Materi Kelas 6 Tema Cerita Narrative dan Simple Past Tense

Materi narrative text untuk kelas 6 SD MI. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang materi narrative text yang bisa berupa folktales atau cerita rakyat atau legend (legenda) dalam bahasa inggris. Materi ini diajarkan pada kelas 6 SD dan merupakan materi wajib dalam bahasa inggris. Untuk teks narrative yang dipelajari di SMA, lihat ini, ini, dan ini.

Apa itu narrative text? Narrative adalah cerita. Biasanya dalam pelajaran bahsa Inggris teks cerita ini bertujuan untuk menghibur pembacanya dan untuk memberikan pelajaran moral kepada pembacanya. Misalnya kita mendengar cerita SURO dan BOYO dalam bahasa Inggris. Cerita ini bertujuan untuk mengibur pembacanya dan juga memberika gambaran pelajaran akibat pertengkaran yang seharusnya bisa dihindari.

Struktur Tulisa Cerita Narrative

Pada dasarnya, cerita adalah rangkaian peristiwa di masa lampau. Rangkaian peristiwa ini kalau ditulis kemudian merujuk pada tata cara penulisan teks cerita sebagaimana berikut:

1. Orientation
Bagian Orientation berisi tentang pengenalan tokoh-tokoh, latar belakang tempat dan waktu dari cerita. (siapa, apa, kapan, dan dimana)
Dalam contoh ini: Kita mengethaui bahwa ceita ini mengenai seekor ikan bernama Sura dan seekot buaya yang disebut Boyo

2. Complication
Pada bagian complication, masalah-masalah mulai muncul dan harus di selesaikan oleh tokoh utama pada cerita tersebut.
Dalam contoh ini: Pertengkaran anatara Suro dan Boyo menujuk puncaknya dengan perkelahian yang berlangsung lama

3. Resolution
Resolution adalah dimana cerita berakhir. Pada bagian ini masalah terselesaikan oleh si tokoh utama.
Dalam contoh ini: Perkelahian antara Suro dan Boyo harus diakhiri dengan perjanjian akan batas batas wilayah diama salah satu tokoh ceita harus menghindari wilayah yang dianggap dalam kekuasaanya supaya tidak tetjadi lagi pertenkaran.


Secara keseluruhan cerita biasanya terdapat moral value atau nasihat dari cerita tersebut atau yang biasa disebut juga dengan pelajaran yang baik dari suatu cerita.

Cara Memahami Teks Cerita Narrative Bahasa Inggris

Seperti dijelaskan diatas, bahwa narrative adalah cerita. Karena ini adalah peristiwa di waktu lampau maka penulisan teks narrative biasanya mengunakan kata kerja ke 2 (Verb 2). Kata kerja bentuk kedua ini sebagai unsur utama Simple Past Tense.  Jenis penulisan Simple Past Tense adalah tata cara penulisan bahasa Inggris menggunakan Verb 2 sebai predikatanya digunakan untuk menceritakan kejadian di waktu lamapau.

Dalam bahasa Inggris ada 2 manacam jenis Verb 2, yaitu Regular Verb dan Irregular Verb. Perbedaan masing-masing terletak pada tata cara merubahnya dari verb 1

1. Regular Verb

Jenis kata kerja ini adalah sangat mudah untuk dipelajari karena perubahannya dari verb1, verb2, verb3 hanya dengan menambahakan akhiran ed di akhir kata, misal:

Verb 1  Verb 2  Verb 3  Artinya
Study studied studied belajar
cook cooked cooked memasak
repair repaired repaired memperbaiki

2. Irregular Verb

Jenis kata kerja ini agak sulit dipelajari karena perubahannya tidak beraturan. Berikut adalah  Daftar Irregular Verb untuk Kelas 6 SD dan MI

Verb 1  Verb 2  Verb 3  Artinya
Begin  Began  Begun  memulai
Buy  Bought  Bought  membeli
Catch  Caught  Caught  menangkap
Come  Came  Come  datang
Cut  Cut  Cut  memotong
Do  Did  Done  melakukan
Drink  Drank  Drunk  minum
Eat  Ate  Eaten  makan
Feed  Fed  Fed  memberi makan
Feel  Felt  Felt  merasakan
Find  Found  Found  menemukan
Forget  Forgot  Forgotten  melupakan
Get  Got  Gotten  mendapatkan
Go  Went  Gone  pergi
Give  Gave  Given  memberi
Hear  Heard  Heard  mendengar
Hurt  Hurt  Hurt  menyakiti
Keep  Kept  Kept  menjaga
Know  Knew  Known  tahu, mengetahui
Leave  Left  Left  meninggalkan
Lend  Lent  Lent  meminjamkan
Make  Made  Made  membuat
Meet  Met  Met  bertemu
Put  Put  Put  meletakkan
Quit  Quit  Quit  berhenti
Read  Read  Read  membaca
Run  Ran  Run  berlari
Send  Sent  Sent  mengirim
Sit  Sat  Sat  duduk
Sing  Sang  Sung  bernyanyi
See  Saw  Seen  melihat
Sleep  Slept  Slept  tidur
Swim  Swam  Swum  berenang
Teach  Taught  Taught  mengajar
Tell  Told  Told  menceritakan
Think  Thought  Thought  berpikir
Understand  Understood  Understood  mengerti
Wake  Woke  Woken  bangun
Wear  Wore  Worn  memakai
Write  Wrote  Written  menulis

Kata kerja pada kolom ke 2 dari kiri inilah yang paling sering kita jumpai dalam penulisan teks cerita narrative bahasa Inggris

Contoh Narrative Text Sederhana Untuk Kelas 6 SD dan MI

Inilah contoh teksn cerita narative baik legenda atau folklore. Ingat penulisannya banyak menggunakan kata kerja bentuk ke 2, sebagaimanan berikut:

The Legend of Sura And Baya

A long time ago, there were two animals, Sura and Baya. Sura was the name of a shark and Baya was a crocodile. They lived in a sea.
Once Sura and Baya were looking for some food. Suddenly, Baya saw a goat. “Yummy, this is my lunch,” said Baya.
“No way! This is my lunch. You are greedy” said Sura. Then they fought for the goat. After several hours, they were very tired.
Feeling tired of fighting, they lived in the different places. Sura lived in the water and Baya lived in the land. The border was the beach, so they would never fight again.
One day, Sura went to the land and looked for some food in the river. He was very hungry and there was not much food in the sea. Baya was very angry when he knew that Sura broke the promise.
They fought again. They both hit each other. Sura bit Baya’s tail. Baya did the same thing to Sura. He bit Sura very hard. Sura finally gave up and went back to the sea. Baya was happy.

Dari cerita diatasm katakata yang dicetak tebal adalah Verb 2, diatanya ada yang bentuk regular dan juga ada yang bentuk irregular. Keduanya digunakan dalam penulisan cerita.

Arti Cerita the Legend of Sura and Baya
Dahulu sekali, ada dua binatang, yaitu Sura dan Baya. Sura adalah nama seekor hiu dan Baya adalah seekor buaya. Mereka tinggal di sebuah laut.
Suatu ketika Sura Baya dan sedang mencari makanan. Tiba-tiba, Baya melihat seekor kambing. “Yummy, ini adalah makan siangku,” kata Baya.
“Tidak! Ini adalah jatah makan siangku. Kamu serakah” kata Sura. Kemudian mereka berebut untuk mendapatkan kambing itu. Setelah beberapa jam berkelahai, mereka merasa sangat lelah.
Karena merasa lelah bertarung, mereka bersepakan untuk tinggal di tempat yang berbeda. Surah sang ikan hiu hidup di air dan Baya si buaya memilih tinggal di daratan. Pembatasnya adalah pantai. Dengan begitu mereka tidak akan bertengkar lagi.
Suatu hari, Sura si ikan hiu pergi ke daratan dan mencari beberapa makanan di sungai. Dia sangat lapar karean tidak banyak lagi makanan di laut. Baya si buaya tentu saja sangat marah ketika tahu bahwa Sura si ikan hiu tidak menepati janjinya.
Mereka berkelahi lagi. Mereka berdua saling memukul. Sura menggigit ekor Baya sedangkan Baya melakukan hal yang sama kepada Sura. Ia menggigit sangat keras sampai Sura akhirnya menyerah dan kembali ke laut. Baya si buayapun merasa senang.

Begitulah materi kelas 6 tema cerita narrative baik folklore atau legend. Dari cerita legenda Surabaya diatas, ada kah yang mengetahui makna moral yang tetkandung dalam cerita legenda tersebut? Happy learning English!

No Responses

Leave a Reply