Glossary of Terms in Learning Text Types – Part 3

Ini adalah Text Types Glossary (Part 3). Melanjutkan pembahasa daftar istilah atau glossary, kali ini blog belajar bahasa inggris ini menyajikan list of term yang ke tiga. Ada begitu banyak istilah yang muncul ketika belajar jenis teks namun beberapa istilah sebenarnya mempunyai maksud dan pengertian yang sama dengan isitlah yang lain. Untuk itu hanya ditulis bebrpa saja yang mempunyai pemaknaan baru.

1. Newsworthy event. Ketika kita belajar news item text, kita pasti menemui istilah itu. Newsworthy event adalah paragraf yang diletakkan diawal teks yang befungsi menyatakan suatu kejadian yang mempunyai nilai berita, newsworthy event menjadi informasi pertama bagi pembaca untuk mengetahui teks itu tentang apa.

2. Background events. Setelah menyatakan newsworthy event, sebuah teks berbentuk news item pasti dikiuti paragraf-paragraf yang mecoba menjelaskan lebih jauh lagi tentang kejadian yang diangap mempunyai nilai berita itu. Dalam fase ini penulis news item sering menjawab pertanyaan “why” dan “how”, kenapa dan bagaimana newsworthy event itu terjadi.

3. Source Istilah soruce sering kita artikan dengan sumber berita. Memang dalam sebuah news item text, sumber berita itu tidak boleh dilupakan. Dalam menyajikan sumber berita, penulis sering memakai metode quotation pertnyataan pelaku kejadian, saksi kejadian, atau pihak yang bewenang terhadap kejadia itu. Karena memakai model pengutipan, maka hal ini erat kaitanya dengan  direct dan indirect sentence.