Saya belum terlalu tertarik pada fashion, meskipun kami memiliki we Mall of America, mall mal terbesar di Minnesota. Kita bisa mencapai mal dengan sangat mudah. Kereta komuter beroperasi setiap 15 menit, bus juga datang dari arah yang berbeda. Kita juga bisa berkendara ke mal. Ini jauh lebih cepat daripada pergi ke sana dengan kereta atau dengan bus.
Saya tidak suka membaca tetapi saya suka menggambar dan melukis. Bagaimana dengan kamu? Tolong berikan saya satu baris, Alia! Tidak sabar menunggu kabar dari Anda!
Hannah

Contoh surat untuk sahabat pena 4

Assalamu’alaikum Alia,
It was very interesting to read your letter about yourself and your hometown. I would really like to be your pen friend.
I’m a sixteen-year-old school student from Johor Bahru in Malaysia. Actually I attend an Islamic boarding school just outside the city but my family live in Kuala Lumpur. My eldest sister is a medical doctor. She will get married soon. My younger brother is an elementary school student in KL but he often writes to me via email.
My favorite subjects are social sciences. I like history very much; it helps me know more how different countries existed in the past. At school we are supposed to use English at all times, even when we are in the dormitory, so we have become quite fluent although sometimes we slip back into Malay, which is our mother tongue.
As for hobbies, I’m really into songs and music. My favorite singer is Yusuf Islam whose former name was Cat Steven. He’s so cool! Another singer I like is Maher Zain with his religious songs. My favorite Malay singer is of course Siti Nurhaliza. I also like watching movies, especially comedies. The actor I like best is Tom Cruise.
I’m really into books. I like reading novels and short stories, mostly by Malay authors who you probably haven’t heard of. I like some writers in English, like JK Rowling and Indonesian writers too, like Andrea Hirata and Ahmad Fuadi. My dream, when I’m older, is to be a writer of science fiction books set in the distant future.
I’d really love to come to Indonesia some day. I heard that it has the largest number of Muslims of any country. A book that I’ve just read mentions that there are some magnificent places to visit, such as, Bali, Sulawesi, Papua and Borneo! What about you, do you want to visit my country? Wassalam, Saidah
Cheers,
Saidah

Sumber: Bahasa Inggris Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester 1, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014.

Arti
Assalamu’alaikum Alia,
Sangat menarik untuk membaca surat Anda tentang diri Anda dan kota asal Anda. Saya benar-benar ingin menjadi sahabat pena Anda.
Saya seorang siswa sekolah enam belas tahun dari Johor Bahru di Malaysia. Sebenarnya saya menghadiri sekolah asrama Islam di luar kota tetapi keluarga saya tinggal di Kuala Lumpur. Kakak perempuan tertua saya adalah seorang dokter. Dia akan segera menikah. Adik saya adalah seorang siswa sekolah dasar di KL tetapi dia sering menulis kepada saya melalui email.
Mata pelajaran favorit saya adalah ilmu sosial. Saya sangat menyukai sejarah; ini membantu saya mengetahui lebih banyak bagaimana berbagai negara ada di masa lalu. Di sekolah kita seharusnya menggunakan bahasa Inggris setiap saat, bahkan ketika kita berada di asrama, jadi kita menjadi cukup lancar meskipun kadang-kadang kita kembali ke bahasa Melayu, yang merupakan bahasa ibu kita.
Mengenai hobi, saya benar-benar menyukai lagu dan musik. Penyanyi favorit saya adalah Yusuf Islam yang bernama mantan Steven Cat. Dia sangat keren! Penyanyi lain yang saya suka adalah Maher Zain dengan lagu-lagu agamanya. Penyanyi Melayu favorit saya tentu saja Siti Nurhaliza. Saya juga suka menonton film, terutama komedi. Aktor yang paling saya sukai adalah Tom Cruise.
Saya benar-benar menyukai buku. Saya suka membaca novel dan cerita pendek, kebanyakan oleh penulis Melayu yang mungkin belum pernah Anda dengar. Saya suka beberapa penulis dalam bahasa Inggris, seperti JK Rowling dan penulis Indonesia juga, seperti Andrea Hirata dan Ahmad Fuadi. Impian saya, ketika saya lebih tua, adalah menjadi penulis buku-buku fiksi ilmiah di masa depan yang jauh.
Saya benar-benar senang datang ke Indonesia suatu hari nanti. Saya mendengar bahwa ia memiliki jumlah Muslim terbesar di negara mana pun. Sebuah buku yang baru saja saya baca menyebutkan bahwa ada beberapa tempat yang luar biasa untuk dikunjungi, seperti, Bali, Sulawesi, Papua dan Kalimantan! Bagaimana dengan Anda, apakah Anda ingin mengunjungi negara saya? Wassalam, Saidah

Sekali lagi menulis surat untuk sahabat penan ini sangat bagus sebagi media melatih kemampuan writing English. Untuk contoh surat bahasa Inggris untuk sahabat pena lebih banyak lagi, lihat DISINI.

Nah demikian surat ini kami sampaikan english, sebuah surat pribadi, surat tidak resmi, surat non bisnis, atau surat non formal sebagi bahan belajar bahasa Inggris.

3 Contoh Surat Untuk Teman Sangat Pendek Dalam Bahasa Inggris | englishadmin | 4.5