Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris 10 Bermacam Topik

Kursus Inggris – Ada beberapa tema pada kelas 10 sebagai  contoh percakapan pendek bahasa Inggris dalam konteks transactional atau intepersoanal speaking. Tema atau topik dalam dialog ini biasanya sebagai dialaog pendek bahasa Inggris yang dipelajari bangku sekolah menengah.

  1. Thanking
  2. Complimenting
  3. Congratulating
  4. Unbelieving, shocked, surprised
  5. Inviting

Kelima tema percakapan bahasa Inggris diatas akan diberikan meliputi ungkapan, frase, dan kalimat umum yang sering dipakai dan dilanjutkan denagan contoh dialognya serta tidak lupa disertakan dengan terjemahannya juga. Yang ingin tahu contoh percakapan bahasa Inggris untuk kelas 11, dan 12 lihat DISINI dan DISNI

Sudah tidak aneh lagi kalau belajar bahasa Inggris speaking, kita akan menemukan materi dan contoh dialog admiration 2 orang dan artinya. Admiration adalah pengagumaan akan sesuatu kepada seseorang. Materi dialog ini sebenarnya sangat mirip dengan berbagai contoh dialog compliment 3 orang. Sering kita mendapati banyak siswa yang sedang mencari atau membuat sendiri contoh dialog compliment dan terjemahnya. Ada beberapa dari mereka yang mendapat tugas membuat dialog pujian ini dengen kriteria tertentu misalnya contoh dialog compliment panjang 4 orang, untuk 2 orang, bahkan sampai 6 orang.

Belajar berbicara bahasa Inggris biasanya diawali dengan ucapan greeting. Materinya bisa ditemukan dalam banyak hal dan tema sebagai contoh ada meteri salam yang dikelamas dalam 50 contoh greeting bahasa Inggris dan artinya.
Secara sederahana bahasa inggrisnya percakapan adalah conversation atau dialog. Hal ini berbeda dengan monolog yang lebih bersifat satu arah. Karena bersifat dua arah maka perluh melibatakan minimal 2  orang atau lebih, misalnya contoh percakapan antara ibu dan anak yang mebahasa tentang hoobby memasak atau cooking.
Kenapa contoh percakapan bahasa inggris ini menjadi penting? Tidak lain karena dengan berbagai rujukan dan variasi orang berbicara, kita bisa menirukannya. IMITATION adalah langkah awal cara belajar yang sangat efektif. Dengan cara menirukan tersebut kemudian kita akan mampu mengolah sediri ungkapan dan struktur kalimat yang dibutuhakan misalnya dalam contoh percakapan bahasa inggris 2 orang atau contoh percakapan bahasa inggris 2 orang tentang kegiatan sehari-hari.

Yang agak butuh keberanian tetapi akan menghasilakn output dan rasa yang luar biasa adalah contoh percakapan bahasa inggris dengan turis dan artinya. Tema ini kalau benar dipraktikkan dengan para tourist apalagi bertemu dengan touris native speakers, wah rasahnya akan luar bisa sekali. Meskipun tidak harus berlatih dengan orang asing beneran, kita bisa berlatih secara intensif dengan berbagai materi roleplay misalnya dialog bahasa inggris 2 orang tentang pendidikan. Kalu kurang rame kita bisa memakai model bermain peran dengan dialog bahasa inggris 4 orang. Tema yang dibicarakan juga beragam, bisa saja hanya tema sederhana misalnya dialog bahasa inggris tentang liburan, percakapan bahasa inggris tentang kuliah, percakapan bahasa inggris tentang liburan, percakapan bahasa inggris tentang memasak, percakapan bahasa inggris perkenalan yang bisa dilakukan mulai 2 sampi 6 orang. Tapi jangan terlalu banyak orang, supaya tiap individu mendapat giliran yang cukup dalam berlatih mengucapkan bahasa Inggris.

Tema percakapan yang agak sulit misalnya dialog expressing hope 3 orang sangat mungkin juga dilatih untuk meningkatakan perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris. Kita tentunya tidak hanya bica salam dialog good afternoon, good morning, good evening saja. Kita sebernaranya bisa bermain peran dengan lebih serious seperti drama bahasa inggris 3 orang tentang legenda atau sedikit di biuat riang dengan tema percakapan 3 orang tentang persahabatan dengan mengambil setting tempat percakapan b inggris di perpustakaan atau percakapan bahasa inggris 2 orang di sekolah dan juga sangat bisa setting place nya seperti percakapan bahasa inggris 3 orang di restoran

Percakapan bahasa Inggris yang paling efektif memang dilakukan 2 orang karena kedua fihak mendapatakan porsi yang sama. Akan tetapi dalam situasi tertentu bisa dilukan lebih dari 2 orang misalnya percakapan bahasa inggris 3 orang, atau percakapan bahasa inggris 5 orang, atau percakapan bahasa inggris untuk 3 orang yang tentu saja bisa disesuaiakan stting time nya seperti menjadi percakapan bahasa inggris di sore hari.

Dialog dan ungkapan berbicara bahasa Inggris biasanya menjadi ukurang seberapa bisa kita berbahasa Inggris. Karenanya ini sangat penting untuk digunakan dalam berlatih dalam percakapan bahasa inggris panjang, percakapan bahasa inggris sehari hari, bisa diperankan sebagai percakapan bahasa inggris singkat 5 orang, dengan lebih mudah ditambahi dengan terjemahan sehingga bisa berupa percakapan bahasa inggris singkat dan artinya

Sebagian dari para siswa merayakan dan berbahagia atas kelulusannya, maka tidak aneh kalau kemudian para guru bahasa Inggris akan mengkaitkan materi cara mengucapakan selamat dalam bahasa Inggris ini dengan beberapa contoh dialog congratulation graduation. Hal ini perlu disampaikan karena bersifat kontekstual sehingga para siswa yang sedang belajar bahasa Inggris merasa lebih mengena dalam kaitannya sifat sebab akibat. Berbagai contoh dialog singkat cause and effect pun diberikan dan dibuatkan tugas supaya lebih memahami tata cara menggunakan kata BECAUSE, SINCE, DUE TO, BECAUSE OF, dan conjuntion cause effect lainya.

Malah ada yang  cukup unik, diatara para siswa tersebut berusaha mencari contoh narasi dialog bahasa inggris. Padahal kita semua cukup mengetahui bahwa narasi adalah bentuk pemaparan yang biasanya digunakan dalam kerangka pembelajaran  KIND OF TEXT seperti cerita, naratife, descriptive text gili, atau jenis teks exposition dan juga argumentation. Begitu juga halnya sekiranya ada yang membutuhkan dan berusaha menemukan salah satu contoh teks dialog announcement. Padahal hampir semua kita tahu bahwa ANNOUNCEMENT dalam bahasa Inggris biasanya bersifat monolog.

1. Percakapan Bahasa Inggris Thanking

Tema percakapan ungkapan thanking dan gratitude adalah cara mengucapakan terima kasih setelah menerima bantuan atau suatu barang dari seseorang.

A. Ungkapan yang dipakai
Thanks
Terima kasih

Thanks a lot
Terima kasih banyak

Thank you so much
Terima kasih begitu banyak

Thank you kindly
Terima kasih kamu baik sekali

I can’t thank you enough
Saya tidak bisa cukup berterimakasih kepadmu

I don’t know how to thank you
Saya sungguh tidak tahu cara berterimakasih kepadamu

I really appreciate your help
Saya sunggu menghargai bantuanmu

I owe you one
Saya berhutangbudi kepadmu

Thank you for all your help
Terima kasih atas semua bantuanmu

What would I do without you
Apa yang bisa saya lakukan tanpa bantuanmu

You are an angle
Kamu penolongku

You are very kind
Kamu sangat baik

B. Contoh Percakapan Pendek Tentang Thanking
Huda : Hello Indah. How are you this morning?
Huda : Hello Indah. Bagaimana kabarmu pagi ini?

Indah : Hi, Huda. Fine, thanks . And you?
Indah : Hai, Huda. Baik, terima kasih. Dan Kamu?

Huda : I’m just fine, thank you.
Huda : Aku baik-baik saja, terima kasih.

Indah : Please come in and have a seat.
Indah : Silakan masuk dan duduklah.

Huda : Thanks . I’m returning your brother’s sports magazine. Here it is and thanks.
Huda : Terima kasih banyak. Aku kesini untuk mengembalikan majalah olah raga saudaramu. Ini majalahnya dan terima kasih.

Indah : It’s all right. Would you like any other magazine or newspaper to read?
Indah : Oh iya. Apakah kamu ingin baca koran atau majalah yang lain?

Huda : Yes, please. how kind of you . Can I see today’s newspaper?
Huda : Ya, mau. Kamu baik sekali. Dapatkah aku melihat koran hari ini?

Indah : Of course. Here it is.
Indah : Tentu saja. Ini.

Huda : Thanks, Indah. By the way, would you do me a favour?
Huda : Terima kasih, Indah. Omong-omong, apakah kamu mau bantu aku?

Indah : Why not? What can I do for you?
Indah : Mengapa tidak? Apa yang bisa aku lakukan untuk kamu?

Huda : Could you tell your brother how grateful I am for his help to lend me his magazine?
Huda : Bisakah kamu memberitahu saudaramu betapa saya berterima kasih atas bantuannya untuk meminjamkan majalahnya?

Indah : Oh, sure. I’ll tell him.
Indah : Oh, tentu. Aku akan memberitahunya.

Huda : Great. Thanks.
Huda : Baguslah. Terima kasih.

2.  Percakapan Bahasa Inggris Complimenting

Complimenting adalah cara menyampaikan pujian terhadap suatu kebaikan yang dilakukan oleh orang lain. Percakapan complement menjAdo salah satu topik yang paling sering digunakan dalam belajar berbicara bahasa Inggris.

A. Ungkapan Yang Digunakan
You are fantastic.
Kamu fantastis

You’re terrific.
kamu luar biasa

You look great!
kamu hebat

You look nice.
Kamu tampak hebat

You are looking good.
Kamu keliahtan bagus

May I say how elegant you look.
Bolehkah saya sampaikan betapa elegannya Anda

you are quite charming.
Kamu cukup ceria

My compliments on your beautiful.
Pujianku karean kecantikanmu

I really must express my admiration for your party.
saya sungguh harus ucapkan kekagumanku pada pestamu

What a charming dress!
Betapa cerahnya baju kamu

That’s a very nice coat!
Itu adalah jaket yang bagus

I like your hair style!
Saya suka dengan gaya rambut barumu

What a nice dress!
Betapa bagusnya bajumu

You’re looking glamorous.
Kamu tampak glamor
B. Contoh Percakapan Pendek tentang Complimenting
Dean: Tomo. You look great today! I love your new hair style.
Dean: Tomo kamu keliaht keren hari ini. Saya suka dengan gaya rambut baru kamu

Tomo: Thank you very much, Dean. You look great, too.
Tomo: Terima kasih, Dean. kamu juga kelihatan hebat

Dean: Thanks, Tomo. By the way, how was your test? Have you got the result?
Dean: Terima kasih, Tomo. Omong omong bagaimana hasil ujianmu. Sudah tahu hasilnya?

Tomo: Yes, I’ve got it. You know what? I have passed for the final test. I’m so happy right now.
Tomo: Ya, tahu tidak? Saya lulus ujian. Saya begitu bahagia sekarang

Dean: That’s great. Congratulations! How’s the score?
Dean: Baguslah. Selamat. Bagaimana nilainya?

Tomo: Thanks God. I got the highest score for the test.
Tomo: Saya dapat nilai tertinggi dalm ujian itu

Dean: Wow, that’s amazing. I know you are very smart, Tomo. Well done!
Dean: Wow, luarbias. Saya tahu kamu sangat pintar, Tomo.

Tomo: Thanks for your compliment, Dean. You are so kind.
Tomo: Terima kasih atas pujianya, Dean. Kamu begitu baik.

Dean: Never mind Tomo. It’s my pleasure.
Dean: Tidak apa-apa, Tomo. Saya senang kok.

3. Percakapan Bahasa Inggris Congratulating

Conratulating adalah cara kita menyampaikan ucapan selamat karena prestasi yang diraih oelh seseorang. Congratulation ini memang topik percakapan bahasa Inggris yang harus dipelajari ketika duduk di banku sekolah menengah.

A. Ucapan Yang Digunakan
Please accept my warmest congratulations.
Tolong terimalah ucapan selamat dari saya

I’d like to be the first to congratulate you on..
Saya ingin yang pertama mengucapkan selamat pada..

It was great to hear that….
Begitu hebat mendengar bahwa….

Congratulations on your…
Selamat atas…

I must congratulate you.
Saya harus ucapkan selamat kepadmu

May I congratulate you on…?
Bolehkan saya ucapkan selamt untuk …?

Congratulations!
Selamat ya!

Congratulations on your…
Selamat atas…
B. Contoh Percakapan Pendek Tentang Congratulation
Riska: Is it true what the newspaper’s headline said?
Riska:Benar tidak headline surat kabar kemarin?

Ardi : What news?
Ardi : Kabar apa?

Dono : The news about you winning the national novel writing competition. Is it really you?
Dono : Kabar tentang kamu yang memenangkan lomba menulis novel. Apa benar itu kamu?

Ardi : Yeah. It is me.
Ardi : Iya itu aku

Riska: Congratulations! We’re happy for you.
Riska: Selamat ya. Btapa bahagianya kamu

Ardi : Thanks a lot guys.
Ardi : Terima kasih banyak teman

Dono : It’s a terrific job, Ardi.
Dono : Kerja hebat Ardi

Ardi : Oh, no, I guess it’s just my luck.
Ardi : Tidak juga, mungkin hanya keberuntuganku saja

4. Percakapan Bahasa Inggris Expressing Surprised dan Shocked

Ungkapan surprise ini meliputi suasana ketika kita merasa shocked, surprised, atau merasa tidak percaya (unbelieving) dengan adanya suatu kabar atau kejadian

A. Ucapan Yang Diigunakan
Really?
Sungguh?

That’s very surprising.
Itu sangat mengejutkan

What a surprise!
Betapa mengejutkannya

My goodness
Oh..

I find that very surprising.
Saya angap itu sangat mengejutkan

I must say it surprises me.
Saya harus bilang itu mengejutkan saya

I find it extraordinary.
Saya anggap itu luar biasa

Indeed?
Sungguh?

How very surprising.
Betapa mengejutkannya
B. Contoh Percakapan Pendek Tentang Surprise
Ado : Hey Ina. How are you?
Ado: Hei Ina. Bagaimana keadaanmu?

Ina : I am fine, Ber. You should?
Ina: Aku baik-baik, Ber. Anda harus?

Ado : I am fabulous. I am learning at Oxford University now.
Ado: saya hebat. Saya belajar di Universitas Oxford sekarang.

Ina : Wow, awesome! Truly?
Ina: Wow, awesome! Benar-benar?

Ado : Yeah. It is my vacation with the goal that I am in Indonesia now. I’ll be back to England one month from now.
Ado: Ya. Ini adalah liburan saya dengan tujuan yang saya di Indonesia sekarang. Aku akan kembali ke Inggris satu bulan dari sekarang.

Ina : Are you staying at the residence?
Ina: Anda tinggal di residence?

Ado : No. I am staying in a leased house with different companions from Indonesia there.
Ado: No. saya tinggal di sebuah rumah sewaan dengan sahabat yang berbeda dari Indonesia ada.

Ina : That’s incredible. I can’t trust it.
Ina: Itu luar biasa. Aku tidak percaya itu.

5. Percakapan Bahasa Inggris Invitation

Tema invitation dalam percakapan pendek bahasa Inggris itu selalu meliputi
1. How to invite, bagaimana cara mengundang seseorang
2. Accepting invitation< bagaimana cara mengucapakan ketika menerima undangan
3. Refusing invitation, bagaimana mengatakan ketika kita menolak suatu undangan
ketiga ungkapan bahasa Inggris diatas harus dipelajari dalam belajar percakapan pendek bahasa Inggris invitation

A. Ungkapan yang Digunakan
1. Making Invitations = Cara membuat undangan
I would like to invite you to dinner next Sunday at my home.
Saya ingin mengundang  Anda makan malam di rumah pada hari Minggu

I was wondering if you’d like to come to dinner on Wednesday evening.
Saya sangat ingin bahwa Anda bisa hadir ke ruma makan malam pada hari Rabu sore

Would you like to have dinner with us on Saturday?
Apakah kamu mau datang untuk makan malam dengan kami pada hari Sabtu

What/How about dinner tonight?
Bagaiman kalau makan malam bersama malam ini?

Let’s go to our place for dinner.
Ato pergi ke rumahku untuk makan malam
2. Accepting Invitations = Menerima Undangan
Thanks for your invitation. I’d be delighted to.
Terimah kasih atas undangannya, itu menyenangkan

Thank you. I’d love to.
Terima kasih. Saya senang

Yes, thanks. That would be wonderful.
Ya, terima kasih. Itu luar biasa

OK. All right.
Sepertinya bagus pasti menyenangkan

3. Refusing Invitations = Menolak undangan
I’m terribly sorry. I have other plans for that night.
Saya sungguh minta  maaf karena saya sudah ada rencan malam ini

I’d really like to, but I have an appointment that day.
Saya sangat senang tetapi saya sudah membuat janji dengan sesorang
.
Thanks for asking, but I’m afraid I’m busy.
Terima kasih atas undanganya tapi maaf saya tidak bisa karean sibuk

I can’t. I’ve got a lot of work to do.
Saya tidak bisa. Saya banyak pekerjaan

Sorry. I’m already tied up.
maaf saya sudah ada rencana lain
B. Contoh Percakapan Pendek Bahasa Inggris Tentang Invitation
Dona: Hello Bevan, how are you?
Dona: Halo Bevan, apa kabar?

Bevan: I am great, howdy Dona! Long time no see you. How have you been? What’s happening with you now?
Bevan: Baik, hi Dona! Sudah lama tidak berjumpa denganmu. Apa kabar? Apa yang kau lakukan sekarang?

Dona: Good, Bevan. All things considered, you know, I have such a variety of employments and it makes me very occupied. I hear that you’re doing a property business. Is that genuine?
Dona: Baik Bevan. Yah, kau tahu, aku sibuk bekerja. Aku dengar, kau berbisnis properti saat ini. Apakah itu benar?

Bevan: Yeah, you’re correct. I attempted it a year back and today despite everything i’m battling with this business.
Bevan: Ya benar sekali. Aku mencobanya setahun yang lalu dan hingga saat ini aku masih terus berjuang dengan bisnis ini.

Dona: Nice Bevan! I am glad to see your name on the daily paper. It appears that you have been the most mainstream property entrepreneur in this city.
Dona: Bagus sekali Bevan! Aku bangga melihat namamu di koran. Kau sepertinya sudah menjAdo pebisnis properti paling populer di kota ini.

Bevan: Hahahaha, I’m simply fortunate Dona.
Bevan: Hahahaha, aku hanya beruntung Dona.

Dona: Bevan, I will get hitched. Will you go to my wedding and turn into the female buddy? I require you, my closest companion.
Dona: Bevan, Aku akan menikah. Bersediakah kau datang ke pesta pernikahanku dan menjAdo pendamping wanita? Aku memerlukanmu, sahabat terbaikku.

Bevan: Wow, that is the most energizing news I’ve ever heard.
Bevan: Wow, itu adalah kabar paling menggembirakan yang pernah aku dengar.

Dona: This is the welcome letter, Bevan. All in all, what about that?
Dona: Ini undangannya Bevan. JAdo, bagaimana?

Bevan: obviously I come!
Bevan: Tentu saja aku datang!

Dona: Thank you Bevan.
Dona: Terima kasih Bevan.

Bevan: You’re wlcome Dona.
Bevan: Sama-sama Dona.

Disamping materi sepaking compliment, tema yang biasanya disandingkan dengan materi ini adalah cara mengucapakan selamat. Kita semua mengetahui bahwa definisi congratulation dalam bahasa inggris adalah tata cara baik verbal atau non verbal yang dimaksudkan untuk memberiakan ucapan selamat kepada seseorang karena dianggap mempunyai sebuah prestasi tertentu. Bentuk percakapannya bisa berupa dialog bahasa inggris 4 orang, dan tidak menutup juga membuat sebuah dialog percakapan yang diperuntukan bagi 5 orang, 6 orang, bahkan sampai 8 orang. Lebih lanjut tentang compliment dan congratulation ini, baca

Tema-tema yang diangkat dalam percakapan bahasa Inggris itupun beraneka ragam. Ada dialog bahasa inggris mengenai ujian nasional baik yang menyetujui dan juga yang tidak setuju dengan keberadaan natioanl examination. Juga ada tema dialog bahasa inggris tentang math olympiade yang sedang digandrungi oleh banyak pembelajar bahasa asing. Tidak ketinggalan juga mereka membuat contoh dialog bahasa inggris tentang new baby. Hal ini sangat cocok bagi para siswa yang mendapat anggota keluarga baru. Juga tidak luput ada beberapa tema dialog bahasa inggris tentang scholarship, atau percakapan bagaimana cara mendapatkan beasiswa. Yang paling sering dalam minggu-minggu ini adalah contoh dialog congratulation 5 orang dan juga  beberapa ada yang sedang mencari contoh dialog congratulation 6 orang. Kesemua percakapan tersebut bisa berupa dialog congratulation about graduation, dialog ucapan selamat atas kelulusan, atau percakapan bahasa inggris tentang lukisan.

Itulah beberapa  topik dalam contoh percakapan pendek bahasa Inggris. Kelimanya diberikan dalam bentuk yang sangat singkat sehigga bisa dengan mudah untuk dipraktekkan. Mempraktekkan cara berbica pada topik-topik tertentu ini biasa kita sebut sebagai role play. Motode bermain peran ini dianggap sebagai cara terbaik dan termurah sebagai immersing study bahasa Inggris.

Diatara contoh dialog bahasa Inggris tentang pengumuman yang sering dicari adalah contoh dialog expression of giving advice sebagai contoh dialog panjang bahasa inggris. Beberapa juga sedang membuat contoh dialog tentang kelulusan sekolah, dialog tentang speech contest, percakapan bahasa inggris perkenalan, atau cukup bertema sederhana misalnya percakapan bahasa inggris sehari-hari.

Cara paling gampang dalam meningkatakan kemampuan berbicara  atau speaking comprehension adalah menpelajari dan menirukan contoh dialog bahasa inggris mengenai berita dan peristiwa yang terjadi sisekitar kita. Contoh dialog bahasa inggris 2 orang bisa tentang meminta bantuan dan artinya atau contoh dialog bahasa inggris 2 orang tentang ujian nasional, juga bisa tentang contoh peraturan sekolah, dan banyak lagi tema misalkan dialog bahasa inggris 2 orang panjang tidak hanya pendek dengan pembahasan tentang hobi, pendidikan, memberi hadiah, atau tentang percakapan bahasa inggris tentang adiwiyata dan percakapan bahasa inggris tentang beasiswa

Semua dialog mestinya diawali dengan contoh dialog expression. Ungkapan yang menjadi kata utama pada tema percakapan tersebut. Dengan begitu meniirukan dan memodifikasi contoh dialog good news 2 orang singkat dengan sub tema offering, cause and effect, suggestion untuk 4 orang, atau  dialog understanding dan artinya dan juga  suggestion dan responnya

 

Selain contoh percakapan, dalam belajar menguasai speaking English, kita juga harus mengetahui sekian banyak kosa kata yang berkaitan dengan ungkapan tentang perasaan dan suasana  hati dalam kondisi tertentu. Hal ini bisa saja berupa expression of congratulation and response, yaitu ungkapan selamat dan juga cara meresponnya. Tidak lupa juga belajar menjawab pertanyaan dari soal bahasa inggris tentang ucapan selamat. Kemampuan menjawab soal menjadi salah satu bukti telah dilakukannya readig comprehension terhadap teks ucapan selamat dalam bahasa inggris.

Sebagaimana ucapan congratulation dan tema percakapan lainnya yang bisa dibentuk mejandi beberapa potongan contoh percakapan 2 orang tentang sepak bola, percakapan 2 orang tentang tahun baru, dan juga contoh percakapan bahasa inggris 4 orang di sekolah. Tentu saja tidak meninggalkan tata cara meresponnya atas ucapan congratulation dan responnya yang sering dijumpai dalam soal national exam. Semoga berguna!