Contoh New Item Text Terbaru 2016: National Musium On Fire

English Admin: Inilah contoh news item text pendek terbaru April 2016. Sebuah berita kebakaran di gedung musium national, tepatnya National Musium of Natural History, New Delhi India terbakar pada tanggal 26 April pagi 2016. Bagimana berita kebekaran ini bisa dijadikan media belajar news item text bahasa Inggris?

Sebagaimana disampaikan dalam pengertian news item text bahasa Inggris, bahwa tujuan dari jenis teks yang menggunakan tenses past ini ditulis untuk memberitakan kejadian harian disekitar kita. Untuk itu pola dan susunan generic structure news item text juga diatur demi tujuan tersebut.

Dalam banyak buku dan handout bahasa Inggris untuk SMA dan MA, genreic structure teks berita bahasa Inggris ini mengikuti susunan 3 unsur paragraf utama, yaitu:
1. Paragraf Newsworthy Event: Yaitu paragraf awal yang menginformasikan tentang kejadian apa (what), olehtau mengenai siapa (who, dimana kejadiannya (where), dan kapan kejadiannya (when)
2. Paragraf Background Events: Yaitu beberapa pargraf yang menjelasakans ecara detil kenapa dan bagimana kejadian yang telah disampaikan di paragraf pertama itu terjadi. Umumnya paragraf latar belakang ini berisi penjelsan atas pertanyaan kenapa peristwa itu terjadi (why) dan bagimana peristiwa itu terjadi (how)
3. Paragraf Sources: Yaitu paragraf terakhir yang berisi validitas berita. Paragraf penutup ini diberikan dengan merujuk pada  salah satu dari 3 hal yang bisa menjadi sumber berita, yaitu pelaku peristiwa (participants), saksi peristiwa (witness), dan pihak yang berwenang berkaitan dengan peristiwa itu (authority side). Meski begitu inti dari paragraf sumber berita ini dalam banyak tulisan berita bahasa Inggris tidak selamanya diletakkan di paragraf terakhir.

Ke 3 unsur generic structure diatas telah banyak diaplikasikan dalam kumpulan 5 contoh news item pendek bahasa Inggris yang telah diberikan sebelumnya. Untuk lebih memantapakan paa dan bagimana teks news item bahasa Inggris ini, berikut diberikan 1 lagi contoh terbaru 2016 berita kejadian yang ditulis dalam bahasa Inggris.

National Museum of Natural History, New Delhi Was On Fire
In the early morning of 26 April 2016, a fire broke out in the museum and destroyed the entire collection.
A 160 million-year-old fossil of a sauropod, and stuffed animals by renowned Mysuru-based taxidermists Van Ingen & Van Ingen, were part of the museum collection. The fire, which began around 01:30 on the sixth floor of the Federation of Indian Chambers of Commerce & Industry (FICCI) building, where the museum had been housed, eventually reached the second floor and consumed all of the museum’s exhibits before fire services were able to bring the flames under control.
Around 200 firefighters and 35 fire engines were called; they took more than three and a half hours to extinguish the fire. Six people who became trapped in the building were sent to hospital suffering from smoke inhalation.
Reports indicate that the devastating effect of the blaze was due to the building’s sprinkler system being out of order.
Note: Contoh news item text pendek terbaru 2016 ini diambil dan disusunulang dari https://en.wikipedia.org

Terjemahan dari Teks Berita Bahasa Inggris diatas adalah sebagi berikut:
Museum Nasional Sejarah Alam, New Delhi, Terbakar

Di pagi hari tanggal 26 April 2016, api muncul di museum dan menghancurkan seluruh koleksi musium.
Sebuah fosil yang berumus 160 juta tahun dan boneka hewan oleh yang diperbaharui Mysuru dengan dasar taxidermists Van Ingen & Van Ingen, adalah salah satu dari koleksi museum yang terbakar. Api muncul sekitar pukul 01:30 di lantai 6 bangunan Federasi Chambers of Commerce & industri (FICCI) India, dimana museum ini terletak, akhirnya mencapai lantai 2 dan membakar semua benda pameran museum sebelum bisa dijinakkan oleh tim pemadam kebakaran.
Sekitar 200 petugas pemadam kebakaran dan 35 mobil pemadam dikerahkan. Mereka butuh waktu lebih dari tiga setengah jam untuk memadamkan api.  Ada 6 orang yang terperangkap di gedung dan dikirim ke rumah sakit karena menghirup asap apai kebakaran.
Sebuah laporan menunjukkan bahwa akibatapai  yang begitu menghancurkan bisa terjadi karana sistem sprinkler bagnunan tidak berfungsi.

Gambar contoh news item text fire on musium

Gambar berita api melahap Musium National NewDelhI, Image @ huffpost.com

Analisa Generic Structure Contoh News Item Text Pendek Bahasa Inggris

Seperti disampakan diatas, untuk bisa mengidentifikasi apakah teks itu sebuah news item atau bukan, bisa dengan mudah diidentifikasi dengan cara melihat generic structure sebagi berikut:
1. Newsworthy Event: Paragraf tentang kejadian utama ini bisa dilihat dalam potongan kalimat berikut
In the early morning of 26 April 2016, a fire broke out in the museum
2. Background Events: Penjelasan tentang bagaiaman dan kenapa bis aterjadi seperti disampaikan dpalam paragraf utama bisa dilihat dari quotation dibawah ini
a. A 160 million-year-old fossil of a sauropod, and stuffed animals were part of the museum collection.
b. The fire began around 01:30 on the sixth floor of the FICCI building
c. Around 200 firefighters and 35 fire engines were called
d. Six people who became trapped in the building were sent to hospital
3. Sources: Meski tidak secara jelas dinyatakan namun kutipan kalimat dibawah bisa dijadikan sumber berita.
Reports indicate that the devastating effect of the blaze was due to the building’s sprinkler system being out of order

Begitulah contoh news item text pendek terbaru 2016 ini Bahan belajar yang dibutuhkan uga telah diberikan yaitu terjemahan dari teks bahasa Inggrisnya dan yang paling penting adalah analisa unsur generic structure pada contoh teks berita bahasa Inggris diatas. Komplit sudah pelajaran teks news item ini. Semoga bermanfaat.