Pengertian dan Contoh Relating Verb

English Admin -Learning language feature of report text. Diatara ciri kebahasaan dari teks report bahasa Inggris, ralating verb adalah salah satunya ciri kebahasaaanya. Ada yang bisa bantu jawab kenapa banyak contoh report text  itu memakai bebeberapa jenis kata kerja seperti relating verb dan action verb? Jawaban paling sederhana adalah merujuk kembali pada tujuan, purpose, dari teks report tersebut.

Pengertian relating verb adalah jenis kata yang diposisikan sebagai kata kerja yang berupa BE, HAVE, SEEM, APPEAR dana kata-kata lain yang secara langsung memberikan penjelasan kepada kata benda yang menjadi subject.

Pada umumnya relating verb ini digunakan dalam simple present tense dan simpla past tense. Karenanya relating verb banyak dipakai sebagai linguage feature jenis karangan contoh narrative text, teks recount dan contoh spoof serta news item text.

Daftar kata yang bisa dianggap sebagai relating verb adalah: to be ( am, is, are, was, were, will be, was being, has been.),  appear, become, feel, look, seem, smell, sound, taste, dana kata kerja sejenis.

Fungsi Utama Relating Verb dalam Kalimat Bahasa Inggris.

Telah disampaikan diatas bahwa secra umum relating verb berfungsi untuk memberikan penjelasan kepada kata benda yang berkedudukan sebagai subject. Namun fungsi memberikan penjelasan ini bisa dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Relating verb berfungsi untuk menidentifikasi, contoh:

  • Alan is a beast.
  • His father was the headmaster.
  • This project is a disaster.

2. Relating verb berfungsi untuk memberikan gabaran penjelasan (describing)

  • Alan seems drunk.
  • The soup smells delicious.
  • His voice sounds flat.

Jenis kata kerja (verb) itu memang cukup banyak. Disamping relating verb, kita juga sering dengan istilah, saying, verb, action verb, linking ver, dan kata kerja lainnya. Semoga sukses

Sebagaimana sudak diketahui bersama bahwa tujuan report text adalah memberikan informasi tentang suatu objek secara fakta, apa adanya. Karena tujuan ditulisnya begitu, berarti report text itu menggambarkan. Nah fungsi menggambarkan inilah seirng digunakan dalam penggunaan relating verb. Untuk lebih jelasnya pengertian dan contoh  report text yang memakai relating verb ini, coba baca kemabli artikel dibawah

Nah begitulah hubungan kata kerja keaadaan (relating Verb) ini dengan berbagai macam topik contoh report text bahasa Inggris. Mari kita lanjutkan pada pengertian dan definisi kata kerja relating verb.

What is relating verb
Pertanyaan pertama kali yang muncul kemudian adalah apa definisi dari relating verb itu? Dari banyak penjelasan, relating verb adalah kata kerja (verb) yang menggabungkan 2 ide. Umunya relating verb berupa “tobe, have,  seem, appear”

Pengertian umum yang kita dapat dari sumber buku dan jug aInternet adalah:
Relating verb involve states of being and having. They are used to identify something (identifying) or to assign a quality to something (attributive).
Maka yang dimaksud dari relating verb adalah jenis kata kerja yang menimbulkan pemkanahan “having” dan “being “dan kembali kepada subjet kalimat tersebut. Fungsi utama adalah identifying dan attributing.

List of relating verb
Selanjutnya kata kerja apa saja yang termasuk dalam keolompok relating verb itu. Berikut adalah list dari kata kerja yang sering dipakai dalam report text

be = adalah, contohnya: It is a wild animal
have = memiliki, contohnya:
seem = tampak, contohnya: The problem seems difficult
appear = muncul, contohnya: The girl appears amazing
feel = terasa, contohnya: The coffe feels hot
look (like) = kelihatan, contohnya: The man looks like my brther
sound = berbunyi, contohnya: Thunder sounds frighting
smell = berbau, contohnya: The cook smells good
taste = terasa, contohnya: The meatball tastes delicious
become = menjadi, contohnya: We become older
fall = turun, contohnya: The root falls deep
get = mendapat, contohnya: The man humorous
go = pergi, contohnya: The plants go high
grow = tumbuh, contohnya: The girl grows beautiful
remain =tetap, contohnya: The school reamins excellent
stay = tinggal, contohnya: The problem stays confusing
turn = berubah, contohnya: The street turns bad
Usage of relating verb
Sekarang bagaimana dalam penggunaan relating berb dalam kalimat-kalimat report text? Relating verb dalam pemakaianya pada kalimat tidak berbeda denga kata kerja yang lain. Fungsi utama kata kerja adalah memberikan atribut  keadaan dan kegiatan kepada subject. Nah untuk relating verb, pemberian atribut keadaan ini yang banyak diambil peranya oleh relating verb. Contoh nya dalam kalimat-kalimat yang dipakai pada  report text:

Cat is a carnivorous mammal.
Birds are vertebrate animals.
A cat has a long tail.
An elephant has long trunk too.
Continental foods taste hot.
Kenapa teks report memakai banyak kata kerja (Verb) jenis seperti ini? Jawabanya tak lain seperti disinggun diatas adalah bahwa semua teks report bahasa Inggris itu untuk menjelaskan dan menggambarkan keadaan, rupa, bentuk suatu objek karena itu, sangat masuk akan kalau jenis Stating Verb ini banyak dipilih oleh para penulis factual report sebagai anguage feature nya. Dibawah ini adalah daftar banyak kata kerja yang masuk ketegory relating verb

daftar relating verb untuk teks report
Daftar Relating Verb yang digunakan pada contoh teks report bahasa Inggris

Kesimpulannya relating verb itu suatu kata kerja yang memberikan arti suatu keadaan dan keberadaan. Pemakanahan ini dibedakan menjadi 2 yaitu identifying dan attributing. Kiranya cukup sudah penjelasan dari salah satu language feature teks report ini.

Sumber:
http://www.grammar-monster.com/glossary/linking_verbs.htm
http://www.fe.hku.hk/telec/pgram/5-gr/546f/546-041.htm

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *