Pengertian Narrative Text Bahasa Inggris – Panduan Komplit

English Admin – Artikel kali ini adalah tentang pengertian narrative text bahasa Inggris. Inilah panduan komplit tentang teks naratif. Apa definisi dan pengertian narrative text dalam bahasa Inggris itu? Kalau kita teliti, sebenarnya semua tulisan atau wacana yang kita baca baik dalam buku, surat kabar, dan jurnal ilmiah, hanya terdiri dari 4 macam jenis, yaitu karangn naratif, descriptif , instructive, dan argumentatif. Dari 4 kelompok besar teks inilah, kita mengenal 13 jenis teks bahasa Inggris yang dipelajari di sekolah-sekolah menengah di Indonesia.

Pasti sudah tidak heran lagi kalau belajar bahasa Inggris, terutama di sekolah SMP dan SMA, narrative text menjadi pelajaran wajib yang harus dikuasai dengan meliputi pengertin atau definisi, generic structure, ciri kebahasaan (language feature), dan contoh ceritanya. Narrative text memang identik dengan cerita namun kalau ditelaah lebih jauh, teks cerita tidak semuanya bisa digolongkan menjadi narrative text.

Sudah banyak yang membahas definisi dan pengertian narrative text, seperti artikel awal blog ini “What is narrative?” Namun kebanyakan tulisan yang ada hanya merangkum (bukan menjelaskan) 4 hal, yaitu: Purpose, Generic structure, language feature, dan contoh narrative itu sendiri. Ke 4 points diatas memang menjadi pembahasan utama dari diskusi jenis text bahasa Inggris, namun sayangnya keempat pembahasan tersebut rata rata hanya diberikan sekilas sehingga meskipun sudah sering membacanya bahkan sampai hafal sekalipun, belum menjamin pemahaman yang utuh apalagi jika dihadapkan pada soal-soal baru yang berhubungan dengan teks narrative tersebut.

What does Actually “Narrative” Mean?

Apa arti sebenarnya kata narrative itu? Pengertian jenis teks ini bisa kita telusuri dari arti katanya (word meaning). Sebagaimana dinyatakan dalam Oxford Learner’s Dictionary, Kata “Narrative” mempunyai definisi arti sebagai berikut:

a description of events, especially in a novel
the act, process or skill of telling a story

Dari arti kata (word meaning) diatas, kita sudah mendapat gambaran 2 hal tentang arti narrative. Yang pertama adalah hakikat apa itu narrative. Yang kedua adalah tujuan copy writer menulis teks narrative tersebut.