10 Contoh Pengumuman dalam Bahasa Inggris

Pengumuman merupakan salah satu functional text yang harus dipelajari di bangku sekolah menengah. Inilah 10 contoh pengumuman dalam bahasa Inggris yang bisa dijadikan rujukan materi belajar bahasa Inggris berbasis teks. Pengumuna (annoucemement) merupakan sebuah pernyataan untuk publik halayak umum (public statement) supaya diketahui bersama, misalnya adanya suatu acara, kebijakan baru, bahkan kadang merupakan suatu undangan.

Secara struktur, semua jenis teks bahasa Inggris itu disusun berdasarkan apa tujuan dari dibuatnya teks tersebut. Begitu juga dengan pengumuman dalam bahasa Inggris ini. Agar tujuannya tercapai maka, sebuah pengumuman itu seharusnya disusun menurut generic structure sebagai berikut:

1. Tittle: Judul pengumuman.
2. Day and Date: Hari dan tanggal berlakunya pengumuman
3. Time: Jam dan Waktu berlakunya pengumuman
4. Place: Tempat berlakunya hal yang diumumkan
5. Contact Person: Orang atau pihak yang bisa dihubungi jika ada pertanyaan lebih lanjut
6. Who is Addressed: Khalalay umum yang dituju olehh pengumuman

Tentu saja tidak semua bentuk dan jenis pengumuman dalam bahasa Inggris itu tersusun dari ke 6 generic structure seperti diatas. Ada beberapa jenis penulisan pengumuman yang tidak menyertakan 1 atau 2 unsur struktur seperti disebut diatas. Hal ini karena sudah dianggap mafhum dan diketahui bersama.

Sebelumnya sudah kita berikan beberapa contoh pengumuman bahasa Inggris lisan yang dilengkapi dengan file audio supaya bisa didownload dan didengarkan sebagai bahan latihan listening. Artikel sekarang ini adalah sebagai lanjutan bentuk pengumunan tertulis. Pengumuman lisan sangat bagus untuk dipakai meningkatkan kemampuan listening comprehension sementara pengumuman tertulis cocok sekali dipakai untuk berlatih meningkatkan kemampuan reading comprehension.

Baiklah membicarakan pengantar, pengertian dan generic structure pengumuman dalam bahasa Inggris ini sudah cukup dan saatnya kita melihat 10 contoh berikut.