Glossary of Terms in Learning Text Types – Part 2

Ini adalah Text Types Glossary (Part 2). Belajar bahasa inggris kali ini menyajikan daftar istilah pada jenis text, text types glossary, melanjutkan pembahasaan glossary of text types part 1  sebelumnya yang sering ditemukan ketika kita belajar bahasa inggris di sekolah tingkat menengah.

Baiklah, langsung saja berikut adalah istilah-istilah penting dalam pelajaran text types bahasa Inggris di tingkat sekolah menegah.
1. Generic structure: Istilah lainya adalah schematic structure, yaitu alur yang ada dalam text, bagaimana sebuah teks diorganisir untuk memaparkan pemaknahan yang dimaksud oleh penulis teks tersebut. Pengorganisasian ini terwujud dalam penyusunan paragrap per perparagrah sehinggag membentuk pemaknahan yang utuh. Dalam kajian sastra, generic structure mempunyai fungsi yang sama dengan plot.

2. Orientation: Pembahasan generic structure pasti tidak akan melupakan istilah orientation. Secara sederhana, orientation merujuk pada istilah “pendahuluan”, dimana pembaca akan mendapatkan beberapa clue atau petunjuk awal apa yang ada dalam teks tesebut.  Istilah orientation sering muncul pada jenis narrative text dan recount text. Kata atau frasa seperti once dan once upon time adalah contoh-sederhana paragraf yang berfungsi sebagai orientation.

3. Re-orientation: adalah kebalikan dari orientation dengan fungsi yang sama. Kalau orentation biasanya terletak diawal teks, re-orientation sering ditemukan diakhir teks. Istilah ini merujuk pada kalimat penutup, closing statement dari penulis. Re-orientation sering dipakai pada jenis teks recount.

4. Event. Kalau ditejemahkan, event berarti “peristiwa”, merujuk pada rankaian peristiwa apa saja yang terjadi pada suatu teks. Event kadang memiliki padanan maksud dengan Incident. Istilah event sering dipakai dalam jenis teks recount.

5. General classification. Istlilah ini merujuk pada bagian teks, biasanya diawal awal paragraf, yang menujukkan suatu kelompok, group, golongan, atau species, yang sedang dibahas. Kalimat seperti ” Flood is a natural phenomena” bisa dikatakan sebagai general classification. Istilah ini sering dipakai pada jenis report text.

6. Identification: Mirip dengan general classification, istilah ini merujuk pada bagian teks yang befungsi untuk memeprkenalkan objek yang sedang dibahas. Identification lebih besifat khusus atau tertentu. Istilah ini sering dipakai dalam jenis descriptive text.

7. Description. Sebagaiamana artinya yaitu, penggambaran, istilah ini merujuk pada bagian teks yang befungsi untuk menggambarkan objek yang sedang dibahas. Description biasanya mencakup parts (bagian-bagian objek), Fuction ( fungsi dari objek yang sedang dibahas), characteristics (ciri-ciri object yang sedang dibahas), quality, attitude, dll. Description ini adalah istilah yang sering dipakai pada jenis teks report dan descriptive.

8. Thesis: Istilah ini merujuk pada bagian teks yang befunsi untuk menunjukkan pendapat atau gagasan penulis dalam menanggapi suatu issue atau phenomena. Yang perlu diingat bahwa thesis itu harus dibuktikan dengan beberapa gagasan pendukung (supporting idea, arguments). Istilah thesis sering dipakai pada jenis teks analytical exposition dan hortatory text.

9. Argument; Satu lagi istilah dalam pelajaran jenis teks bahasa Inggris yang merujuk pada bagian teks yang menujukkan letak alasan-alasan penulis kenapa mempunyai thesis seperti diatas. Arguments befungsi untuk menguji, mendukung, dan memperkuat pendapat penulis. Istilah arguments sering dijumpai pada jenis teks analytical dan hortatory exposition.

10. Reiteration. Sering dalam teks bahasa Inggris terutama analytical exposition, sang penulis perlu mengulang kebali pendapatnya seperti yang tertera dalam thesis diawal teks. Pengulangan pernyataan pendapat sang penulis inilah yang kita kenal dengan nama reiteration meskipun kadang memakai pembahasaan yang lain.

For all post contains this glossary of terms when learning English text types, you can see:

That all about some terms definition which you have to know when learning English text types. This articles containing defintition of text types term is written from Otong Stiawan D. Bimbingan pemantapan Bahasa Inggris SMA

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *