What is Review? Pengertian dan Contoh

English Admin – Kalau ada yang sedang duduk di kelas XII SMA atau MA, pasti tahu atau malah sedang mempelajari pengertian review text. Ya teks review ini memang disampaikan di penghujung waktu bersekolah di tingkat menengah.

Sudah sangat mafhum sebeanarny apa itu teks review. Secara sederhana teks review adalah tulisan tentang baik dan buruknya suatu karya. Jenis teks ini memberikan penilaian bukan hanya sekedar mengumpulkan pendapat baik (pro) dan buruk (kontra) seperti dalam teks discussion.

Review text termasuk jenis tulisan yang bersifat subjective. Jenis teks ini lebih menurut pada apa yang dilihat dan dirasakan oleh orang yang memberikan review terhadapa karya yang sedang dibicarakan. Meskipun bersifat subjective, tetapi para penulis review biasanya adalah orang-orang yang sangat profesional dibidangnya.

Pengertian Review Text dalam Belajar Bahasa Inggris
Dari arti katanya saj,a kita bisa mengetahui bahwa review itu adalah tinjauan, ringkasan, tinjauan ulang. Untuk itu jika ada tulisan movie review misalnya, itu berarti adalah tinjauan terhadap suatu film. Jika tulisan yang terbaca book review, ini berarti sebuah berarti tinjauan  karya buku.

susunan generic structure teks review
Susunan paragraf pada teks review bahasa Inggris

Untuk itu, review text dalam belajar bahasa Inggris ini juga bisa diartikan merujuk dari makna harfiahnya, yaitu suatu teks yang dimaksudkan untuk meninjau. Apa saja yang ditinjau? Ya tentu sebuah karya yang memang layak untuk ditinjau, misalnya; buku, film, lukisan, produk kecantikan, puisi, drama, karya pahat, seni intalasi, mobil, hp, laptop dan karya-karya lainnya baik seni atau komersial.

Lalu apa tujuan dari ditulisnya sebuah teks review terhadap suatu karya?  Inilah pertanyaan yang berhubungan dengan Social Function Review Text, dimana fungsi dari teks review adalah untuk:
to criticize an art work, event for a public audience.