Glossary of Terms in Learning Text Types – Part 3

Ini adalah Text Types Glossary (Part 3). Melanjutkan pembahasa daftar istilah atau glossary, kali ini blog belajar bahasa inggris ini menyajikan list of term yang ke tiga. Ada begitu banyak istilah yang muncul ketika belajar jenis teks namun beberapa istilah sebenarnya mempunyai maksud dan pengertian yang sama dengan isitlah yang lain. Untuk itu hanya ditulis bebrpa saja yang mempunyai pemaknaan baru.

1. Newsworthy event. Ketika kita belajar news item text, kita pasti menemui istilah itu. Newsworthy event adalah paragraf yang diletakkan diawal teks yang befungsi menyatakan suatu kejadian yang mempunyai nilai berita, newsworthy event menjadi informasi pertama bagi pembaca untuk mengetahui teks itu tentang apa.

2. Background events. Setelah menyatakan newsworthy event, sebuah teks berbentuk news item pasti dikiuti paragraf-paragraf yang mecoba menjelaskan lebih jauh lagi tentang kejadian yang diangap mempunyai nilai berita itu. Dalam fase ini penulis news item sering menjawab pertanyaan “why” dan “how”, kenapa dan bagaimana newsworthy event itu terjadi.

3. Source Istilah soruce sering kita artikan dengan sumber berita. Memang dalam sebuah news item text, sumber berita itu tidak boleh dilupakan. Dalam menyajikan sumber berita, penulis sering memakai metode quotation pertnyataan pelaku kejadian, saksi kejadian, atau pihak yang bewenang terhadap kejadia itu. Karena memakai model pengutipan, maka hal ini erat kaitanya dengan  direct dan indirect sentence.

4. Complication. Sering istilah complication ini disamakan dengan istilah crisis. Dalam konteks ini kedunaya merujuk pada arti yang sama, yaitu permasalahan yang dihadapi oleh tokoh cerita (participant) dalam teks narrative. Untuk penjelasan lebih lanjut lihat 7 conflict dalam narrrative text.

5. Reaction. Ketika ada complication, tokoh cerita pasti bereaksi dengan tindakan atau ucapan sehinggan memepengarui alur cerita atau plot. Reaction tehadap permasalahan inilah yang akan menetukan pada pase terakhir sebuah cerita, pemecahan masalah.

6. Resolution. Istilah yang dipakai dalam generic structure pada jenis teks narrative, yaitu suatu tindakan yang diambil oleh tokoh cerita dalam menyelesaikan maslahanya. Seperti sering kita ketahui penyelesain dalam cerita narrative bisa berupa happy ending dan juga sad ending.

7. Coda. Istilah ini mempunyai kemiripan maksud dengan hasil refleksi. Ketika pelaku cerita menghadapi masalah kemudian menindaklanjuti dengan reaction dan diakhiri dengan sebuah resolution, perjalanan tokoh cerita akan mengantarkan pada suatu pembelajaran yang bisa dipetik dari peristiwa tersebut. Hal ini sering  muncul sebagai hasil renungan dan kontemplasi yang panjang

9. Goal. istilah ini merujuk pada bagian teks procedure yang menunjukkan tujuan ditulisnya teks tersebut. Dalam beberapa contoh procedure text, goal ini secara explisit disampaikan pada judul teks.

10. Material.adalah bagian teks procedure yang menunjukkan  alat atau bahan yang dibutuhkan dalam membuat goal terjadi. Dalam bebrapa contoh procedure text, material ini sering ditiadakan.

11. Steps. Istilah ini mengacu pada bagian teks procedure yang menunjukkan langkah-langkah yang harus dilakukan supaya goal tercapai. Sering istilah goal ini disaamakan dengan kata method.

12. Identification. Adalah istilah yang dipakai dalam jenis descriptive text, yaitu bagian teks yang menunjukkan informasi awal kepada pembaca tentang apa teks tersebut.Identification biasanya merujuk pada participant tententu, BUKAN kelompok, group, atau species.

13. Recommendation. Paragraf yang ada di contoh-contoh hortatory text yang menunjukkan saran atau rekomendasi dari penulis supaya diikuti oleh pembaca. Tentu Recomendation ini akan logis kalau sebelumnya disajikan alasan alasan yang menjelasakn thesis diawal teks.

14. Intepretative recount. Bagian teks review yang menunjukan plot atau rankuman alur dari sebuah karya yang dibahasa.

15. Summation. bagian teks review yang menunjukkan point-point penting yang telah dipaparkan sebelumnya.

17. Evaluative summation. Bagian teks review yang memperlihatakn kesimpulan atau rangkuman umum pendapat penulis tehadap sebuah karyah yang dibahas.

18. Twist. Istilah pada spoof text yang menunjukkan kejadian yang tak terduga bagi pembaca. Twist menjadi bagian penting dalam sebuah teks berbentuk spoof. Tanpa adanya element twist ini, teks tersebut cederung masuk ke wilayah narrative saja. Untuk lebih jelas, lihat pembahasan macam-macam twist.

For all post contains this glossary of terms when learning English text types, you can see:

That all about some terms definition which you have to know when learning English text types. This articles containing defintition of text types term is written from Otong Stiawan D. Bimbingan pemantapan Bahasa Inggris SMA

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *