6 Contoh Procedure Text Singkat dan Artinya beserta Audio MP3

Teks procedure adalah instruksi tata cara melakukan sesuatu. Inilah 6 contoh procedure text bahasa Inggris beserta artinya. Dilengkapi juga dengan file audio English supaya bisa didownload dan bisa berlatih listening English setiap saat.

Banyak sudah pembahasan teks instruksi ini, seperti dalam artikel 4 contoh procedure singkat berbagai topik sebelumnya. Namun karena jenis teks ini sangat fungsional, maka kita tambah lagi dengan 6 teks procedure yang sangat singkat ini.

Semua contoh teks procedure bahasa Inggris ditulis dan disusun dari struktur kalimat imperative. Pembahasan tentang cara membuat dan memahami imperative sentence ini sudah dibahas DISINI.

Mempelajari bahasa Inggris di sekolah menengah banyak berhubungan dengan berbagai macam jenis teks. Cara memahamai perbedaan jenis jenis teks bahasa Inggris itu bisa dilihat dari generic structure nya.  Adapun  struktur teks procedure adalah:
1. Goal: Tujuan ditulisnya sebuah instruksi melakukan sesuatu
2. Materials: Bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan sesuatu
3. Steps: Langkah langkah yang ditubuthkan untuk menyelesaikan suatu prosedur.

Meski begitu dalam banyak tulisan instruksi yang sebenaranya baik berupa manual guide, resep cara memasak, cara menggunakan, dan mengoperasikan suatu alat, unsur generic structure diatas tidak selamanya bisa ditemukan, seperti material dan peralatan. Unsur ini kadang dianggap tidak perlu disebutkan lagi karean sudah dimaklumi.

susunan pararaf teks prosedure bahasa Inggris
Pola susunan paragraf dakam teks prosedure bahasa Inggris

Baiklah biar tidak lama langsung saja kita lihat 6 contoh teks prosedur atau instruksi pendek berbahasa Inggris lengkap dengan arti dan juga audio file berforamt MP3 untuk didownload .

1. Procedure Text – Working as Supervisor Woman
Good morning!
Before we start working today, I’d like to remind you of this. As a supervisor woman of this project, make sure that everything is in place.
First, about the working hours, work starts at 9 a.m. to 4 p.m. Workers should remain in the area during that period. Punctuality is obligatory.
Second, you have to take good care of all the tools you have used. Don’t forget to put them away when you have finished.
That’s all I want to say this morning. Happy working!

File audio English MP3 nya bisa didengarkan atau download DISINI. Setelah download supaya didengarkan dengan sesering mungkin supaya kemampuan listening English meninkat pesat.