12 Contoh Narrative Text Legend dan Terjemah

English Admin – Inilah 12 contoh narrative text legend dalam bahasa inggris lengkap dengan terjemahannya. Legenda adalah cerita rakyat yang turun temurun dan biasanya dikaitkan dengan asal mula suatu tempat. Arti dari dalam bahasa Inggrisnya disesuaikan dengan kemampuan dan akan diupdate dan diperbaiki jjika dianggap perlu

Umunya contoh teks narrative yang dipakai untuk belajar bahasa Inggris di sekolah itu bisa berupa contoh narrative fable, mitos, legenda, dan kisah lainnya, termasuk juga cerita cinta. Semua kisah tersebut dimasukkan dalam ketegory teks narative karena didalamnya muncul banyak sekali pertentangan antar para pelaku cerita. Keberadaan pertentangan (complication) ini dinaggap sebagai unsur tutam sebuah cerita naratif. Tanpa adanya conflik dialam cerita tersebut, kisah itu tidak bisa dijadikan sebagai contoh narrative text dalam belajar bahasa Inggris.

Ke 12 contoh narrative text legend ini berkeenaan dengan
1. Cerita legenda Rawa Pening
2. Cerita legenda candi Prambanan
3. Cerita legenda gunung Tangkuban Perahu
4. Cerita legenda gunung Bromo
5. Cerita legenda danau Lau Kawar
6. Cerita legenda Telaga Warna
7. Cerita legenda Danau Toba
8. Cerita legenda kota Banyuwangi
9. Cerita legenda kota Surabaya
10. Cerita legenda negara Filipina
11. Cerita legenda negara Singapore
12. Cerita legenda kota Hong Kong

Legend (legenda) ada beberapa macam. Kalau disederhanakan, teks narrative legenda bisa dibagi menjadi empat macam. Pertama legenda keagamaan. Jenis legenda ini asalah cerita seputar walisongo, Syeh Siti jenar, dan para tokoh suci lain. Kedua dalah legenda alam ghaib. Biasanya jenis legenda ini berhubungan dengan kisah yang kasat mata, seperti cerita hantu di kebun raya Bogor. Jenis legenda ketiga dalah legenda perseorangan. Cerita yang bermuarah pada tokoh individu seperti Andhe-Andhe Lumut, Kethek Ogleng. Jenis keempat adalah legenda setempat. Biasanya cerita ini berhubungan dengan kejadian suatu tempat seperti legenda Kuningan, asal mula nama kota Banyuwangi, asal mula nama desa Jember, asal mula nama Tengger dan terjadinya gunung Batok, dan legenda Tangkuban Perahu.

12 cerita legenda contoh teks naraative bahasa Inggris

Cerita narrative legend biasany berkaitan dengan nama asal usul suatu daerah

Dalam belajar bahasa Inggris di sekolah menegah, semua contoh narrative text berikut adalah dari kisa cerita rakyat yang ke empat, legenda tentang asal usul sutau tempat.

1. The Legend of Rawa Pening
Once upon a time, there was a little poor boy came into a little village. He was very hungry and weak. He knocked at every door and asked for some food, but nobody cared about him. Nobody wanted to help the little boy.

Finally, a generous woman helped him. She gave him shelter and a meal. When the boy wanted to leave, this old woman gave him a lesung;, a big wooden mortar for pounding rice. She reminded him, please remember, if there is a flood you must save yourself.

Use this lesung; as a boat;. The lesung; was happy and thanked the old woman.The little boy continued his journey. While he was passing through the village, he saw many people gathering on the field. The boy came closer and saw a stick stuck in the ground. People challenged each other to pull out that stick. Everybody tried, but nobody succeeded. Can I try?; asked the little boy. The crowd laughed mockingly. The boy wanted to try his luck so he stepped forward and pulled out the stick. He could do it very easily. Everybody was dumbfounded.

Suddenly, from the hole left by stick, water spouted out. It did not stop until it flooded the village. And no one was saved from the water except the little boy and the generous old woman who gave him shelter and meal. As she told him, he used the lesung; as a boat and picked up the old woman. The whole village became a huge lake. It is now known as Rawa Pening Lake in Salatiga, Central Java, Indonesia.

Terjemahan The Legend of Rawa Pening
Sekali waktu, ada seorang anak kecil yang malang datang ke sebuah desa kecil. Dia sangat lapar dan lemah. Dia mengetuk setiap pintu dan meminta beberapa makanan, tetapi tidak ada yang peduli tentang dia. Tidak ada yang ingin membantu anak kecil.

Akhirnya, seorang wanita yang murah hati membantunya. Dia memberinya tempat tinggal dan makan. Ketika anak itu ingin pergi, wanita tua ini memberinya lesung ;, lesung kayu besar untuk menumbuk padi. Dia mengingatkan, harap diingat, jika ada banjir Anda harus menyelamatkan diri.

Gunakan lesung ini; sebagai perahu ;. Lesung; senang dan berterima kasih kepada woman.The anak kecil berusia melanjutkan perjalanannya. Sementara ia melewati desa, ia melihat banyak orang berkumpul di lapangan. Anak itu mendekat dan melihat tongkat terjebak di dalam tanah. Orang menantang satu sama lain untuk menarik keluar tongkat itu. Semua orang mencoba, tapi tidak ada yang berhasil. Bisakah saya mencoba?; tanya anak kecil. Kerumunan tertawa mengejek. Anak itu ingin mencoba peruntungannya jadi dia melangkah maju dan mengeluarkan tongkat. Dia bisa melakukannya dengan sangat mudah. Semua orang tercengang.

Tiba-tiba, dari lubang yang ditinggalkan oleh tongkat, air menyembur keluar. Ini tidak berhenti sampai membanjiri desa. Dan tidak ada yang selamat dari air kecuali anak kecil dan wanita tua yang murah hati yang memberinya tempat tinggal dan makan. Saat ia mengatakan kepadanya, ia menggunakan lesung tersebut; sebagai perahu dan mengambil wanita tua. Seluruh desa menjadi sebuah danau besar. Hal ini sekarang dikenal sebagai Danau Rawa Pening di Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia.