17 Jenis SHORT FUNCTIONAL TEXT Bahasa Inggris dan Contoh

English Admin – Inilah review lengkap 17 short functional text beserta contoh dalam bahasa Inggris. Memahami pengertian dan contoh short functional text. Belajar bahasa Inggris di sekolah menengah (high schools) meliputi genres atau 13 jenis teks dan teks fungsional. Inilah ringkasan 17 macam functional text beserta contoh nya dalam berbagai topik dan bidang penggunaan.

Sedikit bebeda dengan dengan text genre, functional text bersifat lebih aplikatif, ditulis dan digunakan dalam komunikasi sehari hari.  Sebenarnya jenis teks functional bahasa Inggris ini banyak sekali macamnya dan cenderung berkembang  karena sifatnya yang memang funsional.

Mekipun jumlahnya banyak sekali, dalam kaitanya belajar bahasa Inggris, para siswa dan guru mulai SMP dan SMA biasanya hanya mempelajari sekitar 17 macam seperti dibawah ini. Sebelum kita melihat pengetia dan contohnya masing-masing, alangkah lebih baik kalau kita memahami apa functional text. Pengertian functional text menurut banyak ahli adalah:
Short functional text is a text that has social function to inform something. It’s called short functional text because the text is short and has a specific information.
Jadi teks functional adalah sebuah teks tuisan yang berfungsi untuk menginformasikan pembaca tentang sesuatu. Disebut sebagi Short functional text karean memang rata-rata sangat pendek dan mempunyai tujuan khusus. Biar tidak bingung inilah 17 macam short functioan text untuk belajar bahasa Inggris di SMP (junior high school dan SMA (senior high schools).

1. Notice, Warning dan Caution
Notice adalah petunjuk atau pernytaan tertulis yang memberikan informasi tertentu atau memberikan peringatanis a sign or printed statement that gives information or a warning to people. Caution adalah bentuk peringatan tertulis agar para pembaca bersikap hati hati. Lihat contoh notice, warning dan caution berbahasa Inggris berikut ini.functional noticeContoh notice ” Do not throw trash in toilet” yang artinya “Jangan buang sampah di toilet”