5 Contoh Narrative Text Pendek Beserta Moral Value dan Arti + Download Audio for Listening

Teks naratif berfungsi menghibur pembaca dan menyampaikan pesan moral. Inilah 5 contoh narrative text pendek beserta moral value dan artinya lengkap dengan adio MP3 untuk listening bahasa Inggris. Semua cerita bahasa Inggris dibawah ini berjenis fable.

Fable adalah cerita tentang prilaku binatang yang dimiripkan dengan manusia. Cerita tentang hewan ini menjadi bagian dari narrative text. Kumpulan fable yang penuh dengan pesan nilai moral bisa dibaca pada cerita klasik Aesop fable dimana banyak menyitir prilaku hewan yang bisa dipetik pelajarannya untuk perbaikan kehidupan sosial manusia. Ayo kita pelajari pesan moral dari cerita pendek bahasa Inggris berikut.

contoh narative dan pesan nilai moral
Kumpulan cerita pendek narrative bahasa Inggris penuh pesan nilai moral baik

1. The Bear and The Two Friends
Once two friends were walking through the forest. They knew that anything dangerous can happen to them at any time in the forest. So they promised each other that they would remain united in any case of danger.
Suddenly, they saw a large bear approaching them. One of the friends at once climbed a nearby tree. But the other one did not know how to climb. So being led by his common sense, he lay down on the ground breathless, pretending to be a dead man.
The bear came near the man lying on the ground. It smelt in his ears, and slowly left the place. Because the bears do not touch the dead creatures.Now the friend on the tree came down and asked his friend on the ground, “Friend, what did the bear tell you into your ears?” The other friend replied, “The bear advised me not to believe a false friend.”

Terjemahan Cerita Fable Bahasa Inggris The Bear and The Two Friends
Suatu ketika ada dua orang teman yang sedang berjalan melintasi hutan. Mereka sadar bahwa hal berbahaya apa saja bisa terjadi pada mereka setiap saat di hutan itu. Maka mereka saling berjanji bahwa mereka akan tetap bersatu dalam setiap bahaya yang mengancam.
Tiba-tiba, mereka melihat seekor beruang besar yang mendekati mereka. Salah satu teman langsung saja memanjat pohon. Tetapi yang lain tidak tahu bagaimana cara memanjat pohon. Maka iapun befikir dan memutuskan untuk berbaring di tanah dan berpura-pura menjadi orang mati.
Beruang datang mendekati orang yang tergeletak di tanah itu. Beruang itu mengendus dekat telinganya, dan pelan-pelan meninggalkan orang itu. Beruang tidak mau mau dengan orang mati. Sekarang temannya yang ada pada pohon itu turun dan bertanya, “Teman, apa yang beruang katakan kepadamu?” Temannya itu menjawab, “Beruang itu memberi saran agar tidak percaya terhadapa teman yang tidak setia.”