Contoh Recount Text Pendek: Journey to Istanbul

Contoh recount text menjadi menarik untuk dibaca karena kebanyakan berupa penceritaan tentang pengalaman pribadi seseorang. Mekipun kita tidak ikut mengalami tetapi tetap saja bisa seolah olah ikut merasakan pengalaman tersebut. Itulah uniknya teks recount.

Blog belajar bahasa Inggris kali ini menyajikan lagi 1 contoh recount text sebagai salah satu genres dalam teks bahasa Inggris. Sebenaranya sudah cukup banyak contoh teks pendek yang masuk kategori recount seperti dalam posting disini dan disini. Namun demikian tak ada salahnya menambah wawasan kita supaya lebih memhami jenis teks yang berbica tentang pengalaman ini.

Sebelum memembaca contoh recount text pendek ini, alangkah baiknya kita mengingat kembali definisi “What is recount text?” dimana jenis teks bahasa Inggris ini bertujuan untuk menceritakan pengalaman seseorang yang telah terjadi sebelumnya. Recount text mepunyai susunan schematic pengenalan (Orientation), diikuti dengan penceritaan peristiwa yang terjadi (Events), dan kemudian ditutup dengan sebuah pengulangan orientation (Reorientation). Sampai disini sebenaranya kita akan sudah lebih dari cukup untuk memahami jenis teks recount. Baiklah sekarang kita lihat contohnya dibawah ini.

Contoh Recount Text – Journey to Istanbul

contoh recount text jouney to istambul
Penggambaran peristiwa demi peritiwa ketika perjalanan menuju Istambul Turkey dirangkai menjadi contoh recount text

It was early morning, on sunny spring day in April, Heathrow Airport London was very busy. I was sitting reading a news paper in the Departure Lounge of Terminal One.

I was nervous when I would fly. I looked at my watch impatiently. Then I heard the announcement over the loudspeakers:

British Airways announce the departure of Flight BE570 for Istanbul. Will passengers please proceed to Gate 16 for boarding.