What is Anecdote Text? Pengertian dan Contoh

English Admin – Belajar jenis teks cerita. Disamping ada cerita narrative, recount, dan juga spoof text, belajar bahasa Inggris berbasis teks juga memuat teks anecdote. Apa pengertian anecdote text itu? Inilah pembahasan tentang definsis teks yang termasuk dalam kelompok besar cerita ini.

Banyak yang menyangka bahwa anecdote text itu sama dengan cerita lelucon yang biasa kita dengan sehari hari. Teks anecdote malah tekesan serius dan penuh dengan makna karena dalam bagian akhir teks juga diberika fase evaluasi atau refleksi sehinggap pembaca tahu apa makna dan pelajaran yanb bisa diambil dari cerita tesebut.

penjelasan anecdote text
Pengertian anecdote menurut google

Agar tidak membingungkan dengan jenis teks lainnya, berikut akan diberikan pengertian anecdote text menurut rujukan buku atau sumber yang baik.

Definition and Social Function of Anecdote
Untuk itu disini diberikan pengertian teks anecdote dalam bahasa Inggris menurut ahlinya, diantaranya adalah seperti yang dinytakan dalam buku rujukan belajar jenis teks, Text Form and Features, yang ditulis oleh, Rachmat Wahidi, disana dinyatakan:
Anecdote is a text which retells funny and unusual incidents in fact or imagination. Its purpose is to entertain the readers.
Jadi yang dimaksud dengan teks anekdot dalam belajar bahasa Inggris di sekolah SMA dan MA adalah sebuah wacana tertulis yang bertugas untuk menceritakan kembali insiden atau peristiwa yang tidak biasa baik nyata atau imaginasi. Sementara itu tujuan komunikatif teks anekdot adalah untuk menghibur pembacanya.

Generic Structure of Anecdote
Masih menurut buku Text Froms and Features, cara menusun paragraf teks anekdote dalam bahasa Inggris adalah:
1. Abstract: Paragraf yang berisi penceritaan kembali peristiwa yang tidak lumrah
2. Orientation: Paragraf yang berisi perkenalan, informasi tentang apa, kepada siapa, dimana dan kapan peristiwa tidak lumrah itu terjadi
3. Crisis: Gambaran detil tentang peristiwa yang tak lazim itu. Disni juga perlu disajikan complication seperti pada teks narrative.
4. Reaction: Seperti namanya, reaction adalah tanggapan pelaku cerita terhadapa fase crisis yang berisi complication.
5. Coda: Berisi refleksi atau evaluasi terhadap peristiwa yang tidak lazim tersebut. Di fase inilah pelajaran dan nilai yang baik bisa diambil dari cerita anedote.

generic structure anecdote text
Sususnan paragraf dalam generic structure teks anecdote bahasa Inggris

Nah perbedaan teks anecdote dengan narrative atau spoof  ini ada pada unsur coda di paragfa terakhir. Ini yang membuat teks cerita ini mengandung nilai moral yang bisa dipetik pembaca.

Language Feature of Anecdote
Ciri kebahasaan yang sering muncul pada teks anecdote adalah:
1. Using exclamation words, misalnya: it’s awful!, it’s wonderful!, etc
2. Using imperative, misalnya: listen to this
3. Using rhetoric question, misalnya: do you know what?
4. Using action verb, misalnya: go, write, etc
5. Using saying verb, misalnya: speak, say, tell,
6. Using conjunction of time, misalnya: then, afterward
7. Using simple past tense
8. using direct speech

Sekali lagi bahwa ciri kebahasaan itu besifat “domintly used” kecenderungan dipakai. Jadi tidak mesti ada. Karena akalu dipkasakan semua harus ada, dan dalam beberapa cerita tidak kontekstual, maka inti cerita akan menjadi kering dan kaku.

Contoh Anecdote Text dalam Bahasa Inggris
Setelah memahami pengertian, generic structure, dan language feature, maka saatnya sekarang melihat bagaimanakah contoh teks anekdote dalam bahasa Inggris itu. Berikut contoh cerita anedote yang bisa dipelajari:

Begitulah pengertian anecdote text dalam bahasa Inggris. Jadi yang dimaksud anekdote ini berbeda dengan lelucon yang mungkin beberapa diantara anggap sebagi anekdot. Sekian semoga menamba wawasan tentang genre bahasa Inggris dan happy learning English Online!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *