Perbedaan BECAUSE AS dan SINCE dalam Kalimat Sebab Akibat

Materi ini akan sangat berkaitan dengan perbedaan because dan because of sebagai pembentuk kalimat cause effect bahasa Inggris. Selain itu pelajaran ini juga berhubungan dengan perbedaan because of dan due to dalam kaliamat sebab akibat. Secara umum ada 2 kelompok penghubung kalimat sebab akibat dalam bahasa Inggris. Pertama yaitu kelompok Conjunction yang terdiri dari kata BECAUSE, SINCE, AS, dll. Kelompok kedua adalah Preposition yang didalamnya bisa berupa kata BECAUSE OF, DUE TO, THANKS TO, OWING TO, dll.

Sebenarnya perbedaan BECAUSE AS dan SINCE dalam Kalimat sebab akibat lebih pada pemaknahan. Sementara dari struktur kalimat, ketiganya sama, yaitu harus diikuti oleh sebuah kalimat utuh, bukan frasa. Nah dari perbedaan Conjunction dan Preposition yang digunakan untuk menyambungkan kalimat cause eeffect, kita masuk lebih dalam pada perbedaan masin-masing kata penghubung dalam satu kelompok yang sama.

Persamaan dan Perbedaan BEECAUSE, AS, SINCE

Ada hal yang bisa dibuat pegangan dalam memahamai perbedaan kedua kelompok kata sambung tersebut. kata As, because and since adalah conjunctions. Ketiganya As, because and since semuanya menyambungkan sebuah subordinate clauses. Ketiganya juga menunjukkan hasil atau akibat dari suatu sebab atau alasan.

Penggunaan Because

1. kata Because itu lebih umum digunakan dari pada as and since, Baik dalam bahasa Inggris writing and speaking. Ketika kita memakai kata because, berarti kita lebih fokus pada sebab sutu perkara

  • Alisha is sad because her cousins went to a picnic, without her. ( Alisha sedih karena sepupunya pergi piknik, tanpa dia. )
  • Because breathing is something we do automatically, we rarely think about it. ( Karena bernapas adalah sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, kita jarang memikirkannya. )
  • Because she forgot to tell her husband when she’d be home, he ended up ordering pizza. ( Karena dia lupa memberi tahu suaminya ketika dia akan pulang, dia akhirnya memesan pizza. )
  • He didn’t get admission to the college because he was late to submit the application. ( Dia tidak masuk perguruan tinggi karena terlambat mengajukan lamaran. )
  • I am happy because I got a distinction in all the subjects in my High School examination. ( Saya senang karena saya mendapat perbedaan dalam semua mata pelajaran di ujian SMA saya. )
  • I am not coming with you, because I am tired. ( Aku tidak ikut denganmu, karena aku lelah. )
  • I know Shriya was not at home because I saw her in the market. ( Saya tahu Shriya tidak ada di rumah karena saya melihatnya di pasar. )
  • James said that he could not play cricket because his hand is fractured. ( James mengatakan bahwa dia tidak bisa bermain kriket karena tangannya patah. )
  • Just because I picked your call doesn’t mean I forgave you ( Hanya karena saya mengangkat telepon Anda, bukan berarti saya memaafkan Anda )
  • She is not in a mood to talk, because she has not even replied to our messages. ( Dia sedang tidak mood untuk berbicara, karena dia bahkan belum membalas pesan kami. )
  • She spoke quietly because she didn’t want Catherine to hear. ( Dia berbicara dengan pelan karena dia tidak ingin Catherine mendengarnya. )
  • They asked him to speak at the charity event because he was witty and lively. ( Mereka memintanya untuk berbicara di acara amal karena dia cerdas dan lincah. )
  • They had a fantastic road trip because they all belonged to the same age group. ( Mereka menjalani perjalanan yang fantastis karena mereka semua termasuk dalam kelompok usia yang sama. )
  • We missed the beginning of the movie because we reached late at the theatre. ( Kami melewatkan awal film karena kami sampai larut malam di teater. )
  • We’ll come over on Sunday because David’s got to work on Saturday. ( Kami akan datang pada hari Minggu karena David harus bekerja pada hari Sabtu. )

2. Dalam konteks percakapan bahasa Inggris, sering digunakan kata because dari pada as dan since dimana pembicara menanyakan suatu pertanyaan tentang suatu alasasan

  • Are you feeling unwell because you ate too much? ( Apakah kamu merasa tidak enak karena terlalu banyak makan? )

BUKAN:

  • Are you feeling unwell since you ate too much? or … as you ate too much? ( Apakah kamu merasa tidak enak karena terlalu banyak makan? )

Penggunaan As dan since

Meskipun kata AS dan SINCE juga menyambungkan kalimat bahasa Inggris sebab akibat, namun ada beberapa yang bisa dijakina pataokan dalam menyambungkan kalimat cause effect, diantaranya

1. Jika kita menggunakan kata as dan since, berarti kita ingin lebih menekankan pada akibat suatu peristiwa. Peristiwa penyebab memang juga disebutkan, namun fokusnya ada pada akibat. Kata As dan since digunakan lebih formal dalam kalimat bahasa Inggris.

  • As everyone already knows each other, there’s no need for introductions. We’ll get straight into the business of the meeting. ( Karena semua orang sudah saling mengenal, tidak perlu ada perkenalan. Kita akan langsung membahas urusan rapat. )
  • I have gained seven kilograms since I stopped exercising. ( Berat badan saya bertambah tujuh kilogram sejak saya berhenti berolahraga. )
  • I hope they’ve decided to come as I wanted to hear about their India trip. ( Saya berharap mereka memutuskan untuk datang karena saya ingin mendengar tentang perjalanan India mereka. )
  • Since everything can be done from home with computers and telephones, there’s no need to dress up for work any more. ( Karena semuanya bisa dilakukan dari rumah dengan komputer dan telepon, tidak perlu lagi berdandan untuk bekerja. )
  • Since I am in the middle of something, I cannot come right now. ( Karena saya sedang melakukan sesuatu, saya tidak bisa datang sekarang. )
  • They’re rather expensive, since they’re quite hard to find. ( Harganya agak mahal, karena cukup sulit ditemukan. )

2. Kara SINCE digunakan untuk menyambungkan kalimat sebab akibat diamana pedengar dan pembaca dianggap sudah mengetahui sebab dan akibat suatu perkara. Penekanan sebab sudah tidak penting lagi karena memang sudah diketahui sevara umum

  • Since you have all of the cool Wii games, we should hang out at your house tonight. ( Karena kamu memiliki semua game Wii yang keren, kami harus nongkrong di rumah kamu malam ini )

Inilah salah satu tips cara cepat belajara bahasa Inggris grammar, terutama struktur kalimat kompleks seperti perbedaan because dan because of dalam contoh contoh kalimat cause and effect since. Seperti diketahui penggunaan since dalam cause and effect akan berhubungan dengan pemaknahan apakah lebih fokus pada penyebab atau hanya waktu sebabnya. Semua penggunaan since dalam cause and effect itu merujuk pada waktu sejak sebab terjadi, bukan apa sebbanya, tapi kapan sebab itu mempengaruhi akibat. Kata conjunction since ini juga punya arti sejak kalau digunakan dalam kalimat yang menekankan sejak kapan suatu peristiwa itu terjadi.

Dalam banyak contoh kalimat due to the fact that, akan perlunya mengidentifikasi mana kalimat atau frase yang menjadi sebab dan mana kalimat yang menjadi akibat. Ketika kalimat sebab dan akibatnya sudah diketahui, maka dengan mudah kita bisa memilih kata sambung yang cocok. Seperti halnya penggunaan as a result ini berarti kata pengantarnya ini melekat pada kalimat akibat, sama seperti peggunaan so, therefore, dll.

Dalam pelajaran sebelumnya kita sudah paparkan apa perbedaan because of dan due to, juga sudah ada pembahasan tetnag perbedaan due to dan thanks to, termasuk juga tips penggunaan owing to. Kesemuanya itu akan lebih bagus kalau pembahasannya dilanjutkan dengan berlatih contoh soal because, because of due to. Dengan begitu hasil belajara bahasa Inggris tentang kalimat sebab akibat ini bisa terukur. Happy learning English!