9 Contoh Descriptive Text Pendek Bahasa Inggris Berbagai Topik

Belajar bahasa Inggris di sekolah menegah harus merujuk pada jenis teks. Inilah 9 Contoh text descriptive pendek yang menjadi salah satu dari ke 13 jenis bahasa Inggris yang harus dipelajari di sekolah SMA atau MA. Cara belajar yang selalu menitikberatkan pada pemahaman bacaan ini dikenal dengan learning English through text based approach dimana telah digunakan di banyak negara di kawasan Asia.

Bagaimana pengertian teks descriptive menurut para ahli bahasa itu? Inilah awal dari cara kita belajar macam macam teks bahasa Inggris. Menurut mereka, descritive itu adalah teks  tuisan yang bertujuan untuk menggambarkan suatu obyek. Sama seperti dengan jenis teks report yang keduanya mempunya funsi menyampaiakan gambaran atau image suatu object kepada pembacanya. Meski mempunyai tujuanyang sama, namun d2 macam teks ini ditulis dan disusun dengan cara yang berbeda. Untuk memahaminya silahkan membaca the difference between descriptive and report text. Setelah itu kita akan dengan mudah bisa membaca dan memahami semua bancaan bahasa Inggris terutama yang berfunsi untuk mengambakan suatu benda.

Sebelum kita melihat ke 9 contoh descriptive text pendek berikut, alangkah baiknya kita singgung sebentar ciri dan susunan jenis teks ini. Hampir semua  teks descriptive akan tersusun berdasakan generic structure sebagi berikut:
1. Identification: Berisis informasi topik dan object yang mau dibicarakan. Biasanya ada di paragraf pertama

2. Descriptions: Informasi inti dari teks descripsi yang meliputi semua aspek yang bisa ditulis untuk menyampaikan seperti apa objecy yang sedang dibicarakan tersebut. Gambaran ini biasanya meliputi:
a. parts
b. qualities
c. characteristics.

Ketiga bagian objecy yang bisanya digambarkan dalam semua teks descriptive bahasa Inggris itu besifat fleksibel, dengan arti tidak mesti hanya ke tiga bagian itu. Pada kasus-kasus tertetu tidak cukup dan perlu untuk menamba bagian yang harus digambarkan.

permedaan descriptive dan report text

Cara paling mudah membedahkan antar tek descriptive dan report dalam bahasa Inggris

Baiklah agar tidak terlalu lama, pengertian teks descriptive saya rasa sudah cukup dan akan berkembang sejalan dengan banyaknya kita membaca dan memaahami contohnya. Untuk itu sekarang kita sajikan kumpulan 9 contoh descriptive text pendek dalam bahasa Inggris tentang orang, binatang, benda, dan tempat. Simak contoh berikut!

Collection of Descriptive Text about Certain Person
Berikut disajikan beberapa contoh teks descriptive yang husus bertopik tentang orang

1. Cleopatra
Dalam banyak hal, teks descriptive itu ditulis dengan menggunakan timeless tense, yaitu simple present tense. Namun tidak begitu halnya ketika tulisan itu ingin mendeskripsikan tokoh sejarah Cleopatra. Karena ini berupa peristiwa sejarah maka cara menggambarkannyapun harus menggunkan past tenses

2. My friend with her new shoes
Contoh teks descriptionyang paling banyak dijadikan rujukan cara belajar bahasa Inggris biasnya bertopik tentang orang. Conoth paling sederhana dan sangat pendek adalah wacana tentang bagaimana image teman saya dengan sepetu barunya itu. Lebih lanjut baca contoh diatas

Kumpulan Descriptive Text about Certain Animal
Setelah contoh descriptive text tentang orang, sekarang diberikan beberapa contohnya tentagn binatang. Bagimana rupa binatang tersebut? Apa ciri ciri hewan terseubt, dan baimana value nya bagi manusia. SImak contohnya berikut:

3. Marsupial mammal
Ini adalah binatang yang unik, digambarkan berdasar generic structurenya teks descriptive. Tulisannya singkat tidak panjang dan mudah untuk dipahami. Gambaran marsupial mammal bisa dikategorikan sebagi contoh descriptive text sangat singkat

4. Descriptive text about cat
Ada yang punya kucing di rumah? Inilah gambaran dengan memakai teks decriptive. Tidak boleh dilupakan dengan generic structurenya, identification, dan diteruskan dengan dengan seperangkat description. Baca saja lebih lanjut

Kumpulan Descriptive Text about Certain Thing
Contoh teks descriptive selanjutnya adalah berkenaan dengan sutu benda atau object tang riel. Jenis teks dengan teman benda ini biasanya dianggap sama dengan jenis teks report. Coba bandingkan dengan kumpulan teks report sebelumnya.

5. Borobudur Temple
Object pertama yang dijadikan contoh teks ini adalah candi borobudur. Tentu kerana ditulis sebagai contoh descriptive text makanya paragraf yang diapaikai harus memuat unsur generic structure identification, dan paragraf descriptions.

6. Descriptive text “Taj Mahal”
Sama seperti contoh descriptive text tentang Borobudur Temple diatas, Gambaran yang baik tentang Taj Mahal juga harus diikutkan pada kelompok descriptive text. Kenapa kok begitu? Baca kembali pengetiannya.

7. The moon
Cotoh descriptive ke tiga adalah tentang moon, Benda benda yang tampak disekitar kita beg orang yang sangat krative bisa menjadi inspirasi suatu karya. karya itu adalah sebuah tulisan essay pendek descriptive

Kumpulan Descriptive text about Certain Place
Contoh selajutnya dalah berkenaan dengan suatu tempat. Lokasi ini dianggap sebagi bahan yang baik untuk bisa memahami contoh teks descriptive. Kenapa begitu? Karena hampir semua lokasi itu besifat lokalitas.

8. Jatim Park
Bagimana gambaran tempat wisata Jatim Park itu? Simak dan baca sendiri saja. Ingat agar bisa dengan mudah memahami contoh-contoh descriptive text, kemampuan timeless tenses itu sangat perlu untuk dikuasai.

9. Descriptive text about Jakarta
Contoh descriptive text terakhir adalah tentang tempat yang sangat tekenal di Indonesa. Ya apa lagi kalau bukan lokasi dan ciri-ciri tentang Jakrata sebagi tempat ibu kota.

Says kira 9 contoh descriptive text pendek bahasa Inggris ini sudah lebih dari cukup untuk bisa memahai pengetian dan contohnya. Membaca teks bahasa inggris itu membutuhkan waktu yang agak panjang, makanya harus diusahakan dengan sebaik baiknya.

9 Contoh Descriptive Text Pendek Bahasa Inggris Berbagai Topik | englishadmin | 4.5