What is Hortatory Exposition? Pengertian dan Contoh

English Admin – Memahami pengertian hortatory exposition dalam teks bahasa Inggris itu tidak sulit. Banyak juga contohnya dalam tulisan dan ucapan keseharian. Hanya saja mencari rujukan dan sumber yang bagus tentang apa dan bagaimana teks hortatory ini yang tidak mudah alias agak sulit ditemukan.

Rata-rata tulisan yang yang membahas pembagian jenis teks bahasa Inggris tidak mencantumkan hortatory sebagai suatu jenis tersendiri. Umumnya dalam berbagai sumber hanya menyatakan ada jenis karangan “exposition” sementara kita juga mengenal ada jenis teks lain yang hampir mirip yaitu analytical exposition seperti yang sudah kita bahasa sebelumnya.

Meski begitu, pengertian dan contoh hortatory exposition text itu masih bisa ditelusuri dari potongan beberapa tulisan yang berhubugnan dengan jenis atau macam macam teks. Kita mulai saja dari arti yang paling sederhana, “literally meaning.”

Definition of Hortatory Exposition
Pengertian teks hortatory yang paling umum disampaikan baik di buku-buku pegangan sekolah atau situs belajar bahasa Inggris OnlineĀ  adalah seperti dibawah ini:
Hortatory exposition is a text which represent the attempt of the writer to have the addressee do something or act in certain way.

Definisi diatas bisa ditelusuri dalam buku “Text Forms and Features” buku rujukan utama yang disusun oleh Rachmat Wahidi ketika belajar berbagai macam jenis teks dalam bahasa Inggris. Pengertian diatas bisa diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai teks yang menunjukkan bagaimana usaha penulis agar pembaca ikut bertindak seperti keinginan penulisnya.

definsis teks hortatory exposition

Pengertian hortatory yang seperti diatas mengandung 2 tujuan yaitu menyakinkan dan mempengaruhi. Kedua tujuan itu sebagai meodal supaya pembaya mau bersikap dan bertindak seperti apa yang dimau oleh penulis teksnya. Pemahaman yang seperti itu sangat bisa dibenarakan mengingat secara bahasa sendiri kata “hortatory” itu sendiri tidak jaud dari usaha meyakinkan dan mempengaruhi