Glossary of Terms in Learning Text Types – Part 2

Ini adalah Text Types Glossary (Part 2). Belajar bahasa inggris kali ini menyajikan daftar istilah pada jenis text, text types glossary, melanjutkan pembahasaan glossary of text types part 1  sebelumnya yang sering ditemukan ketika kita belajar bahasa inggris di sekolah tingkat menengah.

Baiklah, langsung saja berikut adalah istilah-istilah penting dalam pelajaran text types bahasa Inggris di tingkat sekolah menegah.
1. Generic structure: Istilah lainya adalah schematic structure, yaitu alur yang ada dalam text, bagaimana sebuah teks diorganisir untuk memaparkan pemaknahan yang dimaksud oleh penulis teks tersebut. Pengorganisasian ini terwujud dalam penyusunan paragrap per perparagrah sehinggag membentuk pemaknahan yang utuh. Dalam kajian sastra, generic structure mempunyai fungsi yang sama dengan plot.

2. Orientation: Pembahasan generic structure pasti tidak akan melupakan istilah orientation. Secara sederhana, orientation merujuk pada istilah “pendahuluan”, dimana pembaca akan mendapatkan beberapa clue atau petunjuk awal apa yang ada dalam teks tesebut.  Istilah orientation sering muncul pada jenis narrative text dan recount text. Kata atau frasa seperti once dan once upon time adalah contoh-sederhana paragraf yang berfungsi sebagai orientation.

3. Re-orientation: adalah kebalikan dari orientation dengan fungsi yang sama. Kalau orentation biasanya terletak diawal teks, re-orientation sering ditemukan diakhir teks. Istilah ini merujuk pada kalimat penutup, closing statement dari penulis. Re-orientation sering dipakai pada jenis teks recount.

4. Event. Kalau ditejemahkan, event berarti “peristiwa”, merujuk pada rankaian peristiwa apa saja yang terjadi pada suatu teks. Event kadang memiliki padanan maksud dengan Incident. Istilah event sering dipakai dalam jenis teks recount.

5. General classification. Istlilah ini merujuk pada bagian teks, biasanya diawal awal paragraf, yang menujukkan suatu kelompok, group, golongan, atau species, yang sedang dibahas. Kalimat seperti ” Flood is a natural phenomena” bisa dikatakan sebagai general classification. Istilah ini sering dipakai pada jenis report text.