What is Review? Pengertian dan Contoh

English Admin – Kalau ada yang sedang duduk di kelas XII SMA atau MA, pasti tahu atau malah sedang mempelajari pengertian review text. Ya teks review ini memang disampaikan di penghujung waktu bersekolah di tingkat menengah.

Sudah sangat mafhum sebeanarny apa itu teks review. Secara sederhana teks review adalah tulisan tentang baik dan buruknya suatu karya. Jenis teks ini memberikan penilaian bukan hanya sekedar mengumpulkan pendapat baik (pro) dan buruk (kontra) seperti dalam teks discussion.

Review text termasuk jenis tulisan yang bersifat subjective. Jenis teks ini lebih menurut pada apa yang dilihat dan dirasakan oleh orang yang memberikan review terhadapa karya yang sedang dibicarakan. Meskipun bersifat subjective, tetapi para penulis review biasanya adalah orang-orang yang sangat profesional dibidangnya.

Pengertian Review Text dalam Belajar Bahasa Inggris
Dari arti katanya saj,a kita bisa mengetahui bahwa review itu adalah tinjauan, ringkasan, tinjauan ulang. Untuk itu jika ada tulisan movie review misalnya, itu berarti adalah tinjauan terhadap suatu film. Jika tulisan yang terbaca book review, ini berarti sebuah berarti tinjauan  karya buku.

susunan generic structure teks review
Susunan paragraf pada teks review bahasa Inggris

Untuk itu, review text dalam belajar bahasa Inggris ini juga bisa diartikan merujuk dari makna harfiahnya, yaitu suatu teks yang dimaksudkan untuk meninjau. Apa saja yang ditinjau? Ya tentu sebuah karya yang memang layak untuk ditinjau, misalnya; buku, film, lukisan, produk kecantikan, puisi, drama, karya pahat, seni intalasi, mobil, hp, laptop dan karya-karya lainnya baik seni atau komersial.

Lalu apa tujuan dari ditulisnya sebuah teks review terhadap suatu karya?  Inilah pertanyaan yang berhubungan dengan Social Function Review Text, dimana fungsi dari teks review adalah untuk:
to criticize an art work, event for a public audience.
Yaitu memberikan kritik terhadap suatu karya seni, ataupun lainnya untuk khalayak umum pembaca dan pendengar agar mereka mempunyai bahan pertimbangan sebelum membeli atau mengkonsumsi suatu kartya tersebut

Generic Structure Review Text dalam Belajar Bahasa Inggris
Setiap jenis teks kenapa selalu menyinggung generic structure. Apa yang dimaksud  dengan generic structure itu? Istilah ini merujuk pada pola penyusunan paragraf pada masin-masin jenis teks. Adapun untuk review text, polanya adalah:
1. Introduction: Pengenalana apa dan siapa dibalik sebuah karya tersebut
2. Interpretation: Penafsiran penulis review tehadap karya yang sedang dibicarakannya
3. Evaluation: Evaluasai, pandangan subjective penulis terhadap sebuah karya. Meski namanya subjective namun penulis review sangat terpercaya dengan kesubjetivanya
4. Summary: Ringkasan dari awal dan hal hal yang paling penting yang perlu disampaikan kepada pembaca oleh penulis teks review. Bagian ke empat ini bersifat optional, kadang ada, kadang tidak disertakan.

Language Feature Review Text
Ciri kebahasaan yang sering dipaki dalam teks review adalah
1. Focus on particular participant
2. Using adjective, misalnya valuable, bad, good,  dan lainnya
3. Using complex clauses
4. Using metaphor language
5. Use simple present tense
Dan masih banyak lagi kecenderungan unsur grammar dan structure bahasa Inggris digunakan oleh review text berbahasa Inggris.

Contoh Review text Bahasa Inggris.
Setelah memahami pengertian apa itu review text dan bagaimana pola generic strcturenya sekarang  saatnya kita melihat bagaimana contohnya dalam tulisan bahasa Inggris. Untuk itu baca artikel berikut:

Demikian pengertian teks review yang menjadi pelaajaran penutup bahasa Inggris di sekolah menngah SMA atau MA. Semoga menambah wawasan dan terima kasih telah membaca , selamat belajar bahasa Inggris secara Online!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *