Pengertian dan Contoh Noun Clause dalam Bahasa Inggris

Noun clause ini sering kita temukan dalam kalimat bahasa Inggris dengan memakai awalan atau pengatantar kata that dan kata tanya what, why, how, which dan question word lainnya. Apa sebenaranya noun clause itu?

Menurut para ahli linguistics dan jagoan grammar structure bahasa Inggris, naoun clause adalah sekumpulan kata, ingat sekumpulan bukan hanya satu kata, yang berfungsi menduduki posisi subject atau object dalam kaliamt bahasa Inggris tersebut. Kumpulan kata ini juga bukan frase sehingga sudah memiliki unsur SBOK sendiri. Tidak percaya pengertian naoun clause itu begitu sederhana? Mari kita perhatikan gambar difinis berikut!

pengertian noun clause dalam bahasa Inggris
Pengertian noun clause menurut para jawara grammar dan structure bahasa Inggris.

 Jadi sekali lagi naun clause itu adalah sebuah kalimat kecil, buktinya sudah punya subject dan predicate sendiri, yang ditempelkan kepada kalimat lain. Naun clause ini meski sudah berstatus sebagai suatu kalimat sendiri namun kodratnya harus menempel kepada kalimat lainnya. Menempelnya naun caluse ini berfungsi untu menjelasakan atau mengantikan posisi kata benda ( noun) dalam kalimat yang ditempeli tersebut. Mari beandai-anadai:
I know it = Saya mengathui itu
Kata it diperjelas sehigga menjadi berikut
I know that you lie to me = Saya mengetahui bahwa kamu berbohong

Kata you tha you lie to me adalah mengantikan kata it pada kalmat pertama. Kenapa harus diganti. Supaya lebih bagus, supaya lebih jelasa, atau namanya pengantian mungkin kata it sedang tidak bisa karean liburan hehhe. Sekarang perhatikan lagi contoh berikut
It makes me shocked = itu membuat saya tekejut
Kata it diatas supayah tidak menimbulakn kebingunan lagi maka perlu diganti dengan kumpulan kata seperti berikut
What Tini does makes me shock = Apa yang dilakukan Tini membuat saya terkejut
Penggantian kata it dengan kumpulan kata what Tini does membuat kalimat diatas lebih jelas, tidak menimbulkan pertanyaan lagi alias menghindari kesalahpahaman.