What is Hortatory Exposition? Pengertian dan Contoh

English Admin – Memahami pengertian hortatory exposition dalam teks bahasa Inggris itu tidak sulit. Banyak juga contohnya dalam tulisan dan ucapan keseharian. Hanya saja mencari rujukan dan sumber yang bagus tentang apa dan bagaimana teks hortatory ini yang tidak mudah alias agak sulit ditemukan.

Rata-rata tulisan yang yang membahas pembagian jenis teks bahasa Inggris tidak mencantumkan hortatory sebagai suatu jenis tersendiri. Umumnya dalam berbagai sumber hanya menyatakan ada jenis karangan “exposition” sementara kita juga mengenal ada jenis teks lain yang hampir mirip yaitu analytical exposition seperti yang sudah kita bahasa sebelumnya.

Meski begitu, pengertian dan contoh hortatory exposition text itu masih bisa ditelusuri dari potongan beberapa tulisan yang berhubugnan dengan jenis atau macam macam teks. Kita mulai saja dari arti yang paling sederhana, “literally meaning.”

Definition of Hortatory Exposition
Pengertian teks hortatory yang paling umum disampaikan baik di buku-buku pegangan sekolah atau situs belajar bahasa Inggris Online  adalah seperti dibawah ini:
Hortatory exposition is a text which represent the attempt of the writer to have the addressee do something or act in certain way.
Definisi diatas bisa ditelusuri dalam buku “Text Forms and Features” buku rujukan utama yang disusun oleh Rachmat Wahidi ketika belajar berbagai macam jenis teks dalam bahasa Inggris. Pengertian diatas bisa diterjemahkan dalam bahasa Indonesia sebagai teks yang menunjukkan bagaimana usaha penulis agar pembaca ikut bertindak seperti keinginan penulisnya.

definsis teks hortatory exposition

Pengertian hortatory yang seperti diatas mengandung 2 tujuan yaitu menyakinkan dan mempengaruhi. Kedua tujuan itu sebagai meodal supaya pembaya mau bersikap dan bertindak seperti apa yang dimau oleh penulis teksnya. Pemahaman yang seperti itu sangat bisa dibenarakan mengingat secara bahasa sendiri kata “hortatory” itu sendiri tidak jaud dari usaha meyakinkan dan mempengaruhi

Sementara menurut para ahli lainnya, seperti www-01.sil.org/linguistics mendefinisikan dengan merujuk pada kata horatory discourse, yaitu:
Hortatory discourse is a discourse that is an attempt to persuade the addressee to fulfill commands that are given in the discourse.
Terjemahan sederhananya adalah bahwa sebuah diskursus yang berupa suatu usaha untuk mempengaruhi “persuade” agar pembaca memenuhi perintah yang diberikan

Lebih lanjut, agar lebih mantap pengetahuan tentang teks yang mirip dengan analytical exposition ini, grammar.about.com memberikan pengertian sebagai berikut:
Speech or writing that urges or commands an audience to follow (or not follow) a particular course of action. Also called hortatory rhetoric.
Kalau kita terjemahkan dalam bahasa yang lebih simpel, hortatory adalah ucapan, pidatao, atau tulisan yang menekankan atau mengharuskan pendengara dan pembaca agar mengikuti (follow) atau sebaliknya tidak mengikuti (not follow) atas suatu tidakan tertentu. Dalam bahasa yang lain, tulisan yang seperti ini juga disebut “retorika horatori”

tujuan teks hortatory exposition

Dari semua penjelasan definisi oelh para ahli yang terpercaya diatas bisa kita simpulkan bahawa teks hratory adalah sebuah wacana yang beusaha mengjak pembacanya untuk melakukan suatu tidakan yang direkomendasikan.

Generic Structure of Hortatory Exposition
Diatas telah dibahasa pengertian apa itu teks horatory expsosition yang intinya adalah tulisan yang mengajak dan mempengaruhi pembacanya agar mengikuti tidakan yang disarankan oleh penulis.

generic structure hortatory exposition text
Susunan paragraf teks hortatory exposition pendek

Untuk mencapai tujuan itu, para penulis teks horatory expsition akan menyusun tulisannya bedasarkan pattern tertentu. Pola penyusunan paragraf ini kita kenal dengan istilah generic structure dimana untuk jenis teks hortatory exposition adalah:
1. Thesis: Suatu pandangan bisa benar atau salah dari penulis teks untuk diuji melalui bukti dan argumentasi. Biasanya penyataan thesis ini diletakkan di paragraf pertama.
2. Arguments: Alat uji yang sering menjadi pendukung thesis yang telah dinyatakan diparagraf pertama. Argument ini bisa beruapa data ilmiah, alasan logika, gambar, dan grafik sebagai media utnuk menentukan apakah thesis di paragraf pertama itu benar atau salah
3. Recommendation: Inilah inti dari teks hortatory, sebuah aksi atau tidakan yang disarankan untuk dilakukan atau sebaliknya jangan dilakukan setelah mengetahui beberapa argumentasi yang telah disampaikan di paragraf sebelumnya. Rekomendasi biasanya diletakkan diparagraf paling akhir. Meski begitu kadang unsur rekomendasi ini hanya muncul dengan beberapa kata saja berupa saran atau nasihat, bahkan kadang tidak ditemukan sama sekali secara literal.

Language Feature of Hortatory Exposition
Language feature adalah ciri bahasa. Bagaiana ciri-ciri kebahasaan yang sering digunakan dalam semua contoh hortatory exposition text itu. Meski ciri bahasa ini jumlahnya sekitar 11 macam namun dalam banyak contoh, tidak semuanya bisa ditemui.

Maka laguage feature lebih pas kalau dipahami sebagai “kecenderungan bahasa yang digunakan dalam teks horatory”. Lalau apa ciri bahasa Hortatory text itu? Berikut daftarnya:
1. Menitikberatkan pada pelaku penulis sendiri.
2. Menggunakan abstract noun
3. Menggunakan action verb
4. Menggunakan technical verb
5. Menggunakan modal verb
6. Menggunakan mental processes
7. Menggunakan material processes
8. Menggunakan relational processes
9. Menggunakan temporal connective, misalnya firstly, secondly, dll
10. Menggunakan evaluative words. misalnya valuable, trustworthy, dll
11. Menggunakan passive voice

Contoh Hortatory Exposition dalam Bahasa Inggris
Dalam kehidupan sehari- hari banyak sekali jenis ucapan dan tulisan yang kita temui sebenaranya adalah jenis horatory exposition. Kucinya dalah dimana ada seruan dan tulisan yang tujuannya untuk mengajak dan mempengaruhi, itulah horatory, misalnya:
a. Iklan suatu produk
b. Ajakan suatu kelompok atau orgnisasi
c. Pidato, ceramah, dan khotbah
d. Sales letter
e. Kampanye politik
f. Seruan kepada anak, dll

Agar lebih bisa dipahami, kita sajikan 1 contoh horatory expsotion text pendek beriktut ini:
Mudik Phenomenon
In Indonesia, Eidul Fitri is identical with going back to the hometown to gather with the whole family that called “mudik”. There are so many vehicles that are used by the people.
The distance and economics factor could make diversity of the vehicles that are used by the people. The airplane is rarely used by the people due to the financial matter. Yet, the airplane gives a convenient trip and an efficient time.
Unlike the airplane, the ground vehicles are relatively takes more time, the high risk stuck at the traffic jam and an accident. In the other hand, motorcycle are more risky to have an accident than cars. But, most of people choose motorcycle as their choice to go back to the hometown because it is cheaper than airplane without thinking about their luggage and amount of passengers.
To avoid the high potential risk, the government should provide a better facility that helps every single person to mudik safely, and everyone should not be obtrude and should more wisely about the safety reason.

Kenapa tulisan pendek tentang mudik diatas bisa dikelompokkan sebagai contoh teks horatory exposition? Jawabannya dalah dengan melihat kesesuaian dengan generic structure sperti disampaiakn diatas. Dalam contoh diatas, bisa kita analisa singkat strukturnya.
1. Thesis ada diparagraf pertama yaitu begitu banyaknya kendaraan sepeda motor ketika acara mudik
2. Arguments ada diparagraf  kedua dengan alasan sepeda motor dipilih elh para pemudik kareana ini adalah jenis angkutan yang paling terjangakau
3. Recommendation ada di paragraf terakhir yaitu pemerintah seharusnya menyediakan fasilitas mudik  dengan cara lebih aman.

Satu contoh diatas, saya kira sudah cukup bisa dipahami bagaimana teks horatory itu disusu. Namun jika membutuhkan lagi contoh yang lebih banyak, bisa membaca artikel berikut ini:

Begitulah pengertian dan contoh hortatory exposition text dalam bahasa Inggris. Pertanyaan “What is hortatory exposition text?” seharusnya sudah sedikit terjawab. Kalu memang belom bisa memberikan jawaban yang memuaskan, berarti kita harus bersama-sama untuk lebih banyak belajar lagi. Sekian.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *